Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Jenis-jenis Kelinci Anggora yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan

Selain kucing dan anjing, kelinci anggora juga banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Tapi sayangnya kebanyakan orang beranggapan jika perawatan kelinci anggora itu susah sehingga kelinci anggora kurang begitu diminati sebagai hewan peliharaan dirumah. Padahal jika kita sudah menyukainya, maka untuk merawatnya sebetulnya tidak sulit, tapi justru menyenangkan.

Pada dasarnya cara memelihara kelinci ras ini sama dengan merawat kelinci ras yang lain. Hal yang membedakan hanyalah perawatan ekstra pada bulunnya yang tebal.

Ada banyak jenis dari kelinci anggora yang bisa kita jadikan hewan peliharaan dirumah, antara lain:

• Kelinci Anggora Inggris

Jenis kelinci anggora inggris cukup populer di kalangan para pecinta hewan, karena termasuk kelinci yang mudah jinak dan bisa diajak bermain.

Ciri-ciri dari kelinci angora inggris yaitu memeiliki bulu paling tebal dan paling panjang di antara jenis kelinci anggora lainnya. Bahkan, saking tebal dan panjangnya sampai menutupi bagian mata dan mulutnya.

Ciri khas lain dari kelinci anggora inggris yaitu memeiliki telinga yang tegak berdiri seperti telinga anjing.

Bobot tubuh kelinci anggora inggris bisa mencapai 4-5 kg untuk kelinci dewasa.

• Kelinci Anggora Perancis

Berbeda dengan kelinci anggora inggris, bulu-bulu kelinci anggora perancis tidak sampai menutupi bagian mukanya. Ciri lain dari kelinci anggora perancis jenis, yaitu telinganya juga tidak ditumbuhi rambut.

Bobot tubuhnya antara 3-5 kg untuk kelinci dewasa.

• Kelinci Anggora Giant

Sesuai dengan namanya "giant" yang berarti besar, kelinci ini memiliki ukuran badan yang cukup besar. Beratnya bisa mencapai 6 kg untuk kelinci dewasa.

Di beberapa negara, kelinci anggora giant merupakan hewan ternak, bulunya yang tebal dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk produk-produk fashion, sedangkan dagingnya untuk dikonsumsi.

• Kelinci Anggora Jerman

Sama seperti kelinci anggora jenis lainnya, kelinci angora jerman memiliki bulu yang panjang dan tebal. Bedanya, bulu-bulu kelinci anggora jerman keriting dan tampak kusut. Tapi walaupun tampak keriting dan kusut, bulu-bulunya sangat halus.

Hal itulah yang menjadi kelebihan dan daya tarik dari kelinci anggora jerman sehingga banyak pecinta hewan yang menyukai kelinci jenis ini untuk dijadikan hewan peliharaan.

Bobot tubuh kelinci angora jerman cukup ringan yaiut sekitar 2-3 kg.

Baca juga:

Cara menjinakkan Ayam Hutan yang terlalu liar

Cara merawat kesehatan dan keindahan bulu Kucing Persia

Cara merawat Kucing Anggora  yang benar

Demikian sedikit informasi tentang "Jenis-jenis Kelinci Anggora yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan". Untuk informasi lain seputar Kelinci, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

1.Anggora Inggris, 2.Anggora Perancis, 3.Anggora Jerman, 4.Anggora Giant

Post a Comment for "Jenis-jenis Kelinci Anggora yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan"