Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri fisik Murai Batu Medan dan bentuk pola ekornya

(Ilustrasi Murai Batu Medan)
Untuk membedakan Murai Batu (MB) Medan dengan Murai Batu dari wilayah Sumatera lainnya memang cukup sulit, apalagi sekarang ini sudah banyak keturunan Murai Batu hasil persilangan antara Murai Batu Medan dengan Murai Batu jenis lainnya tanpa memperhatikan silsilahnya.

Dari persilangan tersebut kemudian menghasilkan banyak Murai Batu (MB) Medan yang sudah tidak memiliki silsilah yang murni lagi. Alhasil sekarang ini tidak mudah untuk mendapatkan Murai Batu yang benar-benar keturunan murni dari Murai Batu Medan.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan Murai Batu (MB) Medan yang asli sebaiknya membelinya di penangkaran yang sudah terpercaya yang memiliki materi indukan dengan silsilah yang jelas.

Sebelum memutuskan untuk mencari Murai Batu (MB) Medan untuk dipelihara, sebaiknya kita mengetahui terlebih dulu ciri-ciri dasar dari Murai Batu Medan yang asli.

Berikut ini ciri-ciri Murai Batu (MB) Medan yang asli:

• Kepala

Murai Batu (MB) Medan rata-rata memiliki penampilan yang sangar dan terkesan bringas dengan bentuk kepala papak/ceper dan besar tapi proporsional karena ditunjang dengan leher yang jenjang dan besar. Tapi ada juga Murai Batu Medan yang memiliki bentuk kepala bulat.

Matanya juga tampak besar dan melotot dengan sorot yang tajam seolah mengintimidasi.

• Postur tubuh

Murai Batu (MB) Medan rata-rata memiliki postur tubuh yang besar dan panjang (proporsional) dengan dada bidang, sehingga terkesan kekar dan atletis. Postur tubuh Murai Batu Medan tampak lebih gagah jika dibandingkan dengan Murai Batu dari daerah lain.

Tapi sekarang ini justru banyak yang beranggapan jika Murai Batu (MB) Medan memiliki postur tubuh yang kecil. Anggapan itu sengaja dibentuk untuk kepentingan bisnis para pedagang Murai Batu import.

Murai Batu (MB) import yang memiliki penampilan fisik, karakter, dan pola ekor mirip dengan Murai Batu Medan sengaja diklaim oleh beberapa pedagang sebagai Murai Batu Medan untuk menarik minat pembeli.

• Ekor
Ilustrasi pola ekor Murai Batu Medan
Murai Batu (MB) Medan rata-rata memiliki ekor yang panjang dengan ukuran sekitar 19-25 cm dengan bulu tebal serta daun ekor lebar. Bentuk ekor umumnya melengkung tetapi ada juga yang lurus serta tidak begitu panjang.

Pola ekor Murai Batu (MB) Medan ada yang berbentuk W/V/U dengan lidi berwarna hitam dan putih menyesuaikan warna bulunya.

• Warna bulu

Warna bulu Murai Batu (MB) Medan dari mulai kepala, leher, sampai bagian punggungnya tampak hitam mengkilap kebiruan (nyamber lilin) jika terkena sinar Matahari. Sedangkan bulu dibagian dada sampai pada bagian perut berwarna coklat tua dan ada juga beberapa yang berwarna coklat terang.

• Warna kaki

Sebetulnya tidak ada ciri khusus pada warna kaki Murai Batu (MB) Medan karena ada yang kakinya berwarna merah muda, ada yang merah gelap, ada yang semu kehitaman dan yang paling jarang adalah yang memiliki warna kaki hitam pekat. Konon Murai Batu yang kakinya berwarna hitam memiliki mental fighter yang paling tangguh.

• Suara kicauan

Murai Batu (MB) Medan rata-rata memiliki vokal yang besar (ngebass) dengan volume yang keras tapi tetap enak didengar. Apalagi pada saat Murai Batu Medan mengeluarkan suara kicauan alamnya, seperti suara tembakan air terjun yang panjang dan terkesan bergulung (ngeroll), suaranya terdengar begitu khas dan merdu.

Kombinasi antara suara kicauan alam yang ngebass dengan suara-suara hutan yang nyaring dan melengking terdengar begitu merdu dan harmonis.

• Mental dan bentuk fisik

Penampilan fisik Murai Batu (MB) Medan yang gagah serta ditunjang dengan mental fighter yang tangguh dan agresif menjadikan Murai Batu Medan memang pantas menjadi primadona burung kicauan di Indonesia.

Ciri-ciri fisik dan karakter Murai Batu (MB) Medan di atas merupakan informasi yang bisa dijadikan sebagai referensi umum saja, dan tidak bisa dijadikan sebagai patokan mutlak karena Murai Batu Medan tidak selalu memiliki ciri-ciri yang sama persis seperti informasi yang telah disebutkan di atas.

Baca juga:




Demikian informasi tentang ciri-ciri fisik Murai Batu Medan dan bentuk pola ekornya. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri fisik Murai Batu Medan dan bentuk pola ekornya"