Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Pakan yang bagus untuk Merpati kolong

Ilustrasi

OKB - Pakan yang berkualitas mutlak diberikan untuk Merpati kolong karena merupakan sumber energi untuk menunjang performanya ketika dilombakan. Asupan pakan yang sesuai akan memperkuat daya tahan tubuh dan stamimina Merpati kolong. Secara alami burung Merpati sangat menyukai biji-bijian seperti jagung.

Jagung yang bagus untuk Merpati kolong adalah jenis jagung Madura. Sepintas jagung ini mirip dengan jagung lain pada umumnya, tetapi ukurannya lebih kecil dan sesuai dengan ukuran paruh Merpati.

Berikut ini kebutuhan pakan Merpati sesuai tahapan usianya:

- Untuk Merpati dewasa setidaknya membutuhkan asupan pakan sebanyak 37 gram setiap hari per ekornya.

- Untuk Merpati remaja setidaknya membutuhkan asupan lakan 25 gram setiap hari per ekornya.

- Untuk Merpati anakan membutuhkan asupan pakan 5-10 gram setiap hari per ekornya.

Pakan diberikan pada pagi dan sore hari sesudah latihan. Jika ada jagung yang terkena kotoran, harus diganti karena bisa menjadi sumber penyakit pada burung Merpati.

Agar Merpati kolong tetap fit, asupan vitamin dan mineral juga perlu diberikan, terutama setelah melakukan latihan, pada saat menjelang lomba dan setelah dilombakan atau ketika nafsu makan Merpati sedang menurun.

Untuk vitamin yang berupa tablet bisa langsung dilolohkan, tapi jika berbentuk serbuk bisa dicampurkan pada air minumnya.

Para penangkar Merpati juga sering menggunakan bahan-bahan tradisional untuk menjaga vitalitas Merpati balap. Misalnya saja kunyit sebagai antibiotik, penghilang lelah dan penambah nafsu makan. Caranya, kunyit dipotong kecil-kecil kemudian disangrai (sangan) dan dilolohkan pada Merpati. Agar khasiatnya lebih bagus, campurkan kunyit dengan telur dan madu.

Tapi seringkali perlakuan/perawatan istimewa itu lebih banyak diberikan pada Merpati pejantan saja, dan jarang diberikan pada Merpati betina klepekan. Padahal Merpati betina klepekan juga membutuhkan asupan nutrisi yang bagus untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuhnya. karena jika Merpati betina tidak diberikan perlakuan/perawatan yang sama dengan pejantannya, maka kesehatnnya bisa terganggu dan menyebabkan nafsu kawinnya menurun. Lama-kelamaan kesehatan Merpati betina semakin ngedrop dan bisa berakibat fatal.

Baca juga:

Cara melatih Merpati kolong agar siap lomba

Cara beternak Merpati potong/pedaging untuk pemula

Cara memilih Merpati balap tinggian/kolongan yang bagus

Demikian informasi tentang pakan yang bagus untuk Merpati kolong. Untuk informasi lain seputar burung Merpati, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Pakan yang bagus untuk Merpati kolong"