Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tips perawatan burung Derkuku saat musim hujan

(Burung Derkuku/Tekukur)

Burung Derkuku/Tekukur termasuk salah satu jenis burung anggungan yang banyak penggemarnya karena burung ini memiliki suara anggungan yang merdu dan mudah dalam perawatannya.

Mendengarkan suara anggungan burung Derkuku yang merdu bisa membuat suasana terasa tentram dan adem ayem, apalagi ketika sedang bersantai dirumah.

Tapi pada saat musim hujan, biasanya burung Derkuku tidak segacor seperti saat musim kemarau, bahkan seringkali mengalami gangguan kesehatan jika tidak diberikan perawatan khusus.

Agar burung Derkuku tetap sehat dan rajin manggung saat musim hujan, burung ini perlu mendapatkan perawatan khusus dari mulai pemberian pakan, penjemuran, kebersihan kandang dan juga pemberian jamu berbahan rempah-rempah untuk menghangatkan tubuhnya.

Berikut ini tips perawatan dan pemberian jamu untuk burung Derkuku pada saat musim hujan:

• Pakan


Jika pada musim kemarau burung Derkuku baisanya diberikan pakan berupa campuran biji-bijian seperti: milet putih, milet merah, beras merah dan gabah bangkok, maka ketika musim hujan tambahkan ketan hitam dengan komposisi lebih banyak untuk menghangatkan tubuhnya.

• Jemur

Jika pada musim kemarau burung Derkuku biasa dimandikan dan dijemur secara rutin setiap pagi, pada musim hujan burung tidak perlu dimandikan. Sedangkan untuk penjemuran tidak bisa dilakukan setiap hari karena matahari tidak muncul setiap hari.

Oleh karena itu jika ada sinar matahari, baik pagi, siang, maupun sore usahakan segera menjemur burung Derkuku meskipun hanya sebentar dan segera masukkan ke dalam rumah jika hujan mulai turun.

• Jamu

Untuk membantu menghangatkan tubuh burung Derkuku, berikan jamu rempah-rempah yang bisa diracik sendiri dari bahan-bahan herbal seperti: kunyit, kencur, temu lawak, madu murni dan jahe. Bahan-bahan tersebut semuanya dikupas kulitnya lalu dicuci sampai bersih kemudian dihaluskan.

Setelah halus kemudian diperas dan air perasannya dicampurkan dengan kuning telur ayam kampung lalu di aduk sampai tercampur rata.

Campuran rempah-rempah, madu murni dan kuning telur tersebut kemudian dicampur dengan pakan biji-bijian yang berupa milet putih, milet merah, beras merah, gabah bangkok dan ketan hitam. Setelah tercampur rata kemudian dijemur atau disangrai sampai benar-benar kering sebelum diberikan pada burung Derkuku.

Selain dicampurkan pada pakannya, jamu juga bisa diberikan dengan cara dilolohkan langsung pada burung Derkuku setiap sore menjelang tidur. Untuk jamu yang dilolohkan bisa menggunakan jamu kemasan yang bisa dibeli dikios-kios pakan burung, atau bisa juga dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami seperti: rimpang kencur, kuning telur ayam kampung, madu murni, kunyit, bawang putih, jahe dan daun saga.

Bahan-bahan tersebut dihaluskan kemudian dibuat menjadi bulatan-bulatan kecil lalu dikeringkan. Berikan jamu tersebut setiap 3 haru sekali atau seminggu sekali sebanyak 3 - 5 butir.

• Kebersihan kandang

Pada musim hujan kebersihan kandang harus diperhatikan agar burung Derkuku selalu sehat. Usahakan untuk membersihkan kandangnya setiap hari agar kotoran tidak menumpuk karena bisa menjadi sarang virus dan bekteri penyebab penyakit.

Baca juga:




Demikian informasi tentang tips perawatan burung Derkuku saat musim hujan. Untuk informasi lain seputar burung Derkuku, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tips perawatan burung Derkuku saat musim hujan"