Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri perbedaan Prenjak tamu dan Prenjak lumut

Kalau dilihat sekilas, antara Prenjak tamu dan Prenjak lumut secara fisik memang sangat mirip. Tapi kalau diperhatikan dengan seksama, maka akan tampak jelas sekali perbedaan antara kedua burung tersebut.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri Prenjak tamu dan Prenjak lumut yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum kita memeliharanya:

• Bulu pada bagian kepala Prenjak tamu/Prenjak klawu berwarna merah sampai bagian pipi, dan bagian bawah paruh sampai pada bagian sekitar mata. Sedangkan pada Prenjak lumut, warna merahnya hanya pada bagian atas kepalanya saja.

• Ukuran tubuh Prenjak lumut lebih kecil dibandingkan dengan Prenjak tamu/Prenjak klawu/Prenjak kepala merah.

• Bulu pada bagian punggung Prenjak lumut berwarna kehijauan seperti lumut, karena itulah kenapa dinamakan Prenjak lumut, sedangkan bulu pada bagian punggung Prenjak tamu berwarna abu-abu gelap.

• Semburat warna kehitaman pada bagian dada Prenjak tamu jantan lebih lebar dengan warna yang lebih gelap dibandingkan dengan Prenjak lumut jantan.

• Paruh bagian atas Prenjak lumut berwarna sedikit kehitaman, sementara paruh bagian bawahnya berwarna putih kemerahan. Sedangkan paruh bagian atas Prenjak tamu warnanya lebih gelap, dan paruh bagian bawahnya berwarna putih kehitaman.

Dipasaran, Prenjak tamu/Prenjak klawu/Prenjak kepala merah memang lebih populer dan harganyapun lebih mahal dibandingkan dengan Prenjak lumut. Tapi sebetulnya, suara kicauan Prenjak lumut tidak kalah bagus dibandingkan dengan suara kicauan Prenjak tamu.

Suara kicauan Prenjak lumut lebih variatif dan juga tidak kalah nyaring dengan suara kicauan Prenjak tamu/Prenjak klawu.

Perbedaan yang paling menonjol dari Prenjak tamu dan Prenjak lumut adalah pada warna bulu dibagian punggungnya dan juga suara kicauannya yang jelas-jelas berbeda.

Baca juga:

Perawatan yang tepat untuk Prenjak kepala merah/Prenjak tamu bakalan agar cepat bunyi

Tips perawatan Ciblek agar gacor dan ngebren

Perawatan khusus agar Pleci ngalas ngeroll dan buka paruh

Demikian informasi tentang ciri-ciri perbedaan Prenjak tamu/Prenjak klawu dengan Prenjak lumut. Untuk informasi lain seputar burung Prenjak, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Tera kasih

Prejak lumut dan Prenjak tamu/klawu

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan Prenjak tamu dan Prenjak lumut"