Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara merawat Kucing Anggora yang benar

Kucing anggora adalah salah satu binatang peliharaan yang memiliki banyak penggemar karena penampilannya yang lucu dan menggemaskan. Tapi untuk memeliharanya, butuh perawatan ekstra yang cukup menyita waktu.

Berikut ini beberapa tips perawatan Kucing Anggora:

• Pakan dan air minum

Hal utama yang harus diperhatikan dalam merawat Kucing Anggora adalah makanan dan minumannya. Ada banyak sekali produk makanan untuk Kucing dengan berbagai merk. Oleh karena itu, kita harus menyeleksi produk pakan Kucing mana yang baik untuk Kucing peliharaan kita.

Tidak semua produk makanan Kucing yang ada dipasaran baik dan cocok untuk Kucing Anggora karena biasanya, produk makanan Kucing kalengan (makanan basah) kurang baik untuk kesehatan Kucing.

Makanan kalengan tersebut dapat berpengaruh pada keindahan bulu dan juga umur Kucing Anggora. Kita tentu tidak ingin Kucing Anggora kesayangan kita bulunya rusak, tidak sehat dan tidak berumur panjang. Oleh karena itulah sebaiknya berikan makanan kering saja.

Untuk minumannya bisa diberikan air yang sudah matang. Sesekali bisa juga diberikan susu tapi jangan terlalu sering karena tidak bagus untuk kesehatan Kucing. Tapi ingat, jangan berikan susu untuk Manusia karena mengandung lactobacilus yang dapat menyebabkan Kucing mencret. Sebaiknya berikan susu khusus untuk Kucing, misalnya saja royal canin.

• Kebersihan kandang

Kandang untuk Kucing Anggora harus selalu dalam kondisi bersih agar Kucing terhindar dari berbagai macam penyakit. Bersihkan kandang Kucing seminggu sekali menggunakan desinfektan untuk membunuh virus dan bakteri yang ada didalam kandang.

Selain itu, tempat dan pasir yang digunakan untuk membuang kotoran Kucing juga harus dibersihkan setiap hari agar tidak bau. Kotoran yang menumpuk dan tidak dibuang juga dapat menimbulkan berbagai penyakit pada Kucing Anggora.

• Memandikan Kucing Anggora

Untuk menjaga penampilan Kucing Anggora, kita harus meluangkan waktu untuk merawat, membersihkan dan memandikannya.

Bulu Kucing Anggora harus disisir setiap hari untuk meluruskan dan mengambil bulu-bulu yang sudah mati. Karena jika bulu yang sudah mati tidak diambil, maka bulu tersebut akan kusut dan menjadi gimbal. Selain itu, bulu yang sudah mati juga dapat menyebabkan hairball (gumpalan bulu) yang bisa masuk ke dalam saluran pencernaan Kucing saat menjilati badannya. Bulu-bulu yang sudah mati tersebut bisa masuk ke dalam mulut Kucing dan tertelan.

Selain menyisir bulu-bulunya, kita juga perlu memandikan Kucing Anggora minimal dua minggu sekali. Tapi jika kita memiliki banyak waktu luang, sebaiknya Kucing Anggora dimandikan seminggu sekali. Sebelum memandikan Kucing, perhatikan dulu kondisi kesehatan Kucing dan juga kondisi cuaca agar Kucing tidak kedinginan.

• Pemberian vaksin

Untuk menjaga kesehatannya, Kucing Anggora juga perlu diberikan vaksin agar daya tahan tubuhnya tetap kuat. Biasanya, Kucing Anggora pertama kali diberikan vaksin pada umur sekitar 8-9 minggu. Tapi sebelum diberikan vaksin kita perlu memperhatikan kesehatan Kucing. Jika kondisi Kucing sedang kurang sehat maka pemberian vaksinasi bisa ditunda sampai kondisinya benar-benar sehat.

Vaksin yang perlu diberikan kepada Kucing Anggora antara lain: Vaksin herpes, Vaksin leukemia, dan Vaksin rabies.

Jika Kucing Anggora tidak diberikan vaksin, maka daya tahan tubuhnya kemungkinan besar akan nenjadi lemah sehingga lebih mudah terserang virus yang bisa menyebabkn Kucing sakit, bahkan bisa mati.

Yang lebih membahayakan adalah jika Kucing terkena virus rabies yang dapat menular kepada Manusia.

Baca juga:

Panduan lengkap cara beternak burung puyuh petelur yang benar

Panduan lengkap beternak kelinci pedaging

Tips perawatan Ayam Bangkok untuk pemula

Demikian sedikit informasi tentang "Cara merawat Kucing Anggora  yang benar". Untuk informasi lain seputar Kucing, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kucing Anggora

Post a Comment for "Cara merawat Kucing Anggora yang benar"