Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Menyesuaikan perawatan Kacer dengan karakternya

burung kacer poci
Burung Kacer Poci

OKB - Kacer adalah burung fighter, tapi seperti pada umumnya sifat mahluk hidup, tidak semuanya memiliki mental dan karakter yang sama walaupun dari jenis dan ras yang sama. Begitu juga dengan Kacer, walaupun pada dasarnya burung ini bertipe fighter tapi ada yang memiliki mental fighter tinggi dan ada yang memiliki mental fighter rendah.

Oleh karena itu kita harus jeli dan bisa memahami karakter dari Kacer momongan kita termasuk kategori yang mana, apakah termasuk tipe fighter tinggi atau tipe fighter rendah agar kita bisa menentukan perawatan yang tepat untuk Kacer kita tersebut karena masing-masing karakter Kacer tersebut memerlukan perawatan yang berbeda agar dapat mencapai performa maksimalnya.

Jangan sampai karena salah mengenali karakternya, kita jadi salah dalam menerapkan perawatannya karena hal itu akan berakibat pada performanya yang tidak bisa maksimal seperti yang diharapkan.

Baca juga: Penyebab dan cara mengatasi Kacer yang kurang fighter

Berikut ini adalah tips perawatan untuk Kacer sesuai dengan karakternya:

1. Kacer tipe fighter tinggi/emosi tinggi:

Kacer dengan karakter tersebut cenderung sangat agresif dan ketika bertemu lawan akan langsung menyerang dan ngotot, tapi jika salah dalam menerapkan perawatannya biasanya Kacer menjadi nakal dan rawan mbagong.

Perawatan yang tepat untuk Kacer tipe fighter tinggi adalah perawatan dingin, di mulai dengan:

• Pengembunan

Embunkan Kacer mulai jam 05.00 pagi untuk menghirup udara segar, cuaca dingin di pagi hari juga sangat bagus untuk mendinginkan suhu tubuh Kacer dan membuat emosinya lebih stabil.

• Mandi

Kacer dengan karakter fighter tinggi/emosi tinggi membutuhkan intensitas mandi lebih sering untuk menurunkan suhu tubuhnya dan meredam emosinya. Mandikan Kacer setiap hari jika kondisi cuaca cerah (panas), dan kalau perlu bisa ditambah dengan mandi malam.

• Penjemuran

Kacer tipe fighter tinggi/emosi tinggi tidak memerlukan penjemuran yang lama karena tingkat emosinya sudah tinggi, jika dijemur terlalu lama justru dapat menimbulkan berbagai masalah pada Kacer tersebut. Kacer tipe fighter tinggi cukup dijemur 30 menit dan maksimal 1 jam setiap harinya, atau jika Kacer sudah mulai terlihat mangap dan gelisah segera angkat dan digantang ditempat yang teduh.

• Ekstra fooding (EF)

Kacer dengan karakter fighter tinggi lebih mudah disetting. Yang perlu di garis bawahi adalah bahwa emosi yang meluap-luap harus diredam dengan pemberian Ekstra fooding (EF) yang tidak berpotensi menaikkan suhu tubuhnya.

Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer tipe fighter tinggi/emosi tinggi di antaranya adalah jangkrik, kroto, cilung, dan ulat daun pisang.

Beberapa jenis Ekstra fooding (EF) tersebut sangat bagus diberikan pada Kacer yang memiliki tensi tinggi karena efek panasnya tidak terlalu signifikan tapi dapat mendongkrak stamina Kacer dengan cepat sehingga cocok digunakan untuk settingan lomba Kacer tipe fighter tinggi/emosi tinggi.

• Perawatan harian

Tempatkan Kacer ditempat yang sejuk dan tidak perlu dikerodong pada siang hari. Kerodong cukup pada malam hari saja untuk melindungi Kacer dari cuaca dingin dan mencegah Kacer agar tidak memakan serangga beracun yang sering mengerubungi lampu pada malam hari.

• Umbaran

Umbar Kacer seminggu 2-3 kali untuk melatih stamina dan nafasnya. Pengumbaran juga bermanfaat untuk menurunkan tingkat birahi Kacer yang berlebihan.

2. Kacer tipe fighter rendah/lambat panas:

Kacer dengan tipe fighter rendah/kurang emosi cenderung kalem dan tidak terlalu agresif ketika bertemu lawan. Jadi, tingkat emosinya harus digenjot agar lebih agresif dan lebih ngotot ketika bertarung.

Perawatan yang tepat untuk Kacer tipe fighter rendah/kurang emosi adalah perawatan panas:

• Ekstra fooding (EF)

Berikan jangkrik secukupnya saja untuk menambah powernya, tambahkan ulat hongkong (UH) untuk menaikkan suhu tubuhnya sehingga emosinya juga akan naik.

Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer tipe ini adalah yang bersifat panas dan dapat menaikkan suhu tubuh Kacer secara signifikan seperti jangkrik alam, ulat hongkong (UH), ulat kandang (UK), larva tawon, dan kelabang.

• Mandi

Untuk menjaga emosinya agar tetap stabil, Kacer cukup dimandikan 2 atau 3 hari sekali saja jika cuaca cerah (panas) dan tidak perlu dimandikan jika cuaca dingin (hujan). Karena jika terlalau sering dimandikan justru akan membuat emosinya rendah, dan berakibat pada menurunnya mental tempur Kacer tersebut.

• Jemur

Kacer tipe fighter rendah/kurang emosi memerlukan penjemuran yang kuat untuk mendongkrak emosinya. Jemur 1-2 jam rutin setiap hari dan terus ditingkatkan sampai Kacer kuat dijemur selama 3 jam tanpa mangap dan gelisah.

• Penempatan

Tempatkan Kacer ditempat yang hangat. Kerodong Kacer setiap hari pada siang dan malam hari agar karakter fighternya tetap terjaga.

Umbar Kacer seminggu 2x untuk melatih fisiknya.

Baca juga:

Cara paling ampuh untuk membuat Kacer gacor dan buka ekor

Cara ampuh mengatasi Kacer mbagong

Demikian informasi tentang menyesuaikan perawatan Kacer dengan karakternya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Menyesuaikan perawatan Kacer dengan karakternya"