Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Perawatan Ayam Bangkok petarung sejak dini

Anakan Ayam Bangkok membutuhkan perawatan khusus sejak dini agar ketika dewasa nanti dapat menjadi Ayam Petarung yang kuat dan tangguh.

Anakan Ayam Bangkok yang di rawat dengan asal-asalan tidak akan memiliki tulangan dan otot yang kuat, berbeda dengan anakan Ayam Bangkok yang dirawat dan dilatih dari kecil akan memiliki tulang-tulang dan otot yang sempurna yang akan menjadikannya kuat dan tangguh setelah dewasa.

Sebagus-bagusnya Ayam Bangkok jika tidak memiliki tulangan yang baik maka akan mudah kalah karena dalam pertarungan membutuhkan tadah atau daya tahan dalam menerima pukulan lawan.

Ayam Bangkok yang di rawat dan dilatih sejak kecil akan memiliki tadah yang kuat, berbeda dengan Ayam Bangkok yang tidak dirawat dengan baik, daya tahannya akan melemah secara drastis jika menerima pukulan lawan, bahkan Ayam tersebut akan terlihat seperti kehabisan tenaga setelah mendapat pukulan lawan.

Merawat Ayam Bangkok anakan tidaklah sulit, yang sering mejadi kendala adalah biaya perawatannya karena Ayam Bangkok yang di rawat dengan sungguh-sungguh dari kecil membutuhkan biaya lebih banyak di bandingkan dengan anakan Ayam Bangkok yang di rawat seadanya atau hanya asal bisa hidup saja.

Untuk merawat anakan Ayam Bangkok tentunya memerlukan kandang yang baik. Kandang yang ideal untuk anakan Ayam Bangkok bisa berbentuk panggung atau kandang dengan alas tanah atau pasir. Kandang anakan Ayam Bangkok sebaiknya di tempatkan pada lokasi yang sejuk, tidak lembab, dan mendapat sirkulasi udara serta sinar matahari pagi yang cukup.

Perawatan anakan Ayam Bangkok sebaiknya dimulai dari induknya terlebih dahulu dengan cara diberikan pakan yang mengandung nutrisi dan protein yang cukup.

Sebaiknya indukan Ayam Bangkok di rawat dalam kandang yang agak luas, berpasir dan terdapat rerumputan. Indukan Ayam Bangkok sebaiknya diberikan pakan berupa voer khusus untuk Ayam Bangkok atau bisa juga voer untuk Ayam Pedaging yang di campur dengan sedikit bekatul. Untuk air minumnya dicampur vitachick sampai indukan mengeram.

Perawatan anakan Ayam Bangkok sejak dini bertujuan untuk memperoleh pertumbuhan otot dan tulangan yang kuat agar setelah dewasa nanti Ayam tersebut menjadi petarung yang kuat dan tangguh.

Berikut ini tahapan-tahapan perawatan anakan Ayam Bangkok agar menjadi petarung yang tangguh:

• Anakan Ayam Bangkok yang baru menetas sebaiknya di kurung dengan induknya selama 2 minggu dan diberi pakan voer 591. Air minum juga harus selalu tersedia. Jika lokasi kandang kurang mendapat sinar matahari pada pagi hari sebaiknya air minumnya di campur dengan vitachick agar kebutuhan vitamin anakan Ayam Bangkok dapat terpenuhi.

• Anakan Ayam Bangkok mulai dilepas pada kandang bebas setelah berusia sekitar 2 minggu. Biarkan anak Ayam Bangkok di bimbing oleh indukannya, dan kalau bisa anakan Ayam Bangkok di asuh/di ikutkan dengan indukan Ayam Kampung karena indukan Ayam Kampung lebih pandai merawat anakannya.

Sebelum dilepas di kandang umbaran, anakan Ayam Bangkok diberi pakan voer 591 pada pagi hari, dan pada sore harinya anakan Ayam Bangkok di tangkap lagi untuk diberi pakan voer 591. Sedangkan untuk indukannya bisa diberi pakan berupa bekatul untuk menguragi biaya perawatan.

• Anak Ayam Bangkok dilepas dengan indukannya selama kurang lebih 1-2 bulan, dan setelah itu anakan Ayam Bangkok dipisahkan dari induknya untuk di rawat didalam kandang khusus. Sebaiknya kandang untuk anak Ayam Bangkok berbentuk panggung karena kotoran Ayam bisa langsung jatuh kebawah.

• Dalam merawat anakan Ayam Bangkok, yang terpenting adalah pemberian pakan. Pakan untuk anakan Ayam Bangkok harus seimbang antara kebutuhan protein 20%, abu 7%, serat 6%. Untuk lebih baiknya menggunakan voer yang berkode 591 karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

Tambahkan vitamin pada air minumnya, misalnya saja "vitachik" karena dapat membantu pertumbuhan tulang menjadi lebih optimal.

• Setelah anakan Ayam Bangkok berusia 4 bulan, bisa mulai dilepas dalam kandang bebas berpasir, untuk pemberian pakannya dapat di campur dengan sedikit bekatul untuk mengurangi biaya perawatan.

• Setelah anakan Ayam Bangkok berusia 6-7 bulan, Ayam Bangkok mulai dirawat dengan perawatan khusus dan pakan khusus untuk pembentukan otot-ototnya dan mulai di latih bertarung pada usia 7 bulan.

Kelebihan dari merawat anakan Ayam Bangkok seperti di atas adalah untuk mencetak tulang dan otot-ototnya agar menjadi kuat dan tahan banting supaya setelah dewasa dapat menjadi petarung yang tangguh.

Dengan melepas anakan Ayam Bangkok bersama induknya, selain dapat melatih otot-ototnya menjadi lebih kuat juga akan membuat tubuh Ayam Bangkok lebih ramping, berotot dan tidak kendor. Keuntungan lainnya yaitu anakan Ayam Bangkok tidak mengalami pertumbuhan sayap yang gotang/selap.

Baca juga:

Cara beternak Ayam Bangkok untuk pemula agar berhasil

Resep rahasia untuk menambah stamina Ayam Bangkok

Cara paling efektif untuk melatih mental tarung Ayam Bangkok aduan

Demikian informasi tentang "Perawatan Ayam Bangkok petarung sejak dini". Untuk informasi lain seputar Ayam Aduan, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Anakan Ayam Bangkok Prospek

Post a Comment for "Perawatan Ayam Bangkok petarung sejak dini"