Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara mengobati Ayam Bangkok cacingan dengan obat tradisional

gambar ayam bangkok juara
Ayam Bangkok

OKB - Cacingan merupakan salah satu penyakit yang sering di alami oleh Ayam Bangkok. Meskipun tidak kelihatannya sepele, tapi akibat yang ditimbulkan dari penyakit cacingan bisa membuat Ayam Bangkok tampak pucat dan lesu, akibatnya kemampuan bertarungnya semakin lama semakin melemah.

Jika Ayam Bangkok terkena cacingan, sebaiknya segera diobati agar tidak semakin parah dan mebuat Ayam Bangkok tidak memiliki stamina untuk bertarung.

Untuk mengobati cacingan pada Ayam Bangkok sebetulnya culup mudah, bisa menggunakan obat tradisional atau menggunakan obat cacing khusus untuk ayam yang bisa dibeli di kios-kios pakan ternak.

Ada dua jenis obat cacing yang bisa digunakan untuk mengobati cacingan pada Ayam Bangkok, yaitu obat tradisional yang bisa dibuat menggunakan bahan-bahan herbal dan obat khusus cacingan yang bisa dibeli di apotik atau kios-kios pakan ternak.


Berikut ini beberapa jenis obat cacing untuk Ayam Bangkok:

1. Buah Pinang
gambar buah pinang
Buah Pinang

Obat cacing tradisional yang sering digunakan oleh para botoh untuk mengobati Ayam Bangkok cacingan adalah buah pinang. Khasiat buah pinang memang sangat ampuh untuk mengeluarkan cacing yang ada di usus Ayam Bangkok.

Buah pinang adalah obat tradisional yang paling ampuh untuk mengobati cacingan pada Ayam Bangkok dibanding obat-obat tradisional lainnya.

Caranya:

- Siapkan satu butir buah pinang muda yang masih segar, lalu kupas kulitnya dan ambil buahnya kemudian iris kecil-kecil agar lebih mudah ditelan oleh Ayam Bangkok.

- Selanjutnya, biarkan tembolok Ayam Bangkok kosong dengan tidak memberinya makan lebih dulu selama setengah hari.

- Setelah temboloknya kosong, lolohkan irisan buah pinang tersebut langsung ke dalam paruh Ayam Bangkok.

- Agar lebih mudah ditelan, celupkan dulu irisan buah pinang tersebut ke dalam minyak kelapa.

- Jika irisan buah pinang sudah tertelan semua, berikan air minum pada Ayam Bangkok dalam jumlah yang cukup banyak.

- Kemudian pijat temboloknya dengan lembut agar kandungan dari buah pinang cepat larut dalam air yang diminumnya.

- Setelah selesai, masukkan Ayam Bangkok ke dalam kandang selama beberapa jam sampai cacing-cacing yang ada didalam ususnya keluar bersama kotorannya.

- Biasanya setelah diberi obat cacing, Ayam Bangkok akan terlihat lemas selama 2 - 3 hari.

- Selama dalam masa pengobatan, jangan pernah mengadu Ayam Bangkok tersebut. Biarkan Ayam Bangkok isitirahat total dan kalau perlu diberikan jamu untuk menambah staminanya.


2. Tembakau
gambar pohon tembakau
(Tembakau)

Tembakau juga bisa digunakan sebagai obat cacing tradisional untuk Ayam Bangkok. Tapi perlu diketahui, tembakau yang bisa digunakan untuk mengobati cacingan pada Ayam Bangkok adalah daun tembakau yang masih segar.

Caranya:

Lolohkan 3 butir irisan daun tembakau serukuran jari tangan ketika tembolok Ayam Bangkok sedang kosong.

Ketika diberikan ramuan ini, Ayam Bangkok akan terlihat pusing dan terlihat menggeleng-gelengkan kepalanya serta matanya berair selama 1 hari.

Efek ini timbul akibat kandungan nikotin didalam daun tembakau yang berkhasiat membasmi parasit cacing yang ada didalam usus Ayam Bangkok.


3. Daun Pepaya Muda
gambar daun pepaya
Daun Pepaya

Selain dapat mengobati cacingan, daun pepaya muda juga bisa menjadi obat penambah nafsu makan untuk Ayam Bangkok.

Caranya:

Cara penggunaannya sama seperti penggunaan buah pinang dan daun tembakau. Bisa juga di variasikan dengan bahan-bahan lain seperti daun pete cina, bawang putih, dan jahe.

Penggunaan daun pepaya muda sebagai obat cacing tidak menimbulkan efek langsung pada Ayam Bangkok seperti jika menggunakan buah pinang atau daun tembakau.

4. Obat Kemasan

Selain dengan menggunakan obat tradisional, kita juga bisa menggunakan obat cacing khusus ayam yang bisa dibeli di apotik atau di toko pakan ternak. Pastikan untuk membaca aturan pakai dan dosis dari obat kemasan tersebut sebelum diberikan pada Ayam Bangkok.

Jika menggunakan obat tradisional biasanya membutuhkan waktu cukup lama agar benar-benar sembuh dan harus di ulangi beberapa kali. Sedangkan jika menggunakan obat cacing buatan pabrik maka hanya dengan sekali pemberian saja semua cacing akan langsung mati.


Demikian sedikit informasi tentang cara mengobati Ayam Bangkok cacingan dengan obat tradisional yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Ayam Bangkok dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mengobati Ayam Bangkok cacingan dengan obat tradisional"