Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri Jalak Suren jantan dan betina yang akurat

Jalak Suren merupakan jenis burung monomorfik, dimana antara burung jantan dan betina memiliki bentuk fisik dan warna bulu yang sama. Tapi jika dibandingkan dan diperhatikan dengan seksama, ada beberapa ciri-ciri khusus yang membedakan antara Jalak Suren jantan  dan betina.

Untuk mengidentifikasi jenis kelamin Jalak Suren dengan lebih mudah adalah ketika Jalak Suren sudah berusia 10 bulan lebih atau sudah dewasa. Karena pada usia tersebut, sudah mulai muncul perbedaan yang mendasar antara Jalak Suren jantan dan betina.

Ciri-ciri khusus yang membedakan jenis kelamin Jalak Suren jantan dan betina:

• Pada bagian anus Jalak Suren jantan berwarna kebiruan atau ungu. Tanda tersebut hanya muncul pada Jalak Suren jantan yang sudah dewasa, sedangkan pada Jalak Suren betina tidak ada perubahan, warna anusnya tetap putih agak kemerahan.

• Selaput kulit disekitar mata Jalak Suren jantan terlihat lebih tebal dan berwarna oranye cerah, sedangkan pada Jalak Suren betina, selaput kulit disekitar matanya berwarna orange pudar/pucat.

• Warna bulu dibagian kepala dan punggung Jalak Suren jantan terlihat lebih mengkilap, sedangkan bulu pada bagian kepala dan punggung Jalak Suren betina terlihat agak kusam.

• Postur tubuh Jalak Suren jantan lebih besar dan panjang serta terlihat gagah, sedangkan postur tubuh Jalak Suren betina lebih kecil dan pendek, serta terlihat lebih bulat/buntet.

• Pada saat berkicau, baik Jalak Suren jantan maupun betina sama-sama akan mengembangkan jambulnya, tapi kalau diperhatikan lebih seksama, jambul Jalak Suren jantan terlihat lebih njabrik.

• Perilaku Jalak Suren jantan juga lebih aktif, lebih agresif, dan selalu ingin menyerang, sedangkan Jalak Suren betina perilakunya lebih kalem.

• Ketika berkicau, Jalak Suren jantan sering terlihat membusungkan dadanya.

• Suara kicauan Jalak Suren jantan juga lebih bervariasi, lebih nyaring dan lebih keras dibandingkan dengan Jalak Suren betina.

Baca juga:

Tips perawatan Jalak Suren Jawa (Lokal) agar cepat gacor

Ciri-ciri Tledekan Gunung jantan dan betina

Ciri-ciri Cucak Ijo (CI) jantan dan betina muda/trotolan yang akurat

Ciri-ciri perbedaan Cucak Jenggot jantan dan betina

Demikian informasi tentang ciri-ciri Jalak Suren jantan dan betina yang akurat. Untuk informasi lain seputar burung Jalak bisa dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Anus Jalak Suren jantan dan betina

Post a Comment for "Ciri-ciri Jalak Suren jantan dan betina yang akurat"