Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Perawatan yang tepat untuk ikan komet didalam aquarium

(Ikan Komet)

Ikan komet adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang cukup banyak peminatnya karena ikan ini memiliki penampilan yang menarik dengan warna yang cantik dan beragam seperti hitam, oranye, kuning, merah dan putih.

Keindahan fisik dan warna ikan komet akan tampak semakin indah jika dipelihara didalam aquarium. Agar ikan komet selalu sehat dan warnanya tetap cerah, ikan ini perlu diberikan perawatan yang tepat.

Berikut ini cara merawat ikan komet didalam aquarium:

• Siapkan aquarium

Sesuaikan ukuran aquarium dengan ukuran dan jumlah ikan komet yang akan dipelihara didalamnya. Tambahkan juga perlengkapan standar untuk aquarium seperti filter dan aerator. Bisa juga ditambahkan tanaman air dan pasir agar ikan komet yang kita pelihara merasa nyaman tinggal didalam aquarium tersebut.

• Air

Setelah aquarium dan perlengkapnnya disiapkan, selanjutnya masukkan air kedalamnya. Pastikan air yang kita gunakan bersih dan bebas dari kandungan bahan kimia.

Jika air yang digunakan bersih dan bebas bahan kimia, maka ikan yang kita pelihara didalamnya akan selalu sehat, aktif dan warnanya tampak cerah.

Untuk itu sangat penting untuk mengendapkan air terlebih dulu sebelum dimasukkan kedalam aquarium selama satu malam. Setelah di endapkan, baru dimasukkan secara perlahan sampai 3/4 bagian dari total volume aquarium.

• Masukkan ikan komet

Setelah air didalam aquarium sudah jernih, ikan komet bisa dimasukkan kedalamnya, tapi sebelumnya kita harus membuat ikan beradaptasi dengan suasana aquarium terlebih dulu. Caranya, masukkan ikan komet beserta plastiknya kedalam aquarium selama 15 - 30 menit agar ikan komet beradaptasi dulu dengan suhu air didalam aquarium. Setelah itu buka dan lepaskan ikan komet kedalam aquarium.

• Pakan

Ikan komet merupakan jenis ikan yang nafsu makannya rakus. Kita bisa memberikan pakan untuk ikan komet berupa jentik nyamuk, roti tawar, cacing, atau yang lainnya karena ikan ini tidak pilih-pilih jenis pakan.

Tapi agar lebih praktis kita bisa memberikan pelet untuk ikan hias yang banyak dijual ditoko-toko pakan hewan ternak.

Pemberian pakan dilakukan secara bertahap, jangan berikan pakan terlalu banyak karena jika tidak habis akan mengotori air didalam aquarium.

• Penggantian air

Agar ikan komet selalu sehat dan pemandangan didalam aquarium tetap indah, kita harus rutin melakukan penggantian air setiap seminggu sekali dengan cara menguras setengah dari air yang ada di aquarium kemudian di isi lagi dengan air bersih yang baru. Hal ini bertujuan agar ikan tidak stress karena harus beradaptasi lagi dengan kondisi air yang baru.

Selain mengganti airnya, filter, kaca aquarium dan peralatan lainnya juga perlu dibersihkan.

• Menjaga kesehatan ikan komet

Ikan komet memiliki sistem kekebalan tubuh yang bagus, sehingga ikan ini tidak mudah terserang penyakit. Tapi ada salah satu hama yang bisa menyerang ikan komet, yaitu kutu jarum.

Tanda dari adanya serangan kutu jarum pada ikan komet adalah adanya bercak merah pada tubuh ikan komet.

Cara penanganan jika ikan komet terserang kutu jarum adalah dengan mencabutnya menggunakan pinset.


Demikian informasi tentang perawatan yang tepat untuk ikan komet didalam aquarium. Untuk informasi lain seputar ikan hias, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perawatan yang tepat untuk ikan komet didalam aquarium"