Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Perawatan yang tepat untuk Perkutut pada saat mabung/ngurak

Mabung/ngurak pada Perkutut bisa terjadi dua kali dalam setahun, dan umumnya Perkutut hanya berganti bulu secara bergiliran (nyulam). Sebetulnya Perkutut yang sedang dalam masa mabung/ngurak tidak perlu diberikan perawatan khusus seperti  perawatan mabung pada burung kicau.

Perkutut yang dalam kondisi mabung/ngurak tidak mengalami penurunan performa yang signifikan. Karena pada umumnya walaupun sedang mabung/ngurak, Perkutut masih tetap bunyi (manggung) walaupun tidak serajin seperti pada saat kondisi normal (tidak mabung).

Tapi agar kondisi Perkutut tetap prima dan proses mabungnya berlangsung dengan baik, maka tidak ada salahnya jika dilakukan beberapa perawatan khusus untuk Perkutut pada saat mabung/ngurak.

Perawatan khusus untuk Perkutut pada saat mabung/ngurak:

• Perkutut yang sedang dalam kondisi mabung/ngurak sebaiknya dipindahkan kedalam kandang yang lebih luas/kandang umbara agar Perkutut yang sedang mabung tersebut dapat melepaskan bulu-bulunya dengan lebih leluasa, sehingga proses mabungnya dapat berlangsung lebih sempurna.

• Berikan satu butir minyak ikan dua hari sekali selama masa mabung/ngurak agar Perkutut selalu dalam kondisi yang fit dan pertumbuhan bulu-bulu barunya mejadi lebih sehat dan lebih mengkilap.

• Berikan tambahan ketan hitam dan beras merah pada menu pakan hariannya, takarannya masing-masing cukup setengah sendok teh saja untuk menghangatkan tubuh Perkutut.

• Selama masa mabung/ngurak Perkutut tidak perlu dimandikan.

• Penjemuran tetap dilakukan setiap hari mulai jam 07.00 pagi agar Perkutut tetap sehat. Tapi tidak perlu terlalu lama, cukup 15-20 menit saja setiap harinya.

• Sebaiknya Perkutut yang sedang dalam masa mabung/ngurak ditempatkan dilingkungan yang tenang dan dijauhkan dari semua gangguan agar proses mabungnya berjalan lancar.

Baca juga:

Perawatan yang tepat untuk Trucukan pada saat mabung/nyulam bulu

Cara membedakan Perkutut jantan dan betina paling akurat

Manfaat kencur dan merica untuk membuat Perkutut rajin manggung

Demikian informasi tentang "Perawatan yang tepat untuk Perkutut pada saat mabung/ngurak". Untuk informasi lain seputar Perkutut, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Perkutut

Post a Comment for "Perawatan yang tepat untuk Perkutut pada saat mabung/ngurak"