Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Pengganti susu untuk anak kambing yang baru lahir

gambar kambing menyusui anak kambing
Anak kambing disusui induknya

OKB - Kadang-kadang anak kambing yang baru lahir harus diberikan susu pengganti karena beberapa alasan, mulai dari induk kambing mati, air susu induknya tidak keluar atau induk kambing tidak mau menyusui anaknya.

Pemberian susu pengganti untuk anak kambing yang baru lahir tidak boleh sembarangan. Susu yang diberikan harus dalam kondisi yang bersih dan steril karena anak kambing yang baru lahir rentan terkena diare.

Sebaiknya susu pengganti diberikan sedikit-sedikit tapi sering. Jangan memberikan susu pengganti terlalu banyak dalam sekali pemberian dan jangan menggunakan susu formula untuk bayi sebagai susu pengganti untuk anak kambing yang baru lahir karena komposisi susu formula bayi dibuat untuk memenuhi standar kebutuhan Manusia sehingga kurang cocok untuk anak kambing.

Jika diberikan susu formula bayi, maka resikonya anak kambing akan mengalami gangguan kesehatan. Resiko yang paling sering terjadi ketika anak kambing diberi susu formula bayi adalah diare.

Berikut ini beberapa susu pengganti yang cocok untuk anak kambing yang baru lahir:

• Susu induk kambing lain

Susu pengganti terbaik untuk anak kambing yang baru lahir adalah susu induk kambing lain. Jika ada induk kambing lain yang baru melahirkan, anak kambing yang tidak disususi induknya bisa di susukan pada induk kambing tersebut.

Tapi ketika anak kambing disusukan langsung pada induk kambing lain, sebaiknya tetap di awasi untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Susu dari induk kambing lain bisa juga diambil dengan cara diperah kemudian diberikan pada anak kambing menggunakan dot, tapi harus tetap memperhatikan kebutuhan anak asli dari induk kambing tersebut.

• Susu sapi segar

Jika tidak ada induk kambing lain yang sedang menyusui, kita bisa memberikan susu pengganti untuk anak kambing yang baru lahir menggunakan susu sapi segar yang baru saja diperah. Hal ini untuk menghindari kontaminasi bakteri, mengingat susu merupakan produk peternakan yang sangat mudah terkontaminasi.

Cara memberikan susu sapi untuk anak kambing yaitu dengan menggunakan dot. Akan tetapi susu sapi memiliki kualitas yang berbeda dengan susu kambing. Jadi pada awal-awal pemberiannya harus diperhatikan apakah anak kambing mengalami gejala diare.

• Milk Replacer

Milk Replacer adalah susu pengganti yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak kambing. Tapi yang banyak beredar dipasaran adalah Calf Milk Replacer (CMR) atau susu pengganti untuk anak sapi, sedangkan susu pengganti untuk anak kambing belum banyak tersedia dipasaran.

Milk Replacer adalah susu formula yang dibuat khusus, sehingga kandungan nutrisinya cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak kambing. Jika menggunakan CMR, terkadang anak kambing akan mengalami diare.

• Susu jolong

Susu jolong adalah susu formula yang bisa kita buat sendiri dari campuran susu sapi, minyak ikan, telur ayam kampung, madu atau gula pasir.

Cara pembuatannya juga cukup mudah, yaitu dengan menggunakan bahan dasar susu sapi sebanyak 0,25 - 0,5 liter, kemudian ditambah satu sendok minyak ikan, satu butir telur ayam kampung dan setengah sendok madu atau gula pasir. Semua bahan tersebut di aduk agar tercampur rata lalu bisa langsung diberikan untuk anak kambing.

Susu jolong sebaiknya dibuat untuk sekali pemberian saja karena campuran susu ini mudah terkontaminasi bakteri.

Baca juga:




Demikian informasi tentang pengganti susu untuk anak kambing yang baru lahir. Untuk informasi lain seputar hewan ternak, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Pengganti susu untuk anak kambing yang baru lahir"