Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tips perawatan Ayam Bangkok saat musim hujan

(Ayam Bangkok)

Pada saat musim hujan Ayam Bangkok aduan membutuhkan perawatan khusus agar tetap sehat dan fit, karena pada musim hujan Ayam Bangkok rawan sekali terkena penyakit.

Berikut ini tips perawatan yang benar untuk Ayam Bangkok aduan pada saat musim hujan:

• Mandi

Jika pada musim kemarau Ayam Bangkok aduan biasa dimandikan setiap hari, tapi pada musim hujan sebaiknya hanya dimandikan 3 hari sekali, itupun jika tidak turun hujan.

• Jemur

Penjemuran mutlak dilakukan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina Ayam Bangkok aduan. Tapi pada saat musim hujan tentunya hal itu tidak bisa dilakukan setiap hari karena matahari tidak muncul setiap saat.

Oleh karena itu, usahakan sebisa mungkin untuk menjemur Ayam Bangkok pada saat matahari muncul meskipun hanya sebentar dan segera masukkan ke dalam rumah ketika hujan turun.

• Kerodong

Agar Ayam Bangkok aduan tidak kedinginan, terutama pada malam hari dan agar dapat beristirahat dengan tenang sebaiknya kandangnya di tutup dengan kerodong.

Selain agar Ayam Bangkok tidak kedinginan, pengerodongan juga dapat mencegah masuknya serangga dan nyamuk.

• Pakan dan air minum

Pada saat musim hujan, Ayam Bangkok aduan perlu diberikan pakan tambahan yang dapat menghangatkan tubuhnya, seperti: Ketan hitam yang sudah ditumbuk agar lebih mudah dicerna dan merica bubuk yang dicampurkan pada pakan utamanya.

Air minumnya juga perlu diganti setiap hari agar tidak terjangkit bakteri yang dapat mengganggu kesehatan Ayam Bangkok aduan.

• Vitamin

Pada saat musim hujan banyak sekali penyakit musiman yang muncul dan dapat membahayakan kesehatan Ayam Bangkok aduan. Untuk mencegah agar Ayam Bangkok tidak terserang penyakit, maka perlu diberikan beberapa jenis vitamin untuk menguatkan daya tahan tubuh Ayam Bangkok.

• Kebersihan kandang

Baik pada musim penghujan maupun musim kemarau, kebersihan kandang merupakan hal yang harus diperhatikan. Tapi pada musim hujan hal itu perlu lebih diperhatikan karena kelembaban udara yang tinggi akan membuat bakteri, virus dan parasit lebih cepat berkembang jika kandangnya kotor.

Pada saat musim hujan, kandang Ayam Bangkok aduan perlu dibersihkan setiap hari. Usahakan kandang bersih dan tidak lembab agar Ayam Bangkok aduan merasa nyaman dan terhindar dari serangan penyakit.

• Jamu

Untuk membantu menjaga vitalitas dan daya tahan tubuh Ayam Bangkok aduan saat musim hujan, perlu juga diberikan jamu tradisional.

• Penempatan

Pada saat musim hujan, sebaiknya tempatkan Ayam Bangkok aduan didalam rumah atau ruangan tertutup, terutama pada malam hari agar Ayam tidak kedinginan.

Baca juga:




Demikian informasi tentang tips perawatan Ayam Bangkok saat musim hujan. Untuk informasi lain seputar Ayam Bangkok, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tips perawatan Ayam Bangkok saat musim hujan"