Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara mudah dan murah beternak lele dumbo agar cepat besar

(Ilustrasi Budidaya Ikan Lele Dumbo)

Beternak lele dumbo merupakan salah satu jenis usaha yang cukup menguntungkan karena ikan ini mudah dipelihara dan cepat besar asalkan dipelihara dengan benar dan diberikan pakan yang cukup.

Budidaya ikan lele dumbo dapat dilakukan di kolam tanah, kolam terpal, atau kolam tembok. Jika menggunakan kolam tanah, kita bisa membuat kolam dengan ukuran 7 x 5 meter dan kedalaman sekitar 1 meter.

Setelah kolam selesai dibuat, terlebih dulu kolam dikeringkan selama 3 hari dan pada hari keempat taburkan kapur sebanyak 100 gram/meter persegi, pupuk kandang sebanyak 700 gram/meter persegi kemudian biarkan dulu selama 3 hari tanpa air.

Jika menggunakan kolam terpal, ada 2 cara untuk membuat kolam terpal yaitu dengan membuat galian tanah terlebih dahulu kemudian dilapisi terpal dan kolam terpal dengan menggunakan rangka bambu atau kayu. Untuk 100 ekor ikan lele dumbo bisa menggunakan kolam terpal dengan ukuran 2 x 1 x 1 meter.

Berikut ini tahapan-tahapan untuk beternak lele dumbo:

• Penebaran bibit ikan lele dumbo


Setelah kolam selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menebarkan bibit. Pilihlah bibit lele dumbo yang berumur sekitar 1 bulan atau yang memiliki ukuran sekitar 5 - 10 cm. Penebaran bibit sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

• Pemberian pakan

Bibit lele dumbo akan mendapat makanan alami yang terdapat dikolam seperti hytoplankton dan zooplankton, tapi sebaiknya berikan juga pakan tambahan berupa bangkai ayam yang sudah dibakar atau sisa-sisa makanan yang dibuat adonan dan disebarkan ke dalam kolam. Selain itu bisa juga ditambahkan tepung pelet sebanyak 0,75 gram/1000 ekor bibit.

Lele dumbo umur 1 bulan memerlukan pakan khusus karena kebutuhan proteinnya sangat tinggi. Pemberian pakan organik dan pakan alami bisa mengurangi biaya untuk pembelian pakan.


Jenis pakan untuk lele dumbo perlu diperhatikan dengan baik agar efisien karena biaya untuk pembelian pakan bisa menghabiskan 70% - 80% dari biaya keseluruhan dalam ternak lele dumbo, belum lagi biaya-biaya yang tidak terduga
Lele dumbo bisa diberikan pakan tambahan berupa kangkung, daun papaya, daun lamtoro, dan daun turi. Pakan tersebut sebaiknya diberikan sedikit-sedikit saja tapi rutin setiap hari karena pakan alami tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan lele dumbo terhadap serangan berbagai jenis penyakit.

Jenis pakan untuk lele dumbo yang masih kecil tidak sama dengan pakan lele dumbo yang sudah lebih besar. Bibit ikan lele dumbo umur 1 - 4 hari jangan langsung diberi pakan dan baru diberi pakan setelah umur 5 - 15 hari dengan cacing sutra 2x sehari. Bibit ikan lele umur 16 - 25 hari diberi pakan serbuk pelet.

Setelah bibit ikan lele dumbo berusia satu bulan, perlu diberikan jenis pakan bernutrisi tinggi untuk mamacu pertumbuhannya.

Kriteria pakan untuk lele dumbo yang baik harus memenuhi setidaknya 25 - 35% protein, 4 - 18% lemak dan 10 - 20% karbohidrat. Jika lele dumbo kekurangan protein, maka pertumbuhannya akan menjadi lambat.

Oleh karena itu, lele dumbo harus diberikan asupan protein sesuai kebutuhannya yaitu sekita 38 - 42%. Dengan jumlah protein tersebut pertumbuhan lele dumbo bisa menjadi lebih cepat.

Untuk menekan biaya pakan, kita bisa memberikan pakan alternatif yang banyak tersedia disekitar lingkungan kita seperti:

• Keong mas

Keong mas adalah hama padi dan musuh para petani, tapi keong mas memiliki kandungan protein yang tinggi dan jika dijadikan pakan untuk lele dumbo bisa memacu pertumbuhannya menjadi lebih cepat besar.

• Ikan rucah

Ikan-ikan kecil atau ikan rucah adalah ikan yang tidak layak konsumsi yang biasanya dijual murah di tempat pelelangan ikan (TPI). Ikan rucah memiliki keunggulan tidak banyak duri dan tulang sehingga tidak memerlukan pengolahan lagi dan bisa langsung diberikan sebagai pakan alternatif untuk lele dumbo.

• Bekicot

Bekicot banyak terdapat dikebun-kebun dan di anggap sebagai hama karena suka memakan dedaunan dan buah-buahan. Bekicot memiliki kandungan protein dan nutrisi nya cukup lengkap sehingga sangat bagus sebagai pakan alternatif lele dumbo untuk membantu mempercepat pertumbuhannya.

• Cacing tanah

Cacing tanah memiliki kadar protein yang tinggi yaitu sekitar 76% sehingga sangat bagus digunakan sebagai pakan alternatif untuk lele dumbo.

• Cacing sutra

Cacing sutra memiliki kandungan protein tinggi dan teksturnya juga lembut sehingga sangat cocok sebagai pakan untuk bibit ikan lele. Kekurangannya, cacing ini dapat membuat air kolam kotor, jadi sebelum diberikan harus dibersihkan terlebih dulu agar bakteri dan patogen hilang.

• Jeroan ikan

Jeroan ikan mengandung nutrisi yang tinggi, sekitar 50 - 63% dan bisa diberikan sebagai pakan alternatif untuk lele dumbo. Jeroan ikan bisa diperoleh di pabrik-pabrik pengolahan ikan.

• Ampas tahu

Ampas tahu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan bisa dijadikan sebagai pakan alternatif untuk lele dumbo. Tapi sebelum diberikan pada lele dumbo sebaiknya difermentasi dulu.

• Limbah ternak ayam

Kita bisa melihara ayam dengan kandang panggung dan dibawahnya dibuat kolam lele sehingga limbah dan sisa-sisa pakan yang jatuh bisa dimakan oleh ikan lele. Selain itu, jika ada ayam yang mati bisa dibakar dan diberikan pada ikan lele.

Dengan cara ini kita bisa mendapatkan keuntungan ganda, yaitu bisa panen ayam dan panen lele dumbo tanpa membeli pakan.

• Penanganan penyakit

Penyakit yang sering menyerang lele dumbo antara lain Ichthyopthirius multifiliis atau timbulnya bintik-bintik putih pada kulit ikan lele.

Penyakit ini dapat dicegah dengan melakukan persiapan kolam budidaya yang baik, terutama pada saat pengeringan dan juga pengapuran.

Jika lele dumbo terserang penyakit ini, cara mengobatinya dapat dilakukan dengan menebarkan garam dapur sebanyak 200 gram/meter kubik kolam selama 10 hari berturut-turut.

• Masa panen


Lele dumbo dapat dipanen setelah berumur sekitar 3 bulan terhitung mulai dari waktu penebaran bibit. Pada usia tersebut, lele dumbo akan mencapai bobot sekitar 200 - 300 gram dari ukuran bibit waktu ditebar sekitar 10 gram.

Baca juga:




Demikian informasi tentang cara mudah dan murah beternak lele dumbo agar cepat besar. Untuk informasi lain seputar ikan konsumsi, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mudah dan murah beternak lele dumbo agar cepat besar"