Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri bahan Kacer yang prospek lapangan

burung kacer
Burung Kacer

OKB - Memelihara burung Kacer untuk dilombakan tentu sangat berbeda dalam perawatan dan perlakuan sehari-harinya dengan memelihara Kacer yang hanya untuk rumahan saja karena memang tidak mudah untuk bisa menampilkan burung Kacer dilapangan, apalagi untuk meraih predikat juara.

Agar bisa sukses dalam bermain Kacer, kita harus punya pemahaman yang mendalam terhadap burung Kacer yang kita rawat. Dimulai dari pemilihan bahan, perawatan harian, sampai pada settingan dan pengondisian Kacer pada saat menjelang lomba.

Baca juga: Cara merawat Kacer trotolan agar memiliki mental petarung setelah dewasa

Pemilihan bahan Kacer yang prospek lapangan:

Kacer memang termasuk jenis burung fighter, tapi tidak semua Kacer memiliki mental fighter yang bagus. Ketika kita memelihara Kacer dengan tujuan untuk dilombakan, maka dalam pemilihan bahan mutlak harus melalui seleksi yang ketat agar kita bisa mendapatkan bahan Kacer yang benar-benar prospek lapangan agar tidak mengecewakan nantinya.

Jika kita memilih Kacer dari penangkaran, maka kita harus mengetahui terlebih dulu rekam jejak dari indukannya, dan jika kita memilih Kacer muda hutan, maka kita harus benar-benar jeli dalam membaca karakternya.

Kacer yang dihabitat asalnya adalah penguasa wilayah memiliki potensi lebih besar untuk bisa moncer dilapangan karena Kacer tersebut sudah pasti memiliki mental yang tangguh, sedangkan Kacer yang dihabitat asalnya merupakan pecundang, maka akan sangat sulit dibentuk untuk menjadi jawara walaupun sudah dirawat semaksimal mungkin, karena mentalnya memang lemah.

Jadi kesimpulannya, kunci kesuksesan dalam bermain Kacer adalah pada pemilihan bahan, sedangkan perawatan harian hanya sebagai faktor penunjang saja untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh Kacer tersebut. Karena Kacer yang dasarnya bermental bagus, mau dirawat seperti apapun akan tetap bagus karena mental adalah modal utama bagi seekor Kacer untuk bisa menjadi jawara.

Jadi jangan sampai salah dalam pemilihan bahan, karena jika kita sampai salah dalam memilih bahan Kacer untuk lomba, maka kita hanya akan buang waktu, tenaga, dan biaya saja dengan ganti-ganti settingan dan perawatan yang sudah maksimal tapi hasilnya akan tetap mengecewakan.

Ciri-ciri bahan Kacer yang prospek lapangan:

• Mata

Mata adalah jendela hati, kita bisa membaca karakter seekor Kacer dari matanya. Pilihlah Kacer yang memiliki mata besar/melotot dengan sorot mata tajam seolah mengintimidasi. Ada kesan merinding saat kita menatap mata Kacer tersebut. Coba bayangkan, jika kita saja merasa merinding saat menatap matanya, bagaimana dengan lawan-lawannya sesama Kacer..??

Jangan memilih bahan Kacer yang matanya terlihat redup dan sayu, karena mentalnya kurang kuat. Kacer seperti itu juga bisa gacor dan ngobra, tapi tidak akan kuat mental untuk menghadapi intimidasi dari Kacer-Kacer lain digantangan yang rata-rata adalah burung pilihan yang kualitasnya di atas rata-rata Kacer pada umumnya.

• Postur tubuh/katuranggan

Biasanya, Kacer bermental bagus juga didukung dengan postur tubuh yang proporsional.

- Pilih bahan Kacer dengan bodi yang panjang dan ramping tapi padat berisi, sayapnya mengapit rapat dikedua sisi tubuhnya dengan strip putih yang lebar.

- Pilih bahan Kacer yang memiliki bentuk kepala papak dan lonjong dengan leher yang besar dan kokoh, paruh tebal, panjang dan lurus serta rongga mulutnya berwarna hitam.

- Pilih bahan Kacer yang memiliki kaki berwarna hitam dan tampak kokoh dengan cengkeraman yang kuat serta ketika dalam posisi berdiri badannya hampir menempel pada plangkringan, hal itu menandakan burung yang selalu waspada dan siap tempur.

- Pilih bahan Kacer yang memiliki bulu rapi, mulus dan mengkilap kebiruan.

Baca juga:

Terapi khusus untuk Kacer mbagong

Kelebihan dan kekurangan Kacer trotolan penangkaran dan Kacer trotolan hutan

Demikian informasi tentang ciri-ciri bahan Kacer yang prospek lapangan. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri bahan Kacer yang prospek lapangan"