Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tips perawatan ikan louhan yang benar

Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki banyak penggemar. Ikan ini memiliki ciri khas dibagian dahinya yang jenong/nonong/menonjol dan warna sisiknya yang indah.

Tapi jika kita tidak dapat merawatnya dengan benar, maka keistimewaan tersebut terkadang akan tidak muncul. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara merawat ikan louhan yang benar agar ikan louhan yang kita pelihara memiliki penampilan yang menarik.

Berikut ini tips perawatan ikan louhan yang benar:

• Akuarium

Ukuran akuarium yang digunakan untuk merawat ikan louhan perlu diperhatikan dan sebaiknya disesuaikan dengan ukuran ikan louhan yang kita pelihara.

Ukuran akuarium yang ideal untuk ikan louhan adalah 3/4 lebih besar dari ukuran ikan louhan yang menempatinya. Misalnya saja ikan louhan yang kita pihara memiliki panjang antara 40-50 cm, maka sebaiknya ukuran akuarium yang digunakan berukuran sekitar 200x70x80 cm.

• Perlengkapan akuarium

Agar ikan louhan merasa nyaman dan juga mempermudah kita dalam merawatnya, ada beberapa perlengkapan dan peralatan yang perlu disiapkan dalam merawat ikan louhan, antara lain:

- Aerator

Memelihara ikan didalam akuarium sangat berbeda dengan kondisi ikan yang hidup di alam bebas. Ikan yang ada di alam bebas bisa mendapatkan oksigen lebih banyak dibandingkan dengan ikan yang dipelihara di dalam akuarium. Oleh karena itu, ikan yang dipelihara didalam akuarium memerlukan bantuan alat untuk menyuplai oksigen.

Alat yang dapat digunakan untuk menyuplai oksigen ke dalam akuarium adalah Aerator atau pompa udara. Aerator berfungsi untuk memberikan udara ke dalam akuarium dan mengeluarkan udara dari sisa-sisa pernafasan ikan. Pilihlah aerator yang mampu membuang banyak udara, tapi yang tidak memerlukan daya listrik besar.

- Heater dan Thermometer

Suhu air didalam akuarium perlu diatur agar ikan louhan memiliki pertumbuhan yang bagus. Karena pertumbuhan ikan louhan akan melambat jika suhu air didalam akuarium terlalu dingin. Cara untuk mengetahui suhu air didalam akuarium adalah dengan menggunakan Thermometer.

Jika Thermometer menunjukan suhu air akuarium dalam keadaan dingin, kita bisa menaikkan suhu udara dengan menggunakan alat Heater atau alat pemanas. Suhu udara yang ideal untuk ikan louhan sekitar 28-30°C.

- Filter

Kebersihan air didalam akuarium sangat penting untuk diperhatikan, karena jika air didalam akuarium kotor, maka kemungkinan besar ikan louhan yang ada didalamnya akan sakit dan bisa mati. Jadi, kita harus selalu membersihkan air didalam akuarium secara rutin.

Rutinitas tersebut memang sangat merepotkan kita karena air akuarium biasanya cepat kotor. Untuk mengatasi permasalahan ini, kita bisa menggunakan filter/penyaring air.

Filter berfungsi untuk menyaring air akuarium setiap saat agar tetap bersih. Tapi kita tetap harus mengganti air akuarium secara berkala.

- Penerangan

Penerangan didalam akuarium sangat penting untuk ikan louhan agar ikan tidak menjadi penakut. Untuk penerangan akuarium, kita bisa menggunakan lampu TL. Selain untuk menerangi akuarium, lampu TL juga berfungsi untuk menambah keindahan didalam akuarium.

Tapi efeknya lampu TL dapat menghasilkan suhu panas, sehingga dapat mempengaruhi suhu air akuarium. Jadi, kita perlu memperhatikan ukuran lampu TL dengan ukuran akuarium. Ukuran lampu TL yang ideal untuk akuarium 80x40 cm adalah 20 watt.

- Tanaman air

Agar pemandangan akuarium menyerupai suasana di habitat aslinya, sebaiknya tempatkan tanaman hias didalam akuarium untuk mempercantik pemandangan akuarium ikan louhan kita.

- Pasir dan batuan

Pasir digunakan sebagai landasan untuk meletakkan bebatuan atau kerikil. Pasir sungai yang masih bercampur humus merupakan pasir yang terbaik untuk diletakkan didalam akuarium. Krikil yang berukuran 3 mm juga perlu ditambahkan didalam akuarium ikan louhan.

• Pakan ikan louhan

Pakan untuk ikan louhan perlu diperhatikan agar ikan dapat berkembang dengan baik dan sehat. Pakan yang bagus untuk ikan louhan ada dua macam, yaitu pakan alami dan pakan buatan.

Pakan alami meliputi cacing rambut, cacing sutra, cacing tanah, cacing darah, kutu air, artemia, jentik nyamuk, dan udang. Sedangkan pakan buatan berupa pelet khusus untuk ikan louhan.

Pemberian pakan berupa pelet sebaiknya dibiasakan sejak ikan louhan masih kecil, dan bisa dikombinasikan dengan pakan-pakan alami.

• Pengontrolan akuarium

Akuarium ikan louhan harus dikontrol suhu airnya, ph airnya, dan kebersihan airnya setiap hari. Untuk mengetahui kondisi suhu air, kita bisa menggunakan thermometer. Sedangkan ph air dapat diketahui dengan alat pengukur ph. Ph air normal untuk akuarium adalah 6-8,5.

Selain itu, kita juga perlu membuat jadwal untuk penggantian air akuarium. Namun, penggantian air akuarium tidak perlu dilakukan terlalu sering karena sudah menggunakan filter untuk menyaring air akuarium.

Jadwal yang ideal untuk mengganti air didalam akuarium yaitu setiap 1 atau 2 minggu sekali dilakukan secara rutin dan konsisten.

Baca juga:

Ciri-ciri ikan cupang hias dan ikan cupang aduan

Cara budidaya ikan gurame agar hasil panennya bagus

Cara merawat ayam ketawa agar rajin berkokok

Demikian sedikit informasi tentang "Tips perawatan ikan louhan yang benar". Untuk informasi lain seputar ikan hias, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Ikan Louhan

Post a Comment for "Tips perawatan ikan louhan yang benar"