Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri Tledekan Gunung jantan dan betina

Tledekan Gunung merupakan salah satu burung yang cukup mudah dikenali jenis kelaminnya, karena antara burung jantan dan betina memiliki warna bulu yang berbeda, seperti halnya Kacer, Murai Batu (MB) dan Cucak Ijo (CI).

Secara umum, Tledekan Gunung jantan memiliki lebih banyak variasi kicauan dengan volume suara yang keras dan tajam. Sedangkan Tledekan Gunung betina, suara kicauannya cenderung monoton dengan volume suara yang kecil.

Berikut ini adalah ciri-ciri Tledekan Gunung jantan dan betina:

Agar tidak salah dalam memilih jenis kelamin Tledekan Gunung, sebaiknya kita perlu mengetahui perbedaan fisik antara burung jantan dan betina sebagai panduan sebelum kita memelihara burung fighter ini.

• Kalau kita berniat memelihara Tledekan Gunung anakan/trotolan, perhatikan warna bulu pada bagian tepi sayapnya, tepi ekor dan juga pada bagian ujung ekornya yang cenderung berwarna hitam kebiruan pada burung jantan.

• Sedangkan warna bulu pada anakan/trotolanTledekan Gunung betina pada bagian tepi sayap, tepi ekor dan ujung ekornya cenderung berwarna coklat kusam.

• Pada Tledekan Gunung jantan muda sudah terlihat warna biru langit yang mulai tumbuh di sebagian bulu bagian atas tubuhnya, dan pada Tledekan Gunung jantan dewasa, warna bulunya mulai dari kepala bagian atas, punggung, sampai pada ujung ekornya berwarna biru tua, dan warna dari pangkal paruh bagian bawah sampai bagian anusnya berwarna merah jingga.

• Sedangkan warna bulu pada Tledekan Gunung betina dewasa, mulai dari kepala sampai ujung ekornya berwarna coklat kusam, dan dari pangkal paruh bagian bawah sampai ujung anusnya berwarna merah jingga pucat.

Baca juga:

Cara merawat Tledekan Gunung bahan/bakalan agar bertahan hidup dan rajin bunyi

Ciri-ciri perbedaan Cucak Ijo (CI) jantan dan betina muda/trotolan yang akurat

Ciri-ciri perbedaan Cucak Jenggot jantan dan betina

Ciri-ciri Murai Batu (MB) bermental petarung

Demikian informasi tentang ciri-ciri Tledekan Gunung jantan dan betina. Untuk informasi lain seputar Tledekan Gunung bisa dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Tledekan Gunung jantan dan betina

Post a Comment for "Ciri-ciri Tledekan Gunung jantan dan betina"