Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara mengawinkan ikan Arwana yang benar

Ikan Arwana merupakan ikan hias kelas premium. Ikan ini memiliki penampilan yang indah, dari mulai warna sisik yang cerah dan kemilau, serta gerak-gerik yang lemah gemulai dan anggun membuat ikan ini tampak begitu mewah dan eksklusif.

Saat ini penggemar ikan Arwana semakin bertambah banyak dari seluruh penjuru tanah air. Tentunya hal itu merupakan sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan jika berhasil membudidayakan ikan ini.

Sampai saat ini masih sangat sedikit peternak ikan yang berhasil membudidayakan ikan Arwana karena prosesnya memang tergolong sulit, terutama pada proses perkawinannya.

Ikan Arwana termasuk salah satu ikan air tawar yang cukup susah untuk dibudiyakan. Tapi jika kita bisa membuat ikan Arwana merasa nyaman, maka ikan Arwana tersebut pasti bisa berkembang biak dengan baik.

Kunci keberhasilan dari budidaya ikan Arwana terletak pada penyediaan lahan budidaya yang ideal, kondisi air yang bagus, serta pemberian pakan yang tepat.

Berikut ini beberapa tips budidaya ikan Arwana agar berhasil:

• Proses perjodohan ikan Arwana

Sebelum dikawinkan, indukan ikan Arwana jantan dan betina harus dijodohkan terlebih dulu untuk mengenalkan keduanya agar proses selanjutnya lebih mudah.

Indukan ikan Arwana yang akan dijodohkan harus sudah berumur 6-7 tahun dan memiliki panjang tubuh sekitar 50-60 cm. Dibutuhkan waktu setidaknya satu tahun sampai ikan Arwana saling mengenal dan cocok satu sama lain. Sayangnya tidak ada perlakuan/cara tertentu yang dapat mempercepat proses perjodohan untuk ikan Arwana, karena semua harus berlangsung secara alami.

Proses perjodohan ikan Arwana dapat dilakukan didalam kolam khusus, yaitu kolam beton dengan ketinggian air minimal 3 meter.

Buatlah suasana dilingkungan kolam tersebut tampak alami dan tenang. Usahakan juga agar air didalam kolam terus mengalir untuk mendukung kelancaran proses ini. Tambahkan juga beberapa tanaman air sebagai tempat berteduh serta untuk bersembunyi.

Tanda bahwa kedua indukan ikan Arwana sudah berjodoh dapat dilihat dari perilaku ikan Arwana jantan yang sering mengejar-ngejar ikan Arwana betina. Ikan tersebut sedang berusaha mengenal dan bermain-main dengan pasangannya, sehingga kita bisa mengetahui lebih lanjut apakah keduanya memang cocok serta bisa berjodoh atau tidak.

Tapi biasanya jika ikan Arwana jantan sudah sering berperilaku seperti itu, maka seiring berjalannya waktu kedua calon indukan ikan Arwana tersebut pasti bisa cocok dan berjodoh.

Ikan Arwana yang telah berjodoh bisa terlihat dari perilaku keduanya yang sering berenang berdampingan dan tidak saling kejar-kejaran lagi.

• Proses perkawinan ikan Arwana

Pada umumnya, ikan Arwana akan melakukan proses perkawinan pada saat musim penghujan. Kondisi cuaca yang sering turun Hujan akan membuat air di kolam menjadi lebih dingin dengan suhu berkisar antara 25-26 °C. Dan inilah waktu yang paling tepat bagi kedua indukan ikan Arwana untuk melakukan perkawinan.

Jika kedua indukan ikan Arwana sudah melakukan perkawianan, bisa dilihat dari perilaku ikan Arwana jantan yang menggesek-gesekkan tubuhnya ke bagian belakang tubuh ikan Arwana betina dan kemudian kedua indukan ikan Arwana akan saling berhimpitan.

Setelah melakukan perkawinan, selanjutnya ikan Arwana betina akan mengeluarkan telur dan diikuti oleh ikan Arwana jantan yang juga mengeluarkan sel sperma untuk membuahi telur-telur tersebut.

Kita bisa memantau apakah indukan ikan Arwana betina sudah bertelur atau belum dari kondisi air kolam yang banyak terdapat buih-buih air.

Proses pembuahan sel telur biasanya berlangsung selama 20-30 menit. Dalam sekali masa bertelur, ikan Arwana betina mampu menghasilkan telur sebanyak 15-25 butir. Satu per satu telur kemudian akan di ambil oleh indukan ikan Arwana jantan menggunakan mulutnya sebagai ruang inkubator.

Baca juga:

Arwana Super Red, ikan pembawa hoki

Cara merawat ikan mas koki agar tidak mudah mati

Tips perawatan ikan louhan yang benar

Demikian sedikit informasi tentang "Cara mengawinkan ikan Arwana yang benar". Untuk informasi lain seputar ikan hias, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kolam Budidaya Ikan Arwana

Post a Comment for "Cara mengawinkan ikan Arwana yang benar"