Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Manfaat dan cara pemberian pupus daun pisang untuk ayam aduan

gambar pupus daun pissang dan ayam aduan
Manfaat pupus daun pisang untuk menambah stamina ayam aduan

OKB – Bagi orang-orang yang tinggal didesa tentunya sering melihat ayam kampung yang memakan daun pisang. Ketika ada pohon pisang yang roboh pasti banyak ayam kampung yang akan memakan daunnya terutama pupus daunnya. Ayam kampung juga sering memakan pupus daun pohon pisang yang masih kecil jika tidak diberi pelindung.

Jika melihat kegemaran ayam kampung memakan pupus daun pisang tentunya secara naluri seekor ayam tau manfaatnya bagi mereka, karena pupus daun pisang memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh ayam, seperti untuk menjaga daya tahan tubuh, menambah stamina dan melancarkan proses pencernaan.

Baca juga: Beberapa manfaat jangkrik untuk ayam aduan

Dan ternyata pupus daun pisang juga sudah lama dimanfaatkan oleh para pemain ayam aduan sebagai pakan tambahan, terutama saat ayam bertanding. Dari pengalaman para pemain ayam aduan memang sudah banyak yang membuktikan manfaat pupus daun pisang untuk ayam aduannya.

Jika kita perhatikan saat di arena pertandingan ayam aduan seringkali ada pemilik ayam yang memberikan irisan pupus daun pisang pada ayamnya ketika sedang istirahat dari pertandingan. Hal itu dilakukan bukan tanpa alasan karena menurut para botoh ayam aduan ternyata pupus daun pisang berkhasiat untuk menambah stamina ayam aduan, sehingga ayam bisa bertanding sampai beberapa ronde tanpa kendor. Selain itu, pukulannya juga menjadi lebih bertenaga.

Tapi banyak juga para pemain ayam aduan yang menganggap jika pemberian pupus daun pisang bisa menambah stamina ayam aduan hanyalan mitos belaka, meskipun pada kenyataannya sudah banyak para botoh yang membuktikan khasiatnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pemberian pupus daun pisang juga harus disesuaikan dengan kebutuhan ayam karena jika berlebihan juga tidak akan bagus. Pupus daun pisang bisa diberikan pada ayam aduan 2 kali dalam periode 5 pertandingan.

Waktu yang paling baik untuk memberikan pupus daun pisang pada ayam aduan adalah pada saat jeda pertama dan jeda ketiga dalam 5 ronde pertarungan sabung ayam. Berikan maksimal 2 potongan pupus daun pisang saat jeda tarung tersebut karena khasiatnya akan sangat cepat untuk mengembalikan dan meningkatkan tenaga ayam aduan. Dengan begitu maka stamina ayam akan tetap prima dan pukulan-pukulannya lebih bertenaga.

Cara pemberiannya, pupus gedang/pucuk daun pisang yang masih muda agak dilumatkan terlebih dulu agar lebih mudah dicerna, kemudian dilolohkan pada ayam aduan sebagai doping alami. Meskipun cara ini sangat sederhana dan tanpa modal tapi hasilnya ayam aduan menjadi lebih bertenaga dan nafasnya jadi panjang, bahkan mampu bertanding sampai 5 ronde tanpa kendor.

Baca juga:

10 jenis katuranggan ayam bangkok aduan yang paling ganas

Resep rahasia para botoh sabung ayam

Demikian informasi tentang beberapa manfaat dan cara pemberian pupus daun pisang untuk memulihkan stamina ayam aduan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam aduan, dapat dibaca pada aertikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Manfaat dan cara pemberian pupus daun pisang untuk ayam aduan"