Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara merawat ikan Koi didalam aquarium

(Ikan Koi)

Ikan Koi saat ini menjadi salah satu ikan hias yang sangat digemari oleh masyarakat, karena selain bentuk dan warnanya yang indah, ikan asal Jepang ini juga dipercaya dapat membawa Hoki bagi pemiliknya.

Ikan Koi merupakan hasil persilangan dari banyak jenis dan warna ikan mas sehingga tercipta pola serta warna yang unik sehingga membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya.

Pada dasarnya ikan Koi membutuhkan media hidup yang cukup luas agar bisa bekembang biak dan tumbuh dengan baik. Selain itu, ikan Koi juga lebih indah dipandang dari atas karena corak warnanya lebih dominan dibagian punggungnya sehingga idealnya memang dipelihara didalam kolam yang jernih.

Tapi jika tidak ada lahan untuk membuat kolam, kita bisa memelihara ikan Koi didalam aquarium. Keuntungan dari memelihara ikan Koi didalam aquarium adalah lebih mudah dalam mengamati dan mempelajari kebiasaan, tingkah laku, kesehatan, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan ikan Koi yang perlu kita ketahui lebih lanjut.

Keuntungan lain dari penggunaan aquarium untuk memelihara ikan Koi adalah bisa ditempatkan dimana saja sesuai yang kita inginkan sekaligus berfungsi sebagai dekorasi didalam rumah. Dan yang paling penting, kita bisa menikmati keindahan ikan Koi sambil bersantai didalam rumah.

Tapi tentunya ada hal-hal yang perlu kita ketahui sebelum memutuskan memelihara ikan Koi didalam aquarium, karena idealnya ikan Koi memang dipelihara didalam kolam taman, dan jika kita ingin memelihara ikan Koi di dalam aquarium tentunya ukuran aquarium harus disesuaikan.

Ukuran aquarium yang ideal untuk memelihara ikan Koi minimal berukuran panjang 1,5 meter, lebar 1 meter, dan memiliki kedalaman air kurang lebih 50 cm dan di isi dengan 10 ekor ikan Koi dengan ukuran tubuh maksimal 10 cm. Ukuran aquarium tersebut adalah ukuran minimal, jika lebih besar tentunya lebih baik bagi ikan Koi yang menempatinya.

Ukuran tersebut termasuk cukup besar untuk sebuah aquarium, sehingga ketebalan kaca yang digunakan juga perlu dipertimbangkan agar tidak mudah pecah. Pertimbangkan juga untuk membeli atau memesan aquarium yang menggunakan rangka besi atau alumuniaum agar lebih aman.

Ukuran aquarium yang besar sangat mempengaruhi kenyamanan ikan Koi didalamnya karena ikan dapat leluasa bergerak seperti dikolam yang luas. Penting juga untuk mengganti air secara teratur agar aquarium enak dipandang dan ikan-ikan yang menempatinya selalu sehat dan aktif.

Sebaiknya tidak menempatkan tanaman air hidup dari jenis apapun di dalam aquarium, karena ikan Koi akan memakan tanaman air tersebut dan menyebabkan tanaman air tersebut rusak dan serpihan-serpihannya akan mengotori air didalam aquarium.

Berikut ini tips perawatan ikan Koi didalam aquarium:
(Ilustrasi Aquarium Ikan Koi)

• Pemilihan ikan Koi

Pada dasarnya, ikan Koi memerlukan area tinggal yang cukup luas. Jadi ketika kita berniat memelihara ikan Koi didalam aquarium, maka sebaiknya pilihlah ikan Koi yang ukurannya tidak terlalu besar agar ikan masih dapat bergerak dengan leluasa didalam aquarium. Setelah ukurannya bertambah besar dan dirasa sudah tidak muat lagi berada didalam aquarium, sebaiknya dipindahkan kedalam kolam agar perkembangannya lebih bagus.

Ikan Koi yang cocok dipelihara didalam aquarium adalah jenis ikan yang memiliki warna dasar putih, merah, atau orange agar tampak cerah dan kontras.

