Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara menangkarkan burung Nuri agar berhasil

(Burung Nuri Bayan jantan dan betina)

Burung Nuri banyak dipelihara sebagai burung hias karena memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang indah. Burung Nuri juga bisa dilatih menjadi jinak sehingga bisa di ajak bermain-main. Selain itu, burung Nuri juga bisa dilatih untuk menirukan beberapa kata asalkan dilatih dengan benar, rutin dan konsisten.

Burung Nuri termasuk satwa di lindungi karena populasinya di alam bebas sudah semakin langka, oleh karena itulah perlu dilakukan upaya penangkaran agar burung ini tidak punah.

Beternak burung Nuri bisa menjadi usaha yang menguntungkan karena peminat burung paruh bengkok ini semakin hari semakin bertambah, sedangkan stok dipasaran sangat terbatas karena selama ini masih mengandalkan dari hasil tangkapan hutan.

Untuk menangkarkan burung Nuri, kita perlu mengetahui tahapan-tahapannya agar bisa berproduksi dan menghasilkan anakan yang berkualitas.

Berikut ini tahapan-tahapan dalam beternak burung Nuri agar berhasil:

• Pemilihan indukan

Agar bisa menghasilkan anakan yang berkualitas, maka kita harus memilih indukan yang berkualitas. Calon indukan burung Nuri jantan dan betina harus sudah memenuhi syarat untuk dijodohkan.

Calon indukan burung Nuri jantan minimal harus sudah berumur 1 tahun, dan untuk calon indukan burung Nuri betina minimal harus sudah berumur 8 bulan.

Pastikan burung Nuri yang akan dijadikan sebagai indukan dalam kondisi sehat, memiliki postur tubuh proporsional, dan tidak memiliki cacat fisik.

• Persiapan kandang ternak


Siapkan kandang ternak tipe aviary dengan ukuran yang agak luas agar indukan burung Nuri bisa leluasa beraktivitas didalam kandangnya. Sediakan juga glodok didalam kandang ternak sebagai tempat sarang untuk bertelur.

Burung Nuri termasuk burung yang suka mandi, jadi sebaiknya sediakan juga kolam air didalam kandangnya agar burung bisa mandi sesukanya.

• Pemberian pakan

Pakan juga merupakan faktor yang cukup penting dalam beternak burung Nuri, karena pemberian jenis pakan yang berkualitas dapat menunjang keberhasilan dalam beternak burung ini. Untuk itu kita harus memberikan pakan yang sesuai dan memiliki kandungan nutrisi yang lengkap agar burung selalu sehat dan produktif.

Pakan yang bagus untuk diberikan pada indukan burung Nuri agar cepat produk antara lain: biji kwaci, biji jagung, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan berbagai jenis pakan biji-bijian seperti jenis pakan yang biasa diberikan pada burung Kenari dan Lovebird (LB). Berikan juga beberapa jenis vitamin burung untuk membantu meningkatkan birahinya.

• Proses perkawinan indukan burung Nuri

Di alam bebas, burung Nuri memiliki masa kawin dengan waktu yang berbeda-beda disetiap wilayah. Tapi ketika dipelihara didalam kandang, burung Nuri bisa melakukan perkawinan kapan saja saat kedua indukan dalam kondisi birahi.

Agar proses perkawinan bisa lebih cepat terjadi, sebaiknya pilihlah indukan yang sudah berjodoh, atau lebih bagus lagi yang sudah pernah produk karena tinggal meneruskan saja.

Burung Nuri termasuk jenis burung yang mudah mengalami stres sehingga kondisinya perlu selalu diperhatikan. Salah satu cara terbaik untuk menjaga agar burung Nuri tidak mudah stres yaitu dengan menyediakan batang kayu lunak untuk digigit dan dikunyah.

Letakkan kandang ternak di lokasi yang tenang dan tidak banyak gangguan, baik gangguan dari aktivitas Manusia maupun gangguan dari binatang predator.

Burung Nuri yang sudah melakukan perkawinan biasanya akan mulai bertelur sebanyak 2 - 3 butir. Kemudian telur-telur tersebut akan di erami oleh indukan burung Nuri betina selama kurang lebih 23 hari sampai menetas.

Selama masa pengeraman telur, biarkan indukan burung Nuri jantan tetap berada didalam kandang ternak untuk melolohkan makanan pada indukan betina.

Setelah telur-telurnya menetas, untuk sementara biarkan anakan/piyiknya dirawat oleh induknya sampai berumur 35 hari. Baru setelah itu bisa di ambil untuk dirawat sendiri agar indukannya bisa cepat bertelur lagi.


Baca juga:




Demikian sedikit informasi tentang cara menangkarkan burung Nuri agar berhasil. Untuk informasi lain seputar hewan ternak dan hewan peliharaan, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara menangkarkan burung Nuri agar berhasil"