Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri ayam aduan tipe jalu dan tipe pukul yang bagus

gambar ayam bangkok tarung
Ayam aduan

OKB – Bagi para penghobi ayam aduan tentunya sudah tidak asing dengan istilah ayam pukul dan ayam jalu (jalon), yaitu istilah untuk membedakan tipe tarung ayam laga. Untuk membedakan kedua tipe ayam aduan tersebut bisa dilihat dari cara bertarungnya, terutama dari bekas pukulannya.

Pukulan ayam tipe jalu akan meninggalkan bekas luka ditubuh lawannya akibat tusukan jalunya, sedangkan ayam tipe pukul mampu memberikan pukulan telak dibagian vital tubuh lawan seperti kepala, leher, bahu, dan persendian sampai menjadi tidak berfungsi atau melemah tanpa menyebabkan luka dari tusukan jalu.

Baik ayam tipe jalu maupun ayam tipe pukul masing-masing memiliki kelebihan dari kemampuan dasarnya tersebut dan keduanya juga sama-sama memiliki potensi besar untuk menjadi petarung yang mematikan sesuai karakter tarung yang dimilikinya.

Baca juga: Cara memilih dan merawat ayam bangkok aduan dari kecil sampai siap tarung

Berikut ini ciri-ciri ayam tipe pukul yang bagus:

1. Postur tubuh

Ayam tipe pukul yang bagus harus memiliki tubuh yang kekar dan pukulan yang keras untuk menunjang karakter tarungnya agar dapat menjadi ayam aduan yang mematikan.

2. Bentuk kaki

Ayam tipe pukul yang bagus harus memiliki kaki yang kecil dan pendek serta berpaha panjang. Pada saat berdiri tegap kaki ayam terlihat menekuk dengan kuda-kuda yang siap melompat ke atas. Selain itu, jari-jarinya juga harus berukuran kecil agar pukulannya dapat menembus sampai ke tulang lawan sehingga dapat melumpuhkan lawan dengan cepat.

Baca juga: Cara jitu melatih ayam aduan pukul saraf

Sedangkan untuk ayam tipe jalu (jalon) atau yang sering  disebut ayam taji biasanya akan lebih banyak menyerang bagian kepala dan sekitarnya untuk melumpuhkan lawannya dengan cepat. Ayam tipe jalu adalah ayam aduan yang selalu berusaha memukul bagian-bagian vital untuk menjatuhkan lawanya

 Ada tipe ayam jalu superior yang sering memukul lawan meskipun pukulannya tidak selalu akurat (ayam tipe ini banyak ditemui), dan ada juga ayam asor yang hanya memukul sesekali ketika bertarung tapi pukulannya selalu akurat dan sangat mematikan (ayam tipe ini jarang dijumpai).

Berikut ini ciri-ciri ayam tipe jalu yang bagus:

1. Posisi jalu

Posisi jalu yang baik yaitu berdekatan dan sejajar dengan jari kelingking karna ayam aduan pada umunya ketika memukul lawan akan menggunakan bagian tersebut. Jalu yang bagus adalah yang bentuknya lurus, melengkung kebawah atau melengkung kedepan. Jadi sebaiknya jangan memilih ayam aduan yang jalunya mengarah ke atas atau ke belakang.

2. Bentuk jalu

Ayam tipe jalu yang bagus atau yang super biasanya memiliki jalu yang genjah atau subur jalu. Jadi dalam memilih ayam aduan juga perlu mempertimbangkan kekuatan jalunya, jangan memilih ayam aduan yang jalunya terlalu kecil karna biasanya akan mudah lepas ketika terkena benturan keras dan jangan pilih ayam aduan yang jalunya berbentuk pipih. Jalu ayam aduan yang bagus berbentuk bulat dengan struktur keras dan kokoh serta berukuran sedang atau panjang.

3. Bentuk paha

Ayam aduan tipe jalu cendrung memiliki pukulan ke arah dalam, dan untuk menunjang kemampuannya tersebut ayam tipe jalu harus memiliki pangkal paha yang ramping agar dapat memukul menggunting atau tepat mendaratkan jalunya dengan telak dibagian vital lawan.

4. Tehnik pukulan

Tehnik bertarung ayam tipe jalu dengan ayam tipe pukul sangat berbeda, ayam jalu umumnya selalu memukul menggunakan batang kaki sedangkan ayam pukul umumnya selalu memukul memggunakan jari atau telapak kaki. Dan pukulan ayam tipe jalu yang baik adalah pukulan menggunting yang tidak bertabrakan antara kaki karna dapat merusak kakinya atau melukai ayam itu sendiri.

Baca juga: Cara memulihkan mental ayam bangkok aduan yang down karena kalah tarung

Demikian informasi tentang ciri-ciri ayam aduan tipe jalu dan tipe pukul super yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam aduan, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih


Post a Comment for "Ciri-ciri ayam aduan tipe jalu dan tipe pukul yang bagus"