• Perlakuan awal terhadap ikan Koi didalam aquarium

Ketika baru dipelihara didalam aquarium, biasanya ikan Koi akan tampak tidak nyaman karena kedua sisi aquarium yang transparan seringkalo membuat ikan Koi tertekan dan stress.

Oleh karena itu, sebaiknya ketika pertama dimasukkan, tutup dulu bagian tepi kaca luar aquarium menggunakan kertas atau kain. Buka penututup tersebut secara bertahap sampai ikan Koi benar-benar sudah beradaptasi dengan tempat barunya.

• Pemberian pakan

Agar ikan Koi terbiasa dengan lingkungan barunya, usahakan untuk memberi makan ikan Koi sedikit-sedikit tetapi sering. Hal ini bertujuan untuk membiasakan ikan Koi agar mengenal pemiliknya dan juga agar ikan Koi memiliki ketergantungan terhadap pemiliknya sebagai pemberi makan.

Ikan Koi membutuhkan pakan untuk tumbuh, tapi jika terlalu banyak makan maka ikan Koi juga akan lebih banyak mengeluarkan kotoran yang dapat merusak kualitas air didalam aquarium.

Ikan Koi hanya membutuhkan pakan seberat 2-3 % dari berat badannya setiap hari, jadi tidak perlu memberikan pakan secara berlebihan, sebab pakan yang terlalu banyak tidak akan mempengaruhi pertumbuhan ikan Koi karena akan langsung terbuang menjadi kotoran.

• Penggantian air

Air didalam aquarium juga harus diganti secara berkala. Untuk menggantinya, kita bisa menggunakan penyedot untuk mengeluarkan sebagian airnya, kemudian masukkan air baru dengan menuangkannya secara perlahan agar ikan Koi tidak terkejut dan stress.

Jadwal penggantian air bisa dilakukan seminggu sekali atau dengan melihat kondisi airnya, jika tampak sudah keruh sebaiknya segera diganti.

Pastikan juga filter/saringan air berfungsi dengan baik agar sirkulasi air dan udara didalam aquarium berjalan dengan baik, sehingga ikan Koi yang kita pelihara selalu dalam kondisi sehat, aktif dan memiliki warna yang cerah.

Tambahkan juga aerasi dengan cara memasang pompa udara (air blower) untuk menambah kandungan oksigen yang larut didalam air.

Ikan Koi perlu oksigen yang larut dalam air agar bisa hidup nyaman didalam aquarium, karena jika pasokan oksigen kurang, maka ikan Koi akan tampak lebih sering diam, atau berada di permukaan air dan terlihat mulutnya megap-megap.
(Ikan Koi)

• Pemasangan lampu sebagai pengganti sinar matahari

Umumnya aquarium ditempatkan didalam rumah, sehingga sama sekali tidak mendapat sinar matahari. Memang ada keuntungannya karena lumut sulit tumbuh tanpa sinar matahari, sehingga membuat kaca aquarium tetap bersih.

Tapi tanpa sinar matahari, maka pertumbuhan ikan Koi juga tidak bisa maksimal. Alternatifnya kita bisa menggunakan lampu Metal Helide sebagai pengganti cahaya matahari sekaligus dapat mempercantik aquarium. Lampu ini banyak tersedia diitempat penjualan tanaman hias atau Aquascaping.

• Persiapan obat-obatan untuk ikan Koi

Semua jenis hewan peliharaan bisa terkena serangan penyakit, termasuk ikan Koi. Jika kualitas air menurun, maka ikan Koi rentan terkena serangan penyakit.

Oleh karena itu, kita perlu sedia obat-obatan yang diperlukan, antara lain: garam ikan, obat anti parasit ikan dan obat anti bakteri seperti el bayou, pomate, dll.


Demikian informasi tentang cara merawat ikan Koi didalam aquarium. Untuk informasi lain seputar ikan hias, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara merawat ikan Koi didalam aquarium"