Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara mudah beternak ikan Komet didalam aquarium

(Ikan Komet)


OKB - Ikan Komet adalah salah satu jenis ikan hias yang cukup populer. Ikan ini banyak digemari karena bentuk fisiknya yang indah dan warna yang beragam. Selain itu, ikan ini juga termasuk tahan banting, tidak mudah stress dan tidak mudah mati serta harganya cukup murah sehingga segmen ikan Komet bisa mencakup semua kalangan.

Popularitas ikan Komet yang terus menanjak dan penggemarnya yang semakin banyak tentunya menjadi sebuah peluang usaha untuk menambah penghasilan dengan cara membudidayakannya karena permintaan ikan ini semakin hari semakin bertambah.

Untuk membudidayakan ikan Komet sebetulnya cukup mudah karena bisa dilakukan didalam aquarium dengan ukuran P:60 x L:60 x T:60 cm. Yang terpenting kita harus mengetahui tahapan-tahapannya agar ternak ikan Komet bisa berhasil dan menghasilkan anakan yang berkualitas.

Berikut ini tahapan-tahapan untuk beternak ikan Komet didalam aquarium:

- Menyiapkan aquarium

Sebelum digunakan untuk ternak ikan Komet, aquarium harus dibersihkan dulu agar steril sehingga nantinya tidak menyebabkan penyakit pada ikan Komet yang menempatinya.

- Menyiapkan calon indukan

Setelah aquarium disiapkan, tahap berikutnya adalah menyiapkan calon indukan ikan Komet. Ikan Komet jantan memiliki ciri-ciri berupa bintik-bintik bulat menonjol dan kasar dibagian dadanya, sedangkan ikan Komet  betina memiliki ciri-ciri berupa bintik-bintik yang hampir serupa dibagian dadanya tapi jika diraba terasa halus.

Pilihlah calon indukan ikan Komet jantan dan betina yang berkualitas agar dapat menghasilkan anakan yang berkualitas, karena kualitas anakan atau larva ikan Komet juga tergantung pada kualitas dari induknya.

Pilihlah calon indukan yang sudah memiliki gonad matang. Biasanya ikan Komet yang memiliki gonad matang sudah berusia 8 bulan ke atas. Jadi sangat penting untuk menanyakan umur indukan ikan Komet saat membelinya.

Cara untuk mengetahui apakah indukan ikan Komet sudah matang gonat atau belum yaitu dengan melakukan pemijatan pada bagian perutnya. Jika sudah matang maka indukan ikan Komet jantan akan mengeluarkan cairan berwarna putih dan indukan ikan Komet betina akan mengeluarkan cairan berwarna kuning dari lubang urogenitalnya.

- Melakukan pemijahan

(Indukan Ikan Komet)


Setelah indukan ikan Komet disiapkan, tahap selanjutnya adalah melakukan pemijahan. Pemijahan dilakukan dengan perbandingan dua ekor induk ikan Komet betina dan satu ekor jantan. Kemudian ketiganya dimasukkan ke dalam aquarium yang sudah dilengkapi tanaman enceng gondok sebagai substrat.

Pada proses ini ikan Komet jantan akan terus mengejar ikan Komet betina sampai akhirnya membuahi ikan Komet betina. Saat indukan ikan Komet betina bertelur, maka telur-telurnya akan menempel pada tanaman enceng gondok. Pemijahan akan berlangsung selama semalam dan pada pagi harinya telur ikan Komet sudah menempel pada tanaman eceng gondok.

- Perawatan setelah telur menetas

Setelah proses pemijahan sukses, segera pindahkan indukan ikan Komet jantan dan betina agar tidak memakan telur-telurnya karena ikan Komet termasuk jenis ikan yang tidak mau memelihara telurnya. Telur-telur ikan Komet akan menetas menjadi larva setelah 2 sampai 3 hari kemudian.

Larva ikan Komet yang baru menetas bisa bertahan hidup tanpa makanan selama kurang lebih 2 sampai 3 hari karena masih memiliki cadangan makanan dikantung telurnya. Jika kantung kuning telur sudah hilang, maka larva ikan Komet sudah harus diberikan pakan berupa kuning telur rebus tapi jangan berikan pakan terlalu banyak karena akan mengotori air aquarium.

Setelah anakan ikan Komet berusia 15 hari bisa mulai diberikan pakan alami dan setelah anakan ikan Komet berusia  30 hari baru boleh diberikan pakan buatan berupa pelet. Pada usia ini anakan ikan Komet sudah bisa di seleksi untuk memisahkan anakan yang kualitasnya bagus dan yang kurang bagus.

Baca juga:

Pakan yang bagus untuk mencerahkan warna sisik ikan Arwana Super Red

Cara beternak ikan Bawal dikolam terpal

Perawatan yang tepat untuk ikan komet didalam aquarium

Demikian informasi tentang cara mudah beternak ikan Komet didalam aquarium. Untuk informasi lain seputar ikan hias, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih


Post a Comment for "Cara mudah beternak ikan Komet didalam aquarium"