Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara ampuh mengobati Ayam Bangkok ngorok dengan bahan-bahan alami

gambar ayam bangkok ngorok
Ayam Bangkok

OKB - Ngorok merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada Ayam Bangkok. Penyakit ini dapat disebabkan karena adanya inveksi bakteri pada saluran pernafasan Ayam Bangkok.

Ngorok tidak bisa di anggap sepele karena dapat mengurangi performa Ayam Bangkok aduan di gelanggang pertarungan, karena Ayam Bangkok yang menderita penyakit ini akan menjadi mudah lelah karena sulit bernafas akibat lendir yang terdapat dalam kerongkongan yang menghambat aliran keluar masuknya udara.

Ngorok sebaiknya segera ditangani dengan pengobatan khusus untuk mencegah terjadinya masalah-masalah kesehatan lainnya pada Ayam Bangkok. Pengobatan penyakit ini dapat dilakukan secara alami menggunakan obat-obatan tradisional atau menggunakan obat kemasan produksi pabrik.

Resep obat tradisional untuk ayam ngorok ini sudah digunakan sejak jaman dulu oleh para penghobi ayam aduan. Tapi sekarang ini tidak banyak para penghobi ayam aduan yang menggunakan obat tradisional untuk mengobati penyakit ngorok.

Sebagian besar penghobi Ayam Bangkok lebih memilih menggunakan obat kemasan pabrik karena di anggap lebih praktis, padahal khasiat obat tradisional juga tidak kalah dengan obat kemasan pabrik dan tanpa efek samping tentunya.

Baca juga: Cara mengobati Ayam Bangkok cacingan dengan obat tradisional

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit ngorok pada Ayam Bangkok:

1. Daun sirih

Daun sirih memang sudah sejak lama dikenal sebagai obat untuk menghilangkan lendir, termasuk untuk mengobati penyakit ngorok pada Ayam Bangkok.

Cara membuatnya:

• Siapkan 5 lembar daun sirih, lebih bagus lagi jika menggunakan daun sirih merah lalu direbus dengan 1 gelas air bersih.

• Air rebusan daun sirih tersebut kemudian disaring dan campurkan dengan air perasan dari 1 butir jeruk nipis.

• Tunggu sampai ramuan tersebut menjadi hangat baru kemudian diminumkan pada Ayam Bangkok yang ngorok 2x sehari setiap pagi dan sore.

2. Bawang putih

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit pada Manusia dan juga pada hewan, termasuk untuk mengobati ayam ngorok.

Cara membuatnya:

• Parut bawang putih sampai halus, kemudian diperas untuk diambil sarinya.

• Air perasan bawang putih tersebut kemudian diminumkan pada Ayam Bangkok yang menderita sakit ngorok.

• Selain berkhasiat untuk mengobati penyakit ngorok, sari bawang putih juga dipercaya dapat mengobati cacingan dan juga untuk meningkatkan nafsu makan Ayam Bangkok aduan.

Baca juga: Cara memulihkan mental Ayam Bangkok yang down karena kalah tarung

3. Getehan

Para penghobi ayam aduan juga sering menggunakan tanaman getehan untuk mengobati masalah ngorok pada ayam jagoannya.

Tanaman getehan adalah sejenis tanaman perdu yang banyak tumbuh di semak belukar dengan buah berwarna merah dan berdaun lebar.

Tanaman ini memang sangat ampuh untuk mengobati penyakit ngorok pada Ayam Bangkok. Misalkan buah dari tanaman getehan diberikan pada Ayam Bangkok pada sore hari maka pada pagi harinya Ayam Bangkok akan sebuh dari ngorok. Tapi sayangnya tanaman ini cukup sulit ditemukan.

Bagian tanaman getehan yang berkhasiat sebagai obat ngorok adalah buahnya yang sudah matang (berwarna merah darah).

Cara membuatnya:

• Siapkan beberapa butir buah getehan yang sudah matang kemudian ditumbuk sampai halus.

• Setalah ditumbuk sampai menjadi halus, kemudian diperas dan diambil sarinya.

• Minumkan sari dari buah getehan tersebut pada Ayam Bangkok yang sakit ngorok.

• Jika belum sembuh, ulangi pemberian ramuan ini sehari sekali pada malam hari.

4. Jahe, kunyit dan kencur

Cara membuatnya:

• Siapkan jahe 1/2 ruas, kencur 1 ruas dan kunyit 1 ruas.

• Kemudian ketiga bahan tersebut ditumbuk sampai halus.

• Kemudian lolohkan ramuan tersebut pada Ayam Bangkok yang sakit ngorok dan jangan diberikan air minum dulu selama beberapa saat.

Baca juga: Cara mudah mengobati Ayam Bangkok pilek

Demikian sedikit informasi tentang sara mengobati Ayam Bangkok ngorok dengan bahan-bahan alami yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Ayam Bangkok dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara ampuh mengobati Ayam Bangkok ngorok dengan bahan-bahan alami"