Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Terapi sauna untuk mendongkrak emosi dan mental fighter Kacer

terapi sauna kacer
Ilustrasi terapi sauana

OKB - Bagi para Kacer Mania, memelihara Kacer sampai bisa moncer adalah suatu kebanggaan. Banyak cara yang dilakukan agar Kacer gacoannya bisa tampil maksimal, dari mulai otak-atik settingan Ekstra fooding (EF), mandi, jemur, umbar, dan bahkan sampai melakukan terapi-terapi khusus yang tergolong ekstrim. Salah satunya adalah terapi sauna, yaitu menjemur burung dalam kondisi sangkar dikerodong.

Sebetulnya terapi sauna biasa dilakukan hanya pada kondisi tertentu saja, misalnya pada saat burung mengalami susah mabung atau macet mabung. Dengan terapi dijemur sambil dikerodong basah, maka tingkat kelembaban yang tinggi dengan suhu yang meningkat didalam sangkar akan memicu rontoknya bulu-bulu burung yang susah mabung tersebut.

Baca juga: Cara merawat Kacer mabung/ngurak

Tetapi belakangan ini banyak para Kacer Mania yang melakukan terapi sauna untuk tujuan agar Kacernya menjadi lebih bringas dan lebih fighter. Hal itu tidak salah, karena suhu panas didalam sangkar yang meningkat drastis tentunya akan membuat emosi Kacer menjadi tinggi, dan dampaknya Kacer memang akan menjadi lebih bringas.

Akan tetapi keberhasilan dari terapi ini tidak bisa sepenuhnya dipertanggung jawabkan, karena ada yang memang sukses dengan menerapkan terapi tersebut, tapi tidak sedikit yang mengeluh kalau Kacernya tidak mengalami perubahan apapun setelah diterapi sauna, bahkan ada yang justru berakibat fatal pada Kacer momongannya. Banyak yang Kacernya justru menjadi ngedrop dan bahkan ada yang sampai berujung kematian karena tidak sering dikontrol pada saat melakukan terapi sauna.

Untuk melakukan terapi sauna, perlu pemahaman mengenai dampak positif dan negatif dari terapi ini pada burung Kacer. Terapi sauna termasuk terapi yang ekstrim, karena menjemur Kacer dibawah terik Matahari dalam kondisi sangkar dikerodong sangat berisiko bagi Kacer.

Suhu panas didalam sangkar yang dikerodong lebih tinggi dari penjemuran biasa tanpa kerodong. Hal itu akan membuat Kacer rentan mengalami dehidrasi. Karena itu, sebelum melakukan terapi sauna, perlu diperhatikan kondisi dan karakter Kacer yang akan diterapi terlebih dulu.

Menganali karakter Kacer yang akan diterapi sauna:

• Kacer dengan karakter fighter rendah/lambat panas, mungkin cocok diterapi sauna karena bisa mendongkrak emosinya secara signifikan, Kacer tipe ini memang membutuhkan panas yang lebih untuk mendongkrak jiwa tempurnya agar cepat on.

• Kacer dengan karakter fighter tinggi/emosi tinggi tentunya tidak cocok diterapi sauna karena Kacer tipe ini memiliki tingkat emosi yang tinggi dan emosinya justru harus diredam dengan banyak mandi dan minim jemur. Jika dipaksakan untuk diterapi sauna justru dapat menjadi stres dan ngedrop karena kepanasan.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan terapi sauna:

• Kacer yang akan diterapi sauna harus benar-benar dalam kondisi fit.

• Jangan melakukan terapi sauna pada siang hari ketika Matahari sedang terik-teriknya.

• Tetap memberikan air minum yang bersih di dalam sangkarnya agar Kacer tidak dehidrasi.

Cara melakukan terapi sauna yang benar:

Harus diperhatikan pula cara melakukan terapi sauna yang benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, karena tidak jarang Kacer yang diterapi sauna justru berakhir dengan kematian.

Terapi sauna adalah salah satu cara untuk mengondisikan ruangan yang hangat tapi lembab, karena itulah cara kerja terapi sauna yang efektif adalah tidak sekedar dijemur sambil dikerodong saja.

Berikut ini adalah cara terapi sauna yang dianjurkan:

• Sebelum melakukan terapi sauna, harus diperhatikan beberapa kondisi seperti yang sudah disebutkan di atas.

• Sediakan air minum bersih yang cukup, kalau perlu sediakan juga buah-buahan yang banyak mengandung air seperti pepaya kalau Kacer mau makan pepaya. Kalau kacer tidak mau makan pepaya, cukup sediakan jangkrik dalam jumlah yang banyak didalam cepuk agar Kacer bisa makan sepuasnya.

• Terapi sauna sebaiknya dilakukan sebelum jam 11.00 siang, karena jika melebihi dari jam 11.00 siang, sinar Matahari sudah bersinar cukup terik dan bisa menyebabkan Kacer kepanasan dan dehidrasi.

• Untuk tahap awal, kerodong sangkar dengan posisi resleting kerodong dibiarkan terbuka atau posisi kerodong tidak tertutup sepenuhnya. Setelah Kacer diterapi sauna beberapa kali dan Kacer sudah mulai terbiasa, terapi sauna bisa dilakukan dengan kerodong tertutup penuh.

• Setiap beberapa menit sekali, kerodong yang menutupi sangkarnya disemprot dengan menggunakan sprayer sampai basah. Hal ini dilakukan untuk memberikan kelembaban sekaligus menghindari burung dari ancaman heat stress dan dehidrasi.

• Terapi sauna sebaiknya dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama, misalnya cukup 30 menit sampai 1 jam saja, hal tersebut untuk mencegah Kacer mengalami mabung lebih awal.

Baca juga:

Menyesuaikan perawatan Kacer dengan karakternya

Terapi khusus untuk Kacer mbagong

Demikian informasi tentang terapi sauna untuk mendongkrak emosi dan mental fighter Kacer yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Terapi sauna untuk mendongkrak emosi dan mental fighter Kacer"