Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Arwana Super Red, ikan pembawa hoki

Bagi sebagian orang, alasan memelihara ikan Arwana Super Red tentu karena keindahannya. Bentuk tubuhnya yang anggun dan sisiknya yang menyala menjadikan penampilan ikan Arwana Super Red tampak begitu mewah. Maka tidak heran jika banyak yang menyukai ikan ini.

Tapi selain karena keindahannya, ikan Arwana Super Red juga dipercaya dapat membawa keberuntungan/hoki bagi pemiliknya. Ikan ini di anggap sebagai lambang kemakmuran, bahkan sebagai penjaga keselamatan pemiliknya.

Menurut para penggemar ikan hias, ikan Arwana Super Red adalah ikan dengan kasta tertinggi, maka tidak heran jika banyak orang yang ingin memeliharanya karena percaya jika ikan ini dapat menaikkan wibawanya dimata masyarakat.

Para pejabat dan pengusaha juga banyak yang memelihara ikan Arwana Super Red karena meyakini jika ikan ini dapat mendatangkan keberuntungan.

Sering sekali kita jumpai di rumah para pengusaha besar, atau ditempat usahanya terdapat akuarium yang berisi ikan Arwana, karena mereka percaya jika ikan ini akan membawa keberuntungan atau hoki. Karena mitos itulah yang menjadikan harga ikan Arwana Super Red menjadi sangat tinggi.

Bukan hanya membawa keberuntungan dalam hal rejeki saja, ikan Arwana bahkan dipercaya dapat menukar nyawanya dengan nyawa pemiliknya ketika pemiliknya dalam bahaya.

Dalam tradisi masyarakat Asia Timur, terutama masyarakat China dan sekitarnya, ikan memang dijadikan sebagai lambang kemakmuran.

Dalam bahasa Mandarin, ikan dan surplus (bersisa) memiliki bunyi yang sama, yakni "YU". Oleh karena itulah pada setiap perayaan tahun baru Imlek, hidangan ikan menjadi salah satu menu utamanya. Hal itu juga mengandung makna dan harapan, bahwa setiap kali kita makan ikan pasti selalu tersisa tulang-tulang atau duri-durinya. Harapannya agar rezeki yang akan datang pada tahun baru ini juga akan bersisa.

Ikan Arwana Super Red berasal dari Indonesia tepatnya di kawasan Kalimantan, yaitu sungai Kapuas dan danau Sentarum. Ikan Arwana jenis ini dikenal memiliki berbagai ragam corak warna yaitu, merah darah, merah oranye, dan merah cabe.

Selain ikan Arwana Super Red, masih ada beberapa jenis ikan Arwana lainnya yang sering dipelihara sebagai ikan hias, di antaranya:

• Arwana Golden Cross Back

Ikan Arwana jenis ini berasal dari Malaysia, tepatnya didaerah Perak, Johor, Trengganu dan juga Bukit Merah. Dijuluki Arwana Cross Back karena sisik-sisiknya memiliki warna hitam dengan bentuk memutar hingga melalui punggungnya.

• Arwana Black

Ikan Arwana Black masih kerabat dengan ikan Arwana Silver. Ikan ini berwarna keperakan hampir diseluruh bagian tubuhnya kecuali bagian ekornya berwarna hitam. Ketika telah dewasa, lama-kelamaan warna hitam dibagian ekornya akan memudar.

• Arwana Jardini

Ikan Arwana Jardini berasal dari Australia, tapi belakangan ini juga banyak ditemukan didaerah Irian. Ada dua jenis ikan Arwana Jardini, yaitu jenis Scleropqges Leichharti yang berwarna cukup terang dan jenis Scleropqges Jardini yang berwarna agak gelap.

• Arwana Golden Red Tail

Ikan Arwana Golden Red Tail merupakan ikan asli dari Indonesia yaitu dari perairan Sumatera tepatnya daerah Pekan Baru. Ikan ini memiliki warna yang bermacam-macam seperti warna emas, biru dan hijau.

• Arwana African

Ikan Arwana jenis ini berasal dari benua Afrika. Ciri khas ikan Arwana African yaitu pada bagian kepalanya berbentuk bulat dan tubuhnya lonjong dengan warna perak.

• Arwana Green

Ikan Arwana Green atau sering dinamakan Arwana Pino oleh para penggemarnya ini memiliki warna dasar hijau. Ikan Arwana jenis ini dapat ditemui di wilayah Malaysia, Kamboja, Indonesia, Burma dan Thailand.

• Arwana Silver

Jenis ikan Arwana yang satu ini berasal dari Amerika selatan. Ikan ini memiliki bentuk tubuh dan sirip yang panjang berbeda dengan jenis ikan Arwana lainnya. Panjang tubuh ikan Arwana Silver dapat mencapai 50 sampai 60 cm.

Baca juga:

Tips perawatan ikan Arwana didalam aquarium

Cara merawat ikan mas koki agar tidak mudah mati

Tips perawatan ikan louhan yang benar

Demikian informasi tentang "Arwana Super Red, ikan pembawa hoki". Untuk informasi lain seputar ikan hias, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Ikan Arwana Super Red

Post a Comment for "Arwana Super Red, ikan pembawa hoki"