Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri perbedaan burung puyuh jantan dan betina

(Ilustrasi burung puyuh jantan dan betina)

Ciri-ciri umum yang dapat dilihat untuk membedakan jenis kelamin burung puyuh adalah pada warna bulu dada, paruh, dan anusnya.

Bulu dada burung puyuh betina berwarna coklat keabu-abuan dengan garis atau bintik-bintik putih, sedangkan burung puyuh jantan warna bulu dadanya coklat kemerah-merahan.

Pangkal paruh burung puyuh jantan berwarna coklat kemerahan, sedangkan pangkal paruh burung puyuh betina tidak berwarna coklat kemerahan.

Pada bagian atas anus burung puyuh jantan terlihat adanya benjolan berwarna merah dan jika ditekan akan keluar cairan seperti busa putih, sedangkan anus burung puyuh betina tidak terdapay ciri-ciri tersebut.

Membedakan atau melakukan seleksi terhadap jenis kelamin burung puyuh perlu dilakukan untuk memisahkan antara burung puyuh jantan dan burung puyuh betina untuk proses pembesaran selanjutnya.

Seleksi ini biasanya dilakukan setelah burung puyuh berusia 3 minggu (21 hari), karena pada usia tersebut bulu-bulu burung puyuh sudah tumbuh sempurna dan ciri-ciri jenis kelaminnya sudah mulai terlihat jelas.

Sebenarnya untuk menyeleksi antara burung puyuh jantan dan betina cukup mudah dengan mengamati beberapa ciri-ciri fisiknya seperti yang sudah tertulis di atas.

Berikut ini ciri-ciri lengkapnya:

• Burung puyuh jantan

- Burung puyuh jantan memiliki corak warna yang sangat bervariasi dan juga beragam, tapi corak pada burung puyuh jantan dapat dikenali dari warna pirangnya yang terang pada seluruh bagian tubuhnya.

- Selain itu, bulu-bulunya juga memiliki garis-garis lurik vertikal berwarna abu-abu yang menutupi bagian leher.

- Terdapat bintik-bintik berwarna abu-abu pada bagian sayap dan juga ekor.

- Ciri-ciri lainnya juga dapat dikenali dari gerakannya yang gesit dan lincah.

- Postur tubuh terlihat panjang, ramping dan berbulu lebat.

- Sering bersuara/berkokok.

- Pangkal paruh burung puyuh jantan berwarna coklat kemerahan.

- Pada bagian atas anus burung puyuh jantan terdapat benjolan berwarna merah dan jika ditekan akan keluar cairan seperti busa berwarna putih.

• Burung puyuh betina:

- Burung puyuh betina memiliki corak warna bulu yang tidak sempurna (tidak komlpeks) seperti corak bulu pada burung puyuh jantan.

- Puyuh betina ini memiliki corak bintik-bintik abu-abu dan putih dibagian dadanya.

- Warna pada bagian dada burung puyuh betina terlihat pudar tapi memiliki corak bintik-bintik yang lebih rapat.

- Gerakannya tidak lincah seperti burung puyuh jantan.

- Postur tubuhnya bulat dan lebih besar dibandingkan burung puyuh jantan.
(Ilustrasi burung puyuh jantan dan betina)

Baca juga:




Demikian informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung puyuh jantan dan betina. Untuk informasi lain seputar burung puyuh, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung puyuh jantan dan betina"