Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara mengawinkan Ayam Ketawa untuk diternakkan

Budidaya Ayam Ketawa sebetulnya cukup sederhana dan tidak terlalu ribet karena hampir sama dengan ternak ayam pada umumnya. Langkah pertama yaitu dengan menyiapkan kandang dari bambu atau kayu dan kawat ram.

Ukuran kandang bisa dibuat dengan lebar 150 cm x panjang 170 cm dan tinggi 100 cm. Bisa juga menggunakan kandang dengan ukuran lebar 80 cm x panjang 100 cm dan tinggi 85 cm jika tempatnya terbatas.

Ada dua metode untuk mengawinkan Ayam Ketawa, yang pertama: Ayam jantan dan betina disatukan dalam satu kandang, maka proses perkawinan akan terjadi secara alami.

Ayam Ketawa jantan tidak akan mengusik Ayam betina ketika sedang bertelur, bahkan kadang ikut membantu mengamankan telur-telurnya.

Cara yang kedua: Pisahkan Ayam Ketawa jantan dengan Ayam Ketawa betina, sebaiknya proses perkawinan dengan cara ini dimulai pada pagi hari dengan memasukkan Ayam Ketawa betina ke dalam kandang yang sudah ada Ayam Ketawa jantan didalamnya.

Setelah Ayam dipastikan sudah melakukan perkawinan, indukan Ayam Ketawa betina dimasukkan ke dalam kandang ternak atau kandang untuk bertelur, tentu saja kandang tersebut harus disediakan tempat/sarang untuk bertelur.

Indukan Ayam Ketawa betina bisa bertelur sampai 12 butir. Untuk memenuhi kebutuhan pakannya, Ayam Ketawa bisa diberikan pakan berupa voer dan ditambah sawi yang dirajang halus untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Ayam Ketawa yang berusia di atas 7 bulan sudah bisa dijodohkan, tapi usia ideal untuk mengawinkan Ayam Ketawa yaitu setelah berumur 1 tahun atau lebih. Kondisi Ayam Ketawa yang akan dijadikan sebagai indukan harus sehat dengan warna bulu yang bagus dan jengger tegak berdiri.

Untuk indukan Ayam Ketawa yang sudah menetaskan telur-telurnya, sesegera mungkin di istirahatkan setelah sebelumnya dimandikan dengan obat antiseptic, setelah itu kita bersihkan kotak sarangnta sebelum digunakan kembali untuk tempat bertelur indukan.

Sementaran itu anakan Ayam Ketawa segera dipindahkan ke dalam khusus yang didalamnya diberikan penghangat menggunakan bolam lampu. Kandang untuk anakan Ayam Ketawa bisa menggunakan kardus atau kotak kayu.

Ayam Ketawa yang telah berumur 1 bulan harus dirawat dengan baik, misalnya saja anakan Ayam Ketawa perlu dijemur setiap hari tapi cukup sebentar saya, cukup 10-20 menit saja.

Baca juga:

Cara merawat ayam ketawa agar rajin berkokok

Perawatan Ayam Bangkok petarung sejak dini

Cara beternak Ayam Hutan yang benar agar berhasil

Demikian sedikit informasi tentang "Cara mengawinkan Ayam Ketawa untuk diternakkan". Untuk informasi lain seputar Ayam Ketawa, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Ayam Ketawa jantan dan betina

Post a Comment for "Cara mengawinkan Ayam Ketawa untuk diternakkan"