Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Pakan yang bagus untuk mencerahkan warna sisik ikan Arwana Super Red

(Ikan Arwana Super Red)

Ikan Arwana Super Red adalah salah satu jenis ikan hias yang paling populer di Indonesia bahkan di luar negeri. Penggemar ikan Arwana Super Red terus meningkat setiap tahunnya karena selain memiliki penampilan fisik yang indah, ikan Arwana juga dipercaya dapat membawa hoki.

Peningkatan tren tersebut mengakibatkan populasi ikan Arwana di alam bebas semakin berkurang karena banyak diburu untuk diperjual belikan.

Ikan Arwana merupakan ikan endemik Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat yang sudah populer dipasar internasional sebagai ikan hias yang memiliki nilai ekonomis tinggi karena memiliki bentuk tubuh yang indah dan corak warna spesifik.

Ciri khas dari ikan Arwana yaitu memiliki bentuk tubuh memanjang, ramping dan memiliki gerakan yang anggun. Warna sisiknya merah dan pada bibir bawahnya terdapat dua buah sungut yang berfungsi sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsa yang ada dipermukaan air.

Umur ikan Arwana termasuk cukup panjang, yaitu sekitar 5 - 10 tahun. Salah satu faktor yang menentukan umur ikan Arwana adalah dari kondisi lingkungannya, seperti kualitas air, suhu air, kandungan oksigen pada akuarium serta jenis pakan yang diberikan setiap harinya.

Kualitas pakan untuk ikan Arwana sangat penting untuk diperhatikan karena jika pakan yang diberikan tidak berkualitas maka warna sisik ikan Arwana bisa menjadi pudar.

Berikut ini beberapa jenis pakan yang cocok untuk ikan Arwana Super Red agar tetap sehat dan warnanya lebih bagus:

• Cacing darah

Cacing darah adalah pilihan pakan yang tepat untuk ikan Arwana Super Red karena kandungan proteinnya yang tinggi dapat membuat pertumbuhan ikan Arwana menjadi lebih cepat.

Cacing darah bisa diberikan pada ikan Arwana dalam kondisi segar atau bisa dibekukan untuk stock sewaktu-waktu.

Cacing darah yang dibekukan tidak akan membuat kandungan proteinnya berkurang, dan cara ini lebih praktis jika dibandingkan dengan memelihara cacing darah ini dirumah.

Tapi perlu diketahui, cacing darah hanya cocok untuk ikan Arwana kecil dan yang menjelang dewasa saja. Untuk ikan Arwana yang sudah dewasa bisa diberikan jenis pakan lainnya.

• Jangkrik

Jangkrik juga merupakan salah satu jenis pakan yang cocok untuk ikan Arwana yang sudah dewasa. Jika ikan Arwana diberi pakan jangkrik bisa meningkatkan kualitas warnanya, terutama untuk jenis ikan Arwana Golden Red dan Ikan Arwana Super Red karena selain mengandung protein yang tinggi, jangkrik juga memiliki kandungan betacarote yang dapat meningkatkan kualias warna ikan Arwana.

Jangkrik yang paling bagus untuk pakan ikan Arwana adalah jangkrik yang masih muda. Tapi sebelum diberikan pada ikan Arwana sebaiknya kaki-kakinya dipotong dulu untuk mencegah agar ikan Arwana tidak terluka ketika memakannya.

• Udang

Udang juga dapat membuat kualitas warna dari ikan Arwana menjadi lebih bagus karena udang juga memiliki kandungan protein tinggi dan betacarote. Udang dapat diberikan dalam kondisi segar atau yang dibekukan. Tapi sebelum diberikan pada ikan Arwana sebaiknya bersihkan dulu bagian-bagian tubuh udang yang keras dan tajam.

• Ikan kecil

Ikan Arwana juga bisa diberikan ikan-ikan kecil sebagai pakan tambahan. Bisa ikan-ikan kecil yang ada disungai atau anakan ikan berbagai jenis yang ukurannya masih kecil. Ikan kecil hanya sebagai pakan sampingan saja untuk variasi menu agar ikan Arwana tidak bosan.

• Hewan-hewan kecil

Hewan-hewan kecil seperti katak kecil, kecebong, kelabang, belalang dan hewan-hewan kecil lainnya merupakan makanan pokok ikan Arwana di habitat aslinya. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita memberikan hewan-hewan kecil tersebut sebagai pakan tambahan untuk ikan Arwana.

• Pelet

Pelet adalah makanan yang paling praktis dan mudah didapatkan. Tapi jenis pakan ini tidak direkomendasikan karena tidak semua ikan Arwana mau memakannya. Pelet hanya sebagai pakan alternatif saja jika pakan alami susah didapat. Untuk ikan Arwana Super Red memang lebih disarankan untuk memberikan pakan alami.

Baca juga:




Demikian informasi tentang pakan yang bagus untuk mencerahkan warna sisik ikan Arwana Super Red. Untuk informasi lain seputar ikan hias, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Pakan yang bagus untuk mencerahkan warna sisik ikan Arwana Super Red"