Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri Perkutut putih yang asli dan mitosnya

gambar perkutut putih asli
Perkutut Putih Lurik Ternak

OKB - Burung Perkutut putih banyak dicari karena dipercaya memiliki tuah atau kekuatan ghaib yang dapat membawa pengaruh baik pada kehidupan pemiliknya.

Burung Perkutut putih lokal alam adalah salah satu Burung Perkutut katuranggan yang paling banyak dicari karena burung ini di anggap sebagai pusaka yang memiliki tuah ampuh untuk mencapai tujuan tertentu.

Perkutut putih diyakini memiliki tuah ghaib yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu, terutama yang berkaitan dengan derajat, pangkat atau jabatan.

Berbicara tentang Perkutut lokal pasti akan selalu dikaitkan dengan mitos tentang hal-hal mistis yang menyertainya dan hal itu sudah menjadi cerita turun-temutun sejak jaman dahulu.

Perkutut putih lokal alam dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan derajat kehidupan pemiliknya, mendatangkan keberuntungan, keberkahan hidup, ketentraman, dan juga sebagai sarana tolak bala bagi pemiliknya.

Tapi perlu diketahui, bahwa Perkutut putih yang memiliki kekuatan ghaib adalah Perkutut jenis lokal asli yang berasal dari alam bebas (Perkutut liar), bukan Perkutut putih yang dihasilkan dari peternakan yang biasanya adalah hasil persilangan.

Perkutut putih lokal alam (liar) sangat langka dan sulit sekali bisa dijumpai karena biasanya Perkutut yang disebut sebagai "Mustikaning Manuk" itu jarang sekali berkeliaran seperti Perkutut lain pada umumnya.

Perkutut putih lebih suka berdiam diri tempat-tempat keramat seperti makam-makam keramat, petilasan keramat, dan tempat-tempat angker yang tidak pernah dijamah Manusia.

Kemunculan Perkutut putih juga hanya pada waktu-waktu tertentu saja dan hanya orang yang beruntung saja yang dapat melihatnya.

Perkutut putih tidak bisa ditangkap atau dipikat dengan mudah oleh tukang pikat handal sekalipun karena sejatinya Perkutut tersebut bisa hidup di dua alam, yaitu alam ghaib dan alam nyata. Bahkan seringkali Perkutut putih merupakan peliharaan mahluk ghaib.

Ciri-ciri Perkutut putih yang asli:

• Matanya berwarna merah, tidak berkedip ketika di sorot dengan sinar, dan tembus dari mata sebelah kiri sampai mata sebelah kanan.

• Paruh dan Kakinya berwarna putih bersih.

• Warna bulu putih bersih seperti kapas, tapi terkadang juga terdapat sedikit lurik tipis.

• Perkutut putih yang paling bagus dan di anggap sebagai Rajanya Perkutut adalah Perkutut putih lokal alam yang memiliki jambul pada bagian atas kepalanya seperti mahkota.

Perkutut putih katuranggan bukanlah Perkutut biasa, tapi merupakan Pusaka yang tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang. Perkutut putih akan memilih sendiri siapa yang akan menjadi pemiliknya/tuannya yang biasanya adalah orang-orang pilihan.

Yoni Perkutut putih sangat kuat dan mampu menjunjung derajat pemiliknya. Perkutut ini tidak bisa dipaksa untuk dipelihara karena jika tidak cocok dengan orang yang merawatnya dapat mengakibatkan terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan.

Konon, walaupun dikurung didalam kandang, Perkutut putih yang beryoni bisa menghilang dari kandangnya secara misterius tanpa merusak kandang atau membuka pintu kandangnya jika sudah merasa tidak nyaman lagi dengan pemiliknya atau tidak ada kecocokan dengan pemiliknya.

Dari segi suara, Perkutut putih katuranggan biasanya memiliki suara yang kurang bagus, cenderung bersuara kecil dan cempreng. Dan untuk perawatannya sendiri sama dengan Perkutut-Perkutut lain pada umumnya.

Tapi biasanya kalaupun Perkutut putih katuranggan mau dipelihara oleh seseorang, biasanya akan meminta syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh orang yang berniat memeliharanya.

Sedangkan Perkutut putih yang banyak dijual dipasar burung merupakan Perkutut hasil persilangan, ada yang berwarna putih polos atau yang biasa disebut Perkutut putih kapas dan ada yang memiliki lurik atau disebut Perkurut putih lurik. Harga Perkutut putih kapas jauh lebih mahal dari Perkutut putih lurik.

Perkutut putih ternak sangat rawan mengalami kematian karena daya tahan tubuhnya tidak sekuat Perkutut lokal alam.

Oleh karena itu, jika berniat memelihara Perkutut putih ternak harus diberikan perawatan ekstra, dari mulai memberikan pakan yang berkualitas, menjaga kebersihan air minum, menjaga kebersihan kandang, melakukan penjemuran secara teratur dan pemberian vitamin agar burung bisa sehat dan bisa hidup lebih lama.

gambar peternakan perkutut putih
Perkutut Ternak

Tapi jika bicara mengenai tuah, Perkutut putih ternak sudah pasti tidak memiliki tuah apapun karena burung ini hanya merupakan burung hias saja. Perkutut jenis ini dihasilkan dipeternakan sehingga tidak memiliki kekuatan ghaib apapun karena tidak pernah menyerap energi dari alam.

Dipasaran ada juga Perkutut putih yang palsu, yaitu Perkutut biasa yang bulunya disemir menjadi putih. Ciri-cirinya: kaki, paruh dan matanya sama seperti Perkutut biasa dan lama-kelamaan warna bulu Perkutut putih semiran akan semakin kusam.

Ciri lainnya untuk mengenali Perkutut putih semiran, yaitu pada lidi bulunya tidak berwarna putih bersih, tapi berwarna kekuningan. Dan jika bulunya dicabut, maka bulu baru yang tumbuh warnanya tidak putih, tapi abu-abu seperti Perkutut biasa. Jadi sebaiknya perhatikan ciri-cirinya dengan teliti jika berniat membeli Perkutut putih.

Sumber: Harta Langit

Mitos & Tuah Ghaib Perkutut Putih Lokal Alam ( Mustikaning Manuk )

Baca juga:



 
Demikian informasi tentang ciri-ciri Perkutut putih yang asli dan mitosnya. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

1 comment for "Ciri-ciri Perkutut putih yang asli dan mitosnya"