Advertisement

Terapi untuk mengembalikan mental fighter Kacer

Di alam bebas Kacer merupakan burung petarung yang sangat agresif dan tidak memiliki toleransi terhadap keberadaan Kacer lain yang memasuki wilayah teritorialnya.

Kacer penguasa wilayah akan langsung mengusir Kacer lain yang mendekati wilayahnya dengan kicauan dan tarian ngobranya untuk mengintimidasi lawannya terlebih dulu sebelum bertarung secara fisik.
Naluri petarung Kacer tersebut akan tetap melekat walaupun sudah dipelihara didalam kandang, karena itulah Kacer banyak dilombakan.

Tapi tidak sedikit Kacer yang hilang jiwa fighternya setelah dipelihara cukup lama didalam kandang, Kacer menjadi terlalu jinak, manja dan kolokan. Sifat manja tersebut terjadi karena kesalahan dalam perawatan dan perlakuan sehari-harinya, sehingga Kacer menjadi kehilangan jati dirinya sebagai petarung yang agresif.

Kebanyakan Kacer yang jinak dan manja adalah Kacer yang dipelihara dari lolohan dan selau dimanja serta sering digoda. Penyebab lainnya adalah kurangnya pemberian Ekstra fooding (EF) yang mengakibatkan Kacer kekurangan asupan protein.

Jenis burung fighter seperti Kacer harus memiliki stamina yang prima untuk menunjang karakter fighternya tersebut, karena untuk melakukan sebuah pertarungan, Kacer memerlukan energi yang sangat besar.

Dan ntuk mendapatkan energi yang besar tersebut, maka Kacer harus mendapatkan asupan protein yang cukup. Karena itu, pemberian Ekstra fooding (EF) untuk Kacer porsinya harus benar-benar cukup (kenyang), jangan hanya mengandalkan voer saja karena tidak akan bisa untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian Kacer, apalagi untuk Kacer lapangan yang mutlak harus memiliki stamina prima untuk bertarung.

Kurangnya pemberian Ekstra fooding (EF) akan menyebabkan Kacer selalu merasa lapar, akibatnya setiap melihat pemiliknya atau orang lain disekitar kandangnya, Kacer tersebut akan merengek-rengek manja meminta makanan. Dan jika hal itu terus berlangsung selama bertahun-tahun maka akan mengakibatkan lunturnya jiwa fighter Kacer tersebut.

Kacer akan menjadi semakin manja dan kolokan karena kebiasaan buruk tersebut terus berlangsung setiap harinya, apalagi kalau Kacer tersebut sering digoda maka sifat manjanya akan semakin bertambah parah. Kalau sudah begitu, tentu Kacer tersebut tidak bisa diharapkan lagi untuk bisa tampil maksimal dalam lomba.

Untuk mengembalikan jiwa fighter Kacer perlu dilakukan terapi khusus untuk mengembalikan nalurinya sebagai petarung, dan biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama agar Kacer kembali fighter dan garang lagi.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengembalikan mental fighter Kacer:

• Perlakuan sehari-hari

Jangan pernah menggoda Kacer lagi, cukup dirawat biasa saja, seperti mandi dikeramba, jemur teratur, dan pemberian Ekstra fooding (EF) cukup ditaruh dalam cepuk saja, jangan diberikan langsung dari tangan.

• Perbaikan gizi

Jor jangkrik sekenyangnya setiap hari untuk perbaikan gizi dan memulihkan stamina Kacer yang loyo.

• Menaikkan emosinya

Jemur kuat setiap hari sampai Kacer mangap dan gelisah. Setelah Kacer kuat dijemur lama, bisa dilanjutkan dengan jemur sauna (burung kering kerodong kering) untuk mendongkrak emosinya dan membuat nafasnya agar lebih panjang. Tambahkan ulat hongkong (UH) atau larva tawon dalam menu pakan hariannya.

• Mengembalikan sifat liarnya

Agar menjadi lebih agresif, sebaiknya Kacer dibuat agar semi giras karena kalau terlalu jinak biasanya Kacer rawan mbagong, caranya dengan diumbar seminggu 2-3 kali agar naluri liarnya kembali lagi.

Selain untuk menjadikan Kacer lebih giras, pengumbaran juga bermanfaat untuk melatih stamina dan nafas Kacer.

• Penempatan

Tempatkan Kacer ditempat yang sepi (di asingkan) untuk membatasi interaksi Kacer dengan lingkungan sekitarnya yang berpotensi menyebabkan Kacer menjadi manja. Sebaiknya Kacer lebih sering dikerodong (Full kerodong) setiap harinya agar Kacer bisa istirahat total dan untuk menjaga emosinya agar tetap stabil.

Lakukan perawatan di atas secara konsisten agar Kacer tidak kolokan lagi dan agar Kacer kembali pada sifat aslinya sebagai burung petarung yang garang.

Baca juga:

Terapi khusus untuk Kacer mbagong

Kacer yang gacor dirumah belum tentu gacor dilapangan

Pakan dan Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer

Demikian informasi tentang "Terapi untuk mengembalikan mental fighter Kacer". Untuk informasi lain seputar Kacer, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer

0 Response to "Terapi untuk mengembalikan mental fighter Kacer"

Post a Comment

Subscribe