Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara beternak Ayam Kate yang benar untuk pemula

Beternak ayam memang menjadi pilihan yang tepat karena selain dagingnya bisa dikonsumsi sendiri atau pun dijual, perawatannya juga lebih mudah dan biaya perawatannya juga lebih murah.

Aalah satu jenis ayam yang saat ini mulai banyak dibudidayakan di Indonesia adalah ayam kate. Beternak ayam kate mulai banyak diminati oleh sebagian masyarakat selain ayam broiler dan ayam kampung.

Ayam kate sekilas tidak jauh berbeda dengan ayam kampung, tetapi ukuran tubuhnya jauh lebih kecil dengan bentuk ekor yang khas serta paruh yang kecil.

Tapi biasanya ayam kate jarang dikonsumsi dan lebih sering dijadikan sebagai ayam hias karena penampilannya yang cenderung lucu dan menggemaskan. Ternak ayam kate sebetulnya hampir sama dengan beternak ayam jenis lainnya.

Berikut ini beberapa tips beternak ayam kate agar berhasil:

• Memilih bibit ayam kate yang berkualitas

Untuk memelihara bibit ayam kate sebetulnya tidak harus memilih jenis ayam kate yang benar-benar berkualitas. Karena walaupun memiliki bibit ayam kate yang berkualitas bagus tapi cara merawatnya tidak benar, maka tidak akan bisa menghasilkan anak ayam kate yang berkualitas bagus seperti indukannya.

Untuk memulai ternak ayam kate, carilah induk ayam kate yang memiliki bagus dengan ciri-ciri sebagai berikut:
- Bentuk tubuh gemuk dan bulat
- aktif dan incah
- Memiliki jengger berwarna merah.
- Bulu-bulunya terlihat bersih dan mengkilap.

Agar ayam kate cepat berproduksi, pilihlah indukan ayam kate betina yang sudah berumur 5-6 bulan karena pada umur tersebut ayam kate betina sudah siap produk.

• Persiapan kandang

Untuk beternak ayam kate, ada beberapa cara khusus supaya nantiny ayam kate dapat tumbuh sehat dan bisa bertelur banyak.

Pertama kita harus membuat kandang yang agak gelap tapi tetap harua diberilan sirkulasi udara dan pencahayaan yang pas. Usahakan untuk membuat kandang yang menghadap ke timur supaya ayam kate bisa mendapatkan sinar matahari di pagi hari. Jangan sampai kandang menjadi lembab karena bisa memicu timbulnya bakteri dan bisa menyebabkan ayam kate terserang berbagai macam penyakit.

Sedangkan untuk anakan ayam kate sebaiknya ditempatkan dikandang yang memiliki suhu hangat dengan cara menambahkan bolam lampu didalamnya supaya anak ayam tidak merasa kedinginan. Suhu yang hangat juga bisa mempercepat pertumbuhan anak ayam kate.

Kandang untuk ayam kate tidak perlu terlalu lebar karena postur tubuh ayam ini cukup mungil. Untuk alas kandang sebaiknya menggunakan kawat strimin atau dari bambu agar kotoran ayam bisa langsung jatuh ke bawah sehingga ayam kate tetap bersih.

Kandang ternak ayam kate sebaiknya diberikan area untuk mengumbar ayam. Karena dengan sering di umbar ayam kate akan menjadi lebih aktif dan sehat.

Kandang umbaran sebaiknya dibatasi dengan pagar bambu dengan tinggi pagar sekitar 1,5 sampai 2 meter.

• Pakan

Pakan untuk ayam kate dan ayam kampung sedikit berbeda, karena ayam kate memiliki paruh yang pendek maka ayam ini tidak bisa memakan biji-bijian seperti jagung.

Sebaiknya ayam kate diberikan beras merah karena ukurannya lebih kecil dan memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi. Selanjutnya kita bisa memberikan pakan BR yang sedikit lebih halus karena mudah dicerna oleh ayam kate.

Selain itu kita juga bisa memberikan sisa-sisa makanan/nasi untuk mengurangi biaya perawatannya.

• Air minum

Khusus ternak ayam kate sebaiknya air minumnya harus diperhatikan, usahakan untuk rutin mengganti air minumnya dengan air yang bersih agar tidak tercemar bakteri yang bisa menimbulkan penyakit pada ayam kate.

• Vitamin

Untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan produktivitas ayam kate, sebaiknya ayam kate rutin diberikan vitamin khusus untuk ayam. Khusus untuk indukan ayam kate betina, pilihlah vitamin yang bisa meningkatkan hormon supaya ayam cepat bertelur dan bisa menghasilkan telur lebih banyak.

Baca juga:

Panduan ternak ayam kampung agar cepat panen

Cara beternak Ayam Hutan yang benar agar berhasil

Panduan lengkap beternak bebek pedaging untuk pemula

Demikian sedikit informasi tentang "Cara beternak Ayam Kate yang benar untuk pemula". Untuk informasi lain seputar Ayam Kate, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Indukan Ayam Kate Betina

Post a Comment for "Cara beternak Ayam Kate yang benar untuk pemula"