Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

10 jenis katuranggan Ayam Bangkok aduan yang paling ganas

gambar ayam aduan juara
Ayam Aduan

OKB – Sejak jaman dahulu masyarakat Indonesia memang sudah memiliki kegemaran memelihara ayam aduan. Dan biasanya orang-orang tua jaman dulu sering menggunakan ilmu titen dengan melihat katuranggannya untuk memilih ayam aduan yang berkualitas.

Salah satu ciri fisik atau katuranggan yang menjadi penanda kualitas ayam aduan adalah pada bentuk sisik kakinya. Dari bentuk sisik kaki inilah seorang botoh bisa memperkirakan kemampuan tarung seekor ayam aduan.

Baca juga: Cara beternak ayam bangkok untuk pemula agar berhasil

Berikut ini beberapa jenis katuranggan ayam aduan menurut bentuk sisik kakinya:

1. Katuranggan Batu Lapak

Sisik batu lapak merupakan salah satu jenis katuranggan ayam aduan yang paling sulit ditemukan pada jenis ayam apapun karena memang sangat langka dan hanya orang tertentu saja yang beruntung bisa mendapatkannya.

Ayam aduan dengan katuranggan batu lapak dipercaya memiliki kekuatan pukulan yang dapat mengalahkan lawan hanya dalam waktu sekejap. Ciri-ciri katuranggan batu lapak yaitu terdapat sisik keras tepat pada bagian telapak kakinya.

2. Katuranggan Batu Rante

Ciri-ciri katuranggan Batu Rante yaitu pada bagian bawah jarinya terdapat sisik yang berderet dari pangkal sampai ke ujung jari.

Ayam aduan dengan katuranggan Batu Rantai memiliki mental yang tangguh saat digelanggang dan pukulannya bisa sampai ke syaraf sehingga mampu membuat lawan KO seketika.

3. Katuranggan Tanjung Karang

Ciri-ciri katuranggan Tanjung Karang yaitu terdapat sisik yang pecah atau membelah pada jari kelingking kanan dan kirinya.

Ciri ini biasanya sudah ada sejak ayam masih kecil atau baru menetas. Ayam aduan dengan katuranggan Tanjung Karang dipercaya akan selalu menang dalam pertarungan. 

Baca juga: Cara melatih pukulan maut ayam bangkok aduan

4. Katuranggan Nogo Mas

Ayam aduan dengan katuranggan Nogo Mas dikenal sebagai ayam aduan yang paling berbahaya, bahkan dikenal sangat ganas ketika bertarung.

Konon ayam dengan katuranggan Naga Mas memiliki kekuatan ghaib pada sisiknya sehingga dapat melumpuhkan lawan dengan mudah. Katurannggan Naga Mas termasuk langka dan sulit dijumpai.

Jika dilihat dari bentuk dan warnanya, sisik Naga Mas memiliki kemiripan dengan jenis sisik ayam pada umumnya, hanya saja jenis sisik ini memiliki tampilan yang berbeda, yaitu bentuknya tajam dan berwarna kuning bersih. Ayam aduan katuranggan Naga Mas biasanya memiliki pukulan yang keras dan berat.

5. Katuranggan Nogo Temurun

Ciri-ciri ayam aduan katuranggan Nogo Temurun bisa dilihat pada bagian sisik kakinya yang mengarah ke bawah dan bentuknya seperti Naga turun dari langit.

Sisik yang mengarah ke bawah biasanya adalah sisik kaki bagian belakang, tapi banyak juga yang mengatakan jika sisik kaki bagian depan ada yang mengarah kebawah juga termasuk kekategori sisik Nogo Temurun.

Ayam aduan dengan katuranggan Nogo Temurun diyakini memiliki stamina yang sangat prima dan tidak pernah kendor saat berlaga.

6. Katuranggan Nogo Mongso (Ubet)

Ciri-ciri ayam aduan katuranggan Nogo Mongso bisa dilihat dari adanya sisik melingkar seperti cincin atau gelang yang melingkari kakinya.

Menurut para botoh ayam aduan, yang masuk kategori sisik Nogo Mongso, yaitu jika sisik disekitarnya rapat dan hanya terdapat satu kaki saja yang ubet.

7. Katuranggan Nogo Bondo

Ciri-ciri ayam aduan katuranggan Nogo Bondo, yaitu memiliki sisik kaki yang bentuknya mirip dengan kulit buah salak, berduri, tajam dan juga tersusun rapi.

Jika sisik tersebut menghantam tubuh lawan maka lawannya akan mengalami luka yang cukup parah, bahkan sering kali ayam yang memiliki sisik Nogo Bondo bisa menang dengan cepat. Ayam seperti ini biasanya juga memiliki jalu yang sangat berbahaya.

Baca juga: Ciri-ciri ayam aduan tipe jalu dan tipe pukul yang bagus

8. Katuranggan Tunggak Winarayan

Katuranggan Tunggak Winarayan memiliki ciri khusus yaitu terdapat pecahan dibagian kedua jari kaki kanan dan kiri. Ayam jenis ini dipercaya merupakan keturunan ayam jagi.

Sisik Tunggak Winarayan sering di anggap sebagai ayam aduan spesialis penghancur lawan karena pukulannya bisa membuat lawannya kehilangan akal dan menjadi stress.

Ayam aduan yang memiliki sisik kaki Tunggak Winarayan dikenal sebagai salah satu ayam laga yang paling ganas dan banyak dicari oleh para pemain ayam laga di Indonesia.

9. Katuranggan Satriyo Sinekti

Ayam aduan yang memiliki sisik kaki Satriyo Sinekti sangat jarang dijumpai karena termasuk yang paling langka dan istimewa.

Ciri-cirinya, yaitu sisik kakinya sangat halus seperti tidak bersisik. Sekilas sisiknya terlihat seperti sisik kaki ayam betina, tapi jika diraba maka akan terasa adanya sisik yang tersusun rapi. Ayam jenis ini di anggap pembawa hoki dan selalu membawa kemenangan.

10. Katuranggan Sapu Jagat

Ayam aduan yang memiliki sisik kaki Sapu Jagat juga termasuk salah salah satu jenis katuranggan yang paling langka dan sulit ditemukan.

Ciri-ciri ayam ini, yaitu memiliki sisik aneh dan unik yang menyerupai tulang dan jika diperhatikan hampir mirip dengan jalu yang menonjol kemana-mana tidak beraturan letaknya. Kharisma ayam ini sangat kuat dan memiliki pukulan yang mematikan.

Ayam aduan dengan sisik kaki seperti yang disebutkan di atas merupakan ayam yang sangat berbahaya di arena laga karena memiliki pukulan yang mematikan.

Selain itu, biasanya ayam-ayam yang berkaturanggan juga memiliki mental petarung sejati yang tidak bisa ditaklukkan.

Baca juga: Cara memulihkan mental ayam bangkok yang down karena kalah tarung

Demikian informasi tentang jenis-jenis sisik kaki ayam bangkok aduan paling ganas yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam aduan, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "10 jenis katuranggan Ayam Bangkok aduan yang paling ganas"