Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Panduan lengkap beternak bebek pedaging untuk pemula

Daging bebek memiliki cita rasa yang khas dibanding daging ayam. Daging bebek bisa di olah menjadi berbagai macam kuliner lezat yang disukai masyarakat.

Karena banyak orang yang menyukai olahan daging bebek, tentunya hal itu menjadi peluang usaha yang menguntungkan dengan beternak bebek pedaging.

Berbeda dengan ternak bebek petelur, ternak bebek pedaging lebih fokus pada pembesaran dan penggemukan tubuh bebek. Oleh karena itulah dalam perawatannya juga agak sedikit berbeda antara bebek pedaging dan bebek petelur karena tujuan produksinya memang berbeda.

Biasanya para peternak bebek pedaging cenderung lebih menyukai membeli DOD untuk memulai usahanya dari pada memproduksi bibit sendiri. Dengan membeli DOD maka peternak bisa fokus dalam proses pembesaran dan penggemukan bebek pedaging tanpa harus repot mengurus indukan bebek, mengawinkan, dan penetasan telur sehingga bisa menghemat waktu, tenaga dan juga biaya.

Berikut ini beberapa tahapan agar sukses dalam beternak bebek pedaging:

• Menyiapkan DOD

Untuk memulai usaha ternak bebek pedaging yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan kandang khusus untuk DOD dan menyiapkan DOD dari bibit unggul. Tahapan ini sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses penggemukan.

Siapkan kandang khusus yang dilengkapi penghangat ruangan. Idealnya untuk satu kandang berukuran 1 meter di isi sekitar 40 ekor DOD.

Kandang untuk bebek pedaging harus memiliki cukup ventilasi dan sanitasi dengan penutup khusus yang bisa dibuka tutup dengan mudah. 

Sedangkan untuk DOD sebaiknya pilihlah dari jenis bebek peking yang memiliki postur tubuh bongsor atau jenis hybrid khusus hasil perkawinan bebek peking dan lokal. Jenis bebek ini memiliki kualitas yang cukup baik walaupun postur tubuhnya tidak sebesar atau sebongsor bebek peking.

Pastikan kondisi DOD sehat dan tidak ada yang memiliki cacat fisik. Untuk ternak bebek pedaging, pilihlah DOD yang berjenis kelamin jantan karena harganya lebih murah dan pertumbuhannya lebih cepat sehingga bisa lebih cepat panen.

Pada tahap ini kita harus benar-benar memperhatikan pemberian pakan karena DOD belum memiliki struktur pencernaan yang kuat sehingga masih sangat riskan. Sebaiknya pada tahap ini DOD diberikan adonan bekatul yang dicampur tepung ikan dan voer yang sudah dihaluskan dan diberi sedikit air.

• Perawatan anakan bebek

Ketika DOD mulai beranjak besar dan bulu-bulu dewasanya sudah mulai tumbuh, kita bisa memindahkannya ke kandang lain yang lebih luas.

Kandang untuk anakan bebek sebaiknya dibuat panggung untuk menghindari serangan predator. Selain itu, model kandang panggung akan memudahkan kita untuk membersihkan kotorannya sekaligus untuk menjaga kelembaban kandang.

Pada masa ini hal terpenting yang harus diperhatikan adalah masalah pemberian pakan. Kita bisa memberikan berbagai jenis pakan yang fungsinya untuk meningkatkan pertumbuhan dan membentuk massa otot bebek seperti tepung ikan, tepung cangkang, bekatul, dan tepung jagung.

Tambahkan pakan utama dengan cacahan batang pisang, daun pepaya, daun mengkudu dan sayuran hijau lainnya sebagai sumber serat. Kita juga bisa memberikan voer dan berbagai macam biji-bijian sebagai selingan.

• Proses penggemukan

Ketika bebek sudah mencapai usia dewasa sekitar 5 minggu, pindahkan bebek ke dalam kandang dewasa yang ukurannya lebih luas dan mulai fokus pada proses penggemukan.

Untuk kandang penggemukan bisa dibuat dengan alas tanah dengan dilapisi kapur dan pasir untuk menjaga kelembaban kandang.

Untuk pemberian pakan pada tahap ini sama dengan tahap kedua. Karena pada dasarnya pakan-pakan tersebut memang khusus untuk membantu meningkatkan bobot tubuh bebek secara signifikan.

Agar pertumbuahnnya lebih optimal lagi, kita bisa menambahkan sedikit cacahan kencur dalam pakan bebek karena kencur dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan bebek. Masa penggemukan akan berakhir ketika bebek berusia 40 hari atau siap panen.

Baca juga:

Cara yang benar dalam beternak bebek petelur didalam kandang

Panduan lengkap ternak ayam potong untuk pemula

Cara beternak Merpati potong/pedaging untuk pemula

Demikian sedikit informasi tentang "Panduan lengkap beternak bebek pedaging untuk pemula". Untuk informasi lain seputar ternak bebek, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Peternakan Bebek Pedaging

Post a Comment for "Panduan lengkap beternak bebek pedaging untuk pemula"