Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mengenal jenis-jenis Kacer serta kelebihan dan kekurangannya

gambar kacer poci, kacer wulung, kacer tretes dan kacer wulung raja
1.Kacer Poci, 2.Kacer Wulung Raja, 3.Kacer Wulung Lokal, 4.Kacer Tretes

OKB - Dikalangan Kicau Mania dikenal beberapa jenis burung Kacer yang umum dipelihara, baik itu untuk tujuan lomba burung kicau atau hanya sekedar untuk klangenan dirumah saja. Masing-masing jenis burung Kacer tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dari segi mental, suara kicauan dan penampilan fisiknya.

Jenis-jenis Kacer tersebut antara lain:

• Kacer Poci (dada putih)
• Kacer Wulung Lokal (dada hitam ekor putih)
• Kacer Tretes (semi poci dan wulung)
• Kacer Wulung Raja (ekor hitam)

Dari keempat jenis Kacer tersebut, yang saat ini paling populer dan paling banyak diminati oleh para Kacer Mania adalah Kacer Poci (dada putih), karena Kacer jenis inilah yang saat ini banyak dilombakan, sehingga pamornya semakin terangkat.

Yang kedua adalah Kacer Wulung Lokal, meski popularitasnya kini jauh menurun dibanding Kacer Poci, namun masih cukup banyak Kacer Mania yang setia memelihara burung ini walaupun hanya untuk burung rumahan saja, karena saat ini memang jarang sekali EO yang membuka kelas khusus untuk Kacer dada hitam dalam gelaran lomba burung kicau.

Yang ketiga adalah Kacer Tretes, yaitu Kacer semi Poci dan Wulung/perpaduan dari Kacer Poci dan Kacer Wulung. Warna bulu Kacer Tretes hampir sama dengan Kacer Wulung Lokal.

Yang membedakan keduanya adalah warna bulu pada bagian perut Kacer Tretes yang terdapat kombinasi warna putih, sedangkan pada Kacer Wulung warna bulunya hitam polos sampai pada bagian anusnya. Kacer jenis ini paling sedikit peminatnya, namun karena stok Kacer Tretes cukup banyak dipasaran maka tidak sedikit pula yang memelihara Kacer jenis ini karena harganya juga terbilang paling murah diantara jenis Kacer lainnya

Yang keempat adalah Kacer Wulung Raja (ekor hitam). Sebetulnya Kacer jenis ini banyak peminatnya, tapi karena terbatasnya stok dipasaran sehingga menjadikan Kacer jenis ini sangat jarang dipelihara.

Karena kelangkaannya tersebut menjadikan Kacer Wulung Raja menjadi paling spesial diantara jenis Kacer lainnya. Hal itu juga membuat harga pasaran dari Kacer Wulung Raja menjadi yang paling mahal diantara jenis Kacer lainnya.

Baca juga: Kelebihan Kacer Wulung Raja dibanding Kacer jenis lain

Kelebihan dan kekurangan dari keempat jenis Kacer tersebut antara lain:

• Kacer Poci (dada putih)

Kelebihan dari Kacer Poci (daput) adalah pada suara kicauannya yang jernih/kristal melengking dan bervariasi dengan banyak materi isian serta gaya tarungnya yang ngotot.

Kekurangan dari Kacer Poci (daput) adalah pada mentalnya, karena rata-rata Kacer Poci memiliki mental paling lemah diantara jenis Kacer lainnya, walaupun banyak juga individu Kacer Poci yang memiliki mental fighter yang tangguh.

• Kacer Wulung Lokal (dahit ekor putih)

Kelebihan dari Kacer Wulung Lokal adalah pada mental fighternya yang kuat, dan kekurangannya adalah dari segi suara kicauannya. Kacer Wulung Lokal memiliki suara kicauan yang kurang jernih dan cenderung ngebass (tidak plong) serta irama lagunya kurang harmonis. Gaya tarung Kacer Wulung juga cenderung slow/santai/kurang ngotot.

• Kacer Tretes

Kelebihan Kacer Tretes adalah pada mentalnya yang cukup bagus, walaupun masih dibawah Kacer Wulung Lokal. Kalau dari segi suara, karakter suara Kacer Tretes lebih bagus dari Kacer Wulung Lokal (dahit), tapi masih kalah bagus jika dibanding dengan suara Kacer Poci (daput).

• Kacer Wulung Raja (dahit ekor hitam)

Kelebihan dari Kacer Wulung Raja adalah pada mentalnya yang sangat tangguh yang ditunjang dengan postur tubuh bongsor dengan warna bulu hitam legam sehingga semakin menambah kesan gagah dan garang penampilannya. Bahkan kebanyakan Kacer jenis lain jika ditrek dengan Kacer Wulung Raja akan mbagong karena kalah mental.

Kekurangan dari Kacer Wulung Raja yaitu pada karakter suaranya yang hampir sama dengan Kacer Wulung Lokal yaitu cenderung ngebass dengan irama lagu yang kurang harmonis.

Tapi perbandingan kualitas dari masing-masing jenis Kacer diatas adalah perbandingan rata-rata, bukan perbandingan per individu Kacer, jadi tidak mutlak. Karena jenis Kacer apapun, ada yang memiliki mental bagus dan juga sebaliknya, ada yang memiliki suara bagus dan juga sebaliknya, ada yang memiliki kecerdasan dalam merekam suara masteran dan juga sebaliknya.

Baca juga:

Ciri-ciri bahan Kacer yang prospek lapangan

Terapi khusus untuk Kacer mbagong

Demikian informasi tentang jenis-jenis Kacer serta kelebihan dan kekurangannya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

1 comment for "Mengenal jenis-jenis Kacer serta kelebihan dan kekurangannya"

  1. Tolong SUBSCRIBE balik channel kami HAKIKI RECORDS, Terima kasih.

    ReplyDelete