Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara beternak Kambing agar cepat besar dan gemuk

Untuk beternak Kambing dapat dilakukan dengan perencanaan, pemeliharaan, serta pelaksanaan yang akurat dan baik. Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Permintaan pasar akan daging Kambing yang terus meningkat tentunya menjadikan usaha budidaya Kambing menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan bagi peternak maupun pedagang.

Kambing banyak dimanfaatkan dagingnya untuk acara aqiqah, hewan  kurban, bahan olahan makanan seperti sate, gulai, tongseng, dan berbagai macam kuliner lainnya.

Oleh karena itulah para peternak harus bisa melihat peluang besar untuk dapat mengelola dengan baik usaha ternaknya. Pemeliharaan Kambing tergolong sangat mudah, sehingga bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja asal ada kemauan.

Untuk usaha penggemukan Kambing, faktor yang paling menentukan keberhasilan adalah pemilihan bibit dari jenis Kambing yang bagus/unggul. Jadi harus ditentukan terlebih dahulu jenisnya, apakah dari jenis Domba atau jenis Kambing kacang, Etawa, PE, Boer, atau yang lainnya.

Tapi khusus untuk usaha penggemukan lebih baik memilih jenis Kambing Lokal/Jawa/Kacang, karena Kambing ini mudah dalam perkembangan pembentukan daging meskipun hanya diberikan pakan berkualitas rendah saja perkembangannya bisa bagus, apalagi jika diberikan pakan yang berkualitas tentunya perkembangannya akan menjadi lebih cepat.

Berikut ini ciri-ciri bibit Kambing yang bagus:

• Pilihlah bibit Kambing yang berumur 4-8 bulan.

• Punggungnya berbentuk lurus dan panjang.

• Kerangka tulangan besar dan lebar.

• Perut tidak buncit (seperti cacingan).

• Mulutnya tampak lebar.

• Sehat, aktif dan tidak memiliki cacat fisik.

• Bulu lebat dan mengkilap.

• Sorot matanya cerah.

• Memiliki kaki-kaki yang kokoh.

Dalam menjalankan bisnis penggemukan Kambing atau Domba, hal yang perlu disiapkan adalah kandang ternak, pemeliharaan ternak dan penyedian pakan.

Pakan utama untuk Kambing terdiri dari jenis rerumputan, daun-daunan hijau, jerami, dedak, bekatul dan bahan pakan lainya. Oleh karena itu, selain menentukan jenis Kambing yang akan diternak, peternak juga harus mempelajari cara merawat Kambing agar cepat gemuk.

Berikut ini beberapa tips pemeliharaan Kambing agar cepat gemuk:

• Pilihlah lokasi untuk kandang ternak yang sepi

Kondisi lokasi kandang yang sepi dan tenang akan membuat Kambing merasa nyaman sehingga nafsu makannya tetap terjaga secara baik. Suasana kandang atau lokasi yang sepi dan jauh dari keramaian dapat membuat kambing terhindar dari stress.

• Menyiapkan kandang yang ideal

Kondisi kandang harus tetap bersih agar Kambing yang dipelihara selalu sehat dan terhindar dari serangan penyakit. Usahakan juga agar kondisi kandang tidak terlalu panas san tidak terlalu dingin. Dianjurkan lokasi kandang ternak berada dilokasi yang teduh tapi cukup mendapat sinar matahari pagi.

Sirkulasi udara didalam kandang juga harus baik agar kotoran cepat kering dan terhindar dari bau yang tidak sedap.

• Sesuaikan jumlah Kambing yang dipelihara dengan ukuran kandangnya

Kondisi kandang tidak boleh terlalu sempit yang akan membuat kambing berdesak-desakan dan sulit bergerak dengan leluasa. Ukuran kandang yang ideal untuk Kambing jantan yaitu 1,1 meter x 1,25 meter per ekornya.

• Pemilihan bibit kambing yang unggul

Yang perlu diperhatikan dalam usaha penggemukan Kambing tidak hanya faktor eksternal saja seperti kondisi kandang, pakan dan pola perawatan, karena faktor internal (pemilihan bibit) juga sangat mempengaruhi keberhasilan dalam usaha penggemukan Kambing ini.

• Pemberian pakan yang ideal

Kambing adalah hewan ternak yang sangat mudah dipelihara karena pakan utamanya seperti rumput dan daun-daunan hijau mudah didapatkan disekitar kita.

Agat Kambing cepat gemuk, maka pemberian pakan tambahan perlu diberikan secara teratur. Pakan tambahan bisa berupa campuran ampas tahu, bekatul, dan juga racikan dari singkong.

Proses penggemukan bisa dipercepat lagi dengan pemberian pakan fermentasi, yaitu dengan mencampur tanaman hijau dengan dedak, kemudian ditambahkan dengan air secukupnya.

Pemberian pakan untuk Kambing agar cepat gemuk boleh saja dilakukan asal tidak mengesampingkan kandungan yang ada didalammya. Karena jika Kambing bertubuh gemuk dan sehat akan lebih mudah dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Kunci utama untuk keberhasilan usaha penggemukan Kambing adalah pemilihan bibit yang unggul dan pemberian pakan yang berkualitas. Dengan pemberian pakan yang tepat dan berkualitas maka Kambing akan cepat besar dan gemuk, sehingga masa panen jadi lebih singkat dan tentu saja keuntungan yang didapatkan dari usaha penggemukan ternak akan lebih besar.

Baca juga:

Cara beternak kambing etawa yang benar agar berhasil

Cara beternak Ayam Kalkun untuk pemula

Tips penggemukan sapi potong yang benar agar cepat panen

Demikian sedikit informasi tentang "Cara beternak Kambing agar cepat besar dan gemuk". Untuk informasi lain seputar hewan ternak, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kambing Jawa

Post a Comment for "Cara beternak Kambing agar cepat besar dan gemuk"