Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Perawatan khusus untuk Cendet/Pentet lapangan

Cendet/Pentet adalah burung predator yang ganas dan agresif. Burung ini termasuk burung yang cukup cerdas karena mampu menirukan suara-suara burung lain dan suara-suara lain yang sering didengarnya.

Tapi sayangnya, tidak sedikit permasalahan yang sering timbul dalam memelihara burung predator ini jika perawatannya tidak tepat seperti perilaku manja/miyik/mbayeki, mbagong, galak, salto, sampai perilaku kanibal yang menjadi sifat negatif dari burung predator ini.

Sebetulnya, untuk mengatasi semua perilaku negatif Cendet/Pentet tersebut tidaklah sulit jika kita bisa memahami karakter dan juga kebutuhan Cendet yang kita rawat. Kita sebagai pemilik/perawatnya harus jeli dalam membaca karakter dan kemauan dari Cendet yang kita rawat.

Terlebih dulu kita pelajari karakter dan kodrat Cendet/Pentet sebagai burung predator yang terbiasa berburu dan memangsa binatang-binatang kecil dan serangga sebagai pakan utamanya yang tentu saja kandungan proteinnya cukup tinggi.

Kandungan nutrisi dan protein dalam pakan hidup tersebut tentunya tidak bisa digantikan hanya dengan pemberian voer saja. Jadi intinya, pakan berprotein tinggi mutlak harus diberikan pada Cendet/Pentet setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan nitrisinya.

Dalam perawatan kita, kebutuhan nutrisi Cendet/Pentet tersebut bisa dipenuhi dari pemberian Ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, belalang, ulat hongkong (UH), ulat kandang (UK), larva tawon, kelabang, dan lainnya dalam jumlah yang cukup setiap harinya (tidak boleh kurang).

Kenali juga habitat hidup Cendet/Pentet yang suka berburu dipadang rumput dan lahan terbuka yang tentu saja terbiasa berjemur dibawah terik Matahari secara langsung setiap harinya. Terapkan kebiasaan tersebut dalam perawatan hariannya dengan durasi penjemuran yang maksimal untuk menaikkan suhu tubuh Cendet pada tingkat yang ideal.

Setelah mengenali cara hidup dan habitat Cendet/Pentet di alam bebas, kita bisa mulai menerapkannya dalam perawatan hariannya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan Cendet/Pentet lapangan antara lain:

• Kebutuhan Nutrisi

Sebagai burung predator, tentunya Cendet/Pentet memerlukan energi yang besar untuk melakukan aktifitas berburu setiap harinya, dan energi tersebut mutlak diperoleh dari asupan pakan yang mengandung protein tinggi. Oleh karena itu dalam memelihara Cendet jangan pernah pelit Ekstra fooding (EF) seperti jangkrik dan ulat hongkong (UH).

Berikan jangkrik sepuasnya untuk perawatan hariannya serta menjelang lomba bisa ditambahkan dengan Ekstra fooding (EF) yang bersifat panas dan dapat meningkatkan suhu tubuh Cendet/Pentet secara signifikan seperti ulat hongkong (UH), larva tawon, belalang, atau kelabang untuk menaikkan suhu tubuh serta tensi Cendet sehingga emosinya menjadi tinggi dan dapat tampil ngotot ketika dilombakan.

Sifat-sifat negatif yang sering diperlihatkan Cendet/Pentet tersebut sebetulnya adalah akibat yang ditimbulkan dari kekurangan nutrisi yang kemudian ditunjukkan dengan sifat-sifat negatif tersebut.

• Suhu tubuh Cendet/Pentet

Suhu tubuh Cendet/Pentet harus berada pada tingkat yang ideal agar dapat mencapai performa yang maksimal serta bisa tampil sesuai karakternya sebagai burung predator yang ganas dan agresif.

Sesuai kehidupan di habitatnya, Cendet/Pentet menyukai tempat yang panas yang terkena sinar Matahari secara langsung. Hal itu bisa kita terapkan pada perawatan hariannya dengan melakukan penjemuran yang kuat atau bisa juga dengan menerapkan terapi jemur sauna (burung kering kerodong kering) untuk mendapatkan panas yang lebih maksimal serta melatih nafasnya agar lebih panjang sehingga dapat membawakan lagu-lagunya dengan full power pada saat dilombakan.

Jemur Cendet/Pentet sampai benar-benar maksimal, dan baru di angkat setelah Cendet terlihat sudah mangap dan gelisah. Ambil voer dan air minumnya pada saat dijemur agar Cendet lebih tahan banting. Tapi ketika dijemur tanpa pakan dan minum harus diawasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Sediakan jangkrik 15-20 ekor didalam cepuk pada saat dijemur agar Cendet/Pentet bisa makan semaunya.

Setelah selesai dijemur, angin-anginkan terlebih dulu ditempat yang sejuk beberapa saat sampai suhu tubuhnya kembali normal baru masukkan voer, air minum, dan berikan jangkrik 20 ekor lagi kemudian dikerodong dan biarkan istirahat sampai besok paginya.

Demikian juga kalau kita melakukan terapi jemur sauna (kerodong kering burung kering), voer dan air minumnya juga diambil, cukup sediakan jangkrik 15-20 ekor didalam cepuk sebagai makannya. Dan harus sering dikontrol agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, karena terapi jemur sauna termasuk terapi yang ekstrim dan berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar.

Kalau kita tidak punya waktu untuk mengawasi Cendet/Pentet pada saat melakukan terapi sauna sebaiknya air minum tetap disediakan didalam kandangnya agar Cendet tidak mengalami dehidrasi.

Setelah Cendet/Pentet terlihat mangap dan gelisah segera di angkat dan di angin-anginkan beberapa saat ditempat yang teduh agar suhu tubuhnya kembali normal baru masukkan voer, air minum, dan jangkrik 20 ekor lagi lalu dikerodong sampai besok paginya.

Tempatkan Cendet/Pentet ditempat yang tenang dan hangat agar suhu tubuhnya tetap stabil pada tingkat yang ideal.

Cendet/Pentet tidak perlu sering dimandikan, cukup dimandikan seperlunya saja kalau emosinya sudah terlalu over. Karena kalau sering dimandikan, akan berakibat pada menurunnya suhu tubuh Cendet yang akan berdampak pada timbulnya berbagai perilaku negatif dan juga hilangnya jiwa fighter Cendet.

Untuk mengembalikan sifat predatornya, kita juga bisa memberikan pakan hidup untuk diburu dan dimangsa oleh Cendet/Pentet seperti katak, kadal, cicak, burung-burung kecil dan lainnya untuk diburu dan dimangsa oleh Cendet untuk mengembalikan naluri dasarnya sebagai burung predator.

Untuk melatih mental dan stamina Cendet/Pentet juga bisa diumbar dan diberikan burung untulan seperti burung emprit atau burung gereja didalam kandang umbaran agar dikejar dan diburu oleh Cendet. Cara ini sangat ampuh untuk mengembalikan sifat asli Cendet sebagai burung predator, tapi cara ini tergolong sangat ekstrim dan tidak di Rekomendasikan.

Baca juga:




Demikian informasi tentang perawatan khusus untuk Cendet/Pentet lapangan. Untuk informasi lain seputar Cendet/Pentet, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Ilustrasi burung Cendet/Pentet

Video Cendet rasa Cucak Jenggot

Post a Comment for "Perawatan khusus untuk Cendet/Pentet lapangan"