Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara alami untuk mengobati kelinci mencret

(Ternak Kelinci)

Dalam memelihara kelinci memang memerlukan perhatian ekstra, dari mulai kebersihan kandang, pakan, aksesoris kandang, dan lingkungan merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan, apalagi jika kelinci yang kita pelihara dalam jumlah banyak, tentunya kebersihan kandang harus lebih dijaga karena jika kandang kelinci kotor, lembab, dan kurang terjaga kebersihannya akan membuat kelinci yang kita pelihara mudah terserang penyakit.

Salah satu penyakit yang sering di alami oleh kelinci adalah penyakit mencret. Sebenarnya mencret bukanlah penyakit, melainkan lebih pada gejala medis. Artinya kelinci yang mencret bisa disebabkan oleh beberapa penyakit.

Gejala mencret pada kelinci mayoritas disebabkan oleh bakteri yang mengganggu sistem pencernaan kelinci sehingga mengakibatkan mencret.

Bakteri ini bisa masuk dari berbagai media, mulai dari pakan yang tidak steril, kandang yang kotor, air minum yang sudah terjangkit bakteri, atau bahkan tertular dari kelinci lain yang terkena penyakit tersebut.

Selain karena bakteri, mencret pada kelinci juga bisa disebabkan oleh faktor pakan yang tidak cocok atau kurang bersih. Oleh karena itu, dalam beternak kelinci usahakan untuk mencari tahu terlebih dulu tentang pakan kelinci yang baik sesuai anjuran, tidak hanya memberikan pakan basah atau kangkung saja.

Kelinci yang sedang mengalami mencret biasanya akan terlihat lemas, sering selonjoran, dan matanya tampak sayu. Untuk infeksi yang sudah parah biasanya kelinci akan kehilangan nafsu makan, kotorannya terlalu lembek bahkan berbentuk cair sehingga sampai mengotori bulu-bulu tubuhnya.

Jika kelinci mengalami gelaja mencret sebaiknya segera di atasi karena jika dibiarkan akan semakin bertambah parah dan bisa menyebabkan kematian.
(Mencret bisa mengakibatkan kematian kelinci)

Berikut ini beberapa cara alami untuk mengobati kelinci mencret:

• Berikan daun pisang yang sudah dilayukan tp yang masih berwarna hijau sebagai pakan untuk kelinci yang mencret.

• Berikan perasan air kunyit ditambah madu murni atau gula merah kemudian spetkan pada kelinci.

• Berikan Campuran jus pupus daun jambu biji dan daun pepaya muda dicampur madu murni satu sendok makan. Berikan sehari dua kali dengan di spetkan pada kelinci menggunakan suntikan tanpa jarum.
(Jus daun jambu biji dan daun pepaya)

Caranya membuatnya:

Siapkan daun jambu biji muda 7 lembar dan daun pepaya muda 3 lembar, tambahkan sedikit air agar lebih mudah diblender. Setelah halus kemudian saring airnya, dan buang ampas serta busanya.

• Ambil sejimpit kopi bubuk+satu sendok makan madu murni atau bisa juga menggunakan arang bubuk sejimpit+satu sendok makan madu murni kaemudian di spetkan ke mulut kelinci menggunakan suntikan tanpa jarum.

Pilihlah salah satu pengobatan diatas untuk mengobati kelinci yang mengalami gejala mencret.

Kurangi pakan basah yang mengandung banyak gas seperti sawi, kangkung dan sayur-sayuran lainnya. Sebaiknya kelinci yang mengalami gejala mencret diberikan pakan berupa rumput kering dan daun pisang yang sudah dilayukan.

Baca juga:




Demikian informasi tentang cara alami untuk mengobati kelinci mencret. Untuk informasi lain seputar Kelinci, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara alami untuk mengobati kelinci mencret"