Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Pakan dan Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer

jenis-jenis extra fooding untuk burung kacer
Jenis-jenis extra fooding untuk Kacer

OKB - Kacer merupakan burung petarung yang memiliki suara kicauan merdu dan bervariasi, serta memiliki gaya tarung ngobra meliuk-liukkan leher dan buka ekor yang khas.

Untuk dapat menampilkan performa terbaiknya, Kacer memerlukan stamina yang prima untuk menunjang karakternya sebagai petarung yang memiliki gaya tarung atraktif.

Baca juga: Cara paling ampuh untuk membuat Kacer gacor dan buka ekor

Agar dapat memiliki stamina yang prima, Kacer harus diberikan Pakan dan Ekstra fooding (EF) yang cocok dan sesuai dengan karakternya, serta dengan porsi yang memadai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Berikut ini adalah beberapa jenis Pakan dan Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer:

• Voer

Voer adalah pakan utama untuk Kacer yang dipelihara didalam kandang, tujuannya agar lebih praktis dalam perawatan hariannya, karena kita cukup memberikan voer satu cepuk saja sudah cukup untuk makan Kacer selama beberapa hari tanpa harus kuatir Kacer akan kelaparan.

Tapi kandungan nutrisi dalam voer tidak akan bisa menyamai kandungan nutrisi dari pakan alami Kacer seperti serangga, ulat dan binatang-binatang kecil lainnya yang tentunya memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih bagus dan lengkap jika dibandingkan dengan pakan buatan pabrik (voer).

Dalam memilih voer untuk Kacer juga jangan asal burungnya doyan saja. Pilihlah voer yang memiliki kandungan protein tinggi agar bisa menunjang kebutuhan protein Kacer setiap harinya.

Untuk kandungan bahan baku voer juga harus disesuaikan dengan karakter Kacer yang akan mengkonsumsi voer tersebut, misalnya:

- Voer yang pada komposisi bahan bakunya terdapat kandungan rumput laut cocok untuk Kacer yang cepat panas/emosi tinggi/fighter tinggi, karena sifat rumput laut yang dingin dapat membantu meredam suhu tubuh Kacer.

- Voer yang pada komposisi bahan bakunya terdapat kandungan madu dan telur, cocok untuk Kacer yang lambat panas/kurang emosi/fighter rendah. Karena telur dan madu berkhasiat untuk menghangatkan tubuh Kacer.

• Ekstra fooding (EF)

Ekstra fooding (EF) adalah salah satu bagian paling penting untuk memaksimalkan performa seekor Kacer, terutama untuk Kacer lapangan/Kacer lomba, karena manfaatnya adalah sebagai sumber protein utama yang berperan untuk mendongkrak stamina dan birahi Kacer. Karena tanpa Ekstra fooding (EF), Kacer pasti akan loyo.

Jenis-jenis Ekstra fooding (EF) yang bagus untuk Kacer antara lain:

• Jangkrik

Jangkrik adalah menu Ekstra fooding (EF) yang wajib diberikan untuk semua tipe Kacer, baik itu Kacer dengan tipe fighter tinggi maupun Kacer dengan tipe fighter rendah.

Yang berbeda adalah menu Ekstra fooding (EF) tambahannya. Untuk Kacer tipe fighter tinggi lebih cocok diberikan tambahan Ekstra fooding (EF) seperti kroto, ulat bambu (cilung), dan ulat daun pisang yang mengandung lebih banyak air dan berprotein tinggi untuk meredam suhu tubuh Kacer agar tidak meningkat drastis.

Sedangkan untuk Kacer dengan tipe fighter rendah lebih cocok diberikan tambahan Ekstra fooding (EF) seperti ulat hongkong