Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara merawat kesehatan dan keindahan bulu Kucing Persia

Kucing Persia merupakan salah satu jenis kucing peliharaan yang memiliki bulu-bulu panjang dan indah pada seluruh bagian tubuhnya. Tapi jika bulu kucing persia yang panjang dan indah tersebut tidak dirawat dengan baik, maka akan menjadi kusut dan tidak menarik lagi.

Selain bulu, kucing persia juga memerlukan perawatan khusus lainnta agar selalu bersih dan sehat.

Berikut ini adalah perawatan harian untuk kucing persia agar selalu sehat dan memiliki penampilan yang indah:

• Membersihkan kandang kucing persia

Kandang kucing persia harus selalu dalam kondisi bersih karena salah satu sumber penyakit yang sering menyerang kucing persia berasal dari kandang kucing itu sendiri. Oleh karena itu, kandang harus rutin dibersihkan.

Jika kita memiliki cukup waktu luang, sebaiknya kandang juga dicuci seminggu sekali. Selain itu, kita juga perlu membersihkan selimut atau kain yang digunakan sebagai alas tidur kucing agar bekas bulu-bulu yang rontok hilang.

Tapi yang terpenting ketika membersihkan kandang kucing persia adalah membersihkan tempat kucing buang kotoran dan juga pasirnya. Karena jika tempat buang kotoran dan pasirnya didiamkan saja, maka akan mengeluarkan bau tidak sedap.

Setelah dibersihkan, tempat buang kotoran tersebut kemudian dijemur dibawah sinar matahari. Pasirnya juga harus dibersihkan dengan cara menyiramkan air pada pasir secara berulang-ulang sampai pasir benar-benar bersih dari kotoran kucing. Setelah dibersihkan, pasir juga harus dikeringkan terlebih dulu sebelum digunakan kembali.

• Membersihkan bulu-bulu kucing persia

Bagian utama yang menjadi daya tarik dari kucing persia adalah bulu-bulunya yang halus dan panjang. Oleh karena itu, kita harus rutin menyisir bulu kucing persia agar tetap halus dan tidak kusut. Kita juga perlu membuat jadwal untuk memandikan kucing persia dengan shampo, minimal seminggu dua kali untuk memandikannya agar bulu-bulu kucing persia tetap sehat, halus, lembut dan wangi.

• Membersihkan telinga, mata, gigi, dan kuku kucing persia

Beberapa bagian tubuh kucing persia juga harus rutin dibersihkan, yaitu bagian telinga, mata, gigi, dan kuku. Telinga kucing persia rentan terserang penyakit earmite, oleh karena itu perlu dibersihkan secara teratur.

Untuk membersihkan mata kucing persia, kita bisa menggunakan tisu basah yang lembut agar kucing merasa nyaman ketika matanya dibersihkan. Hal ini bertujuan agar mata kucing tidak terkena iritasi mata yang bisa menimbulkan belek.

Gigi kucing persia juga perlu dibersihkan, karena jika tidak dibersihkan maka sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi kucing bisa menyebabkan karang gigi dan masalah pada gusi.

Kuku kucing persia perlu juga untuk dibersihkan katena jika tidak, maka kuku-kukunya akan menjadi runcing dan tajam. Oleh karena itu, kita perlu memotong kuku kucing minimal dua minggu sekali.

• Makanan dan minuman untuk kucing persia

Pemberian makanan dan minuman untuk kucing persia harus diperhatikan untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, buatlah jadwal waktu makan dan minum untuk kucing persia.

• Memandikan kucing persia

Kucing termasuk hewan yang takut dengan air, dan hal ini memang akan menyulitkan dalam memandikan kucing ini. Padahal mandi merupakan salah satu bagian dari perawatan kucing persia yang cukup penting untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulu-bulunya. Usahakan minimal dua kali dalam seminggu untuk memandikan kucing persia peliharaan kita.

• Mengajak kucing persia bermain

Kucing persia merupakan tipe kucing yang malas untuk bermain. Tapi kita harus tetap mengajaknya bermain/beraktivitas agar kesehatan kucing selalu terjaga. Ajaklah kucing persia peliharaan kita bermain di dalam rumah saja.

Meskipun kita sudah berusaha untuk menjaga kesehatan kucing persia peliharaan kita, mulai dari pemberian makanan yang bergizi, sampai membersihkan kotorannya, tapi kucing persia tetap perlu untuk diperiksakan ke dokter hewan untuk mengecek kesehatannya minimal setahun sekali.

Baca juga:

Cara merawat Kucing Anggora yang benar

Panduan lengkap cara beternak burung puyuh petelur yang benar

Cara beternak jangkrik untuk pemula agar berhasil

Demikian informasi tentang "Cara merawat kesehatan dan keindahan bulu Kucing Persia". Untuk informasi lain seputar Kucing, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kucing Persia

Post a Comment for "Cara merawat kesehatan dan keindahan bulu Kucing Persia"