Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tips perawatan kura-kura didalam aquarium

Kura-kura

OKB – Saat ini kura-kura sudah mulai banyak digemari dan banyak dipelihara karena memiliki bentuk tubuh yang imut dan tingkah laku yang lucu, sehingga akan terlihat cantik jika diletakkan didalam aquarium.

Tapi ketika kura-kura dipelihara didalam aquarium, maka harus mendapat perawatan khusus agar tetap sehat dan cantik. Sebetulnya perawatan kura-kura didalam aquarium cukup mudah asalkan kita memahami kebiasaan, karakter dan jenis pakan yang cocok untuk kura-kura.

Berikut ini tips perawatan kura-kura yang baik dan benar didalam aquarium:

- Siapkan aquarium

Ukuran aquarium harus diperhatikan agar kura-kura tidak stress. Tinggi aquarium minimal harus 4x dari panjang tubuh kura-kura yang akan dipelihara agar kura-kura tidak bisa memanjat keluar. Sedangkan untuk lebar aquarium, idealnya sekitar 60 cm untuk kura-kura kecil atau disesuaikan dengan ukuran tubuhnya agar kura-kura bisa leluasa beraktivitas didalamnya.


Air dalam aquarium harus rutin diganti setiap 3 hari sekali untuk menjaga kebersihannya. Volume air didalam aquarium juga tidak perlu terlalu banyak, cukup seperempat atau sepertiga bagian aquarium saja karena kura-kura masih bernafas menggunakan hidung sehingga tidak memerlukan air yang banyak. Air yang digunakan harus air bersih yang tidak mengandung fluride dan klorin. Tapi jika tidak ada air alami, maka sebelum digunakan air tersebut harus didiamkan dulu selama 24 jam untuk mengurangi kandungan klorinnya.

- Pakan

Hal terpenting untuk menjaga kesehatan kura-kura adalah dengan memberikan pakan yang cocok dan bernutrisi. Saat dipelihara didalam aquarium, kura-kura bisa diberikan pelet ikan karena selain disukai oleh kura-kura, pelet ikan juga memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Selain diberikan pelet ikan sebagai pakan utamanya, kura-kura juga perlu diberikan pakan tambahan berupa cacing sutra atau ikan yang dipotong-potong  sebagai menu variasi agar kura-kura tidak bosan. Tapi sebaiknya jangan diberikan pakan sayuran karena kurang baik untuk pencernaan kura-kura.

- Penjemuran

Kura-kura perlu berjemur setiap hari untuk menjaga kebersihan dan kekuatan cangkangnya. Selain itu, sinar UV dari matahari juga dapat membantu proses pencernaan kura-kura. Oleh karena itu, usahakan untuk menempatkan aquarium dilokasi yang terkena sinar matahari pagi. Tapi jika tidak memungkinkan untuk meletakkan aquarium di tempat yang terkena sinar matahari, bisa menggunakan lampu ultra violet sebagai penggantinya.

- Sediakan tempat untuk bermain dan istirahat

Kura-kura merupakan hewan amfibi yang habitat hidupnya di darat dan di air. Jadi meskipun dipelihara didalam aquarium, kura-kura perlu disediakan daratan sebagai tempat untuk bermain, berjemur dan beristirahat didalam aquarium. Untuk membuatnya bisa menggunakan batu atau kayu yang permukaannya datar agar kura-kura tidak kesulitan untuk naik ke atasnya, karena jika kura-kura tidak pernah naik ke darat dan selalu berada di air maka cangkangnya akan selalu basah. Hal itu akan membuat kura-kura merasa tidak nyaman dan akan membuat cangkangnya berlumut.


Selain itu, agar kura-kura merasa senang dan tidak stress didalam aquarium sebaiknya diberikan pasangan/teman dan tambahkan juga tanaman air didalam aquarium untuk tempat bermain kura-kura.

Baca juga:



Demikian informasi tentang tips perawatan kura-kura didalam aquarium. Untuk informasi lain seputar hewan ternak dan hewan peliharaan, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tips perawatan kura-kura didalam aquarium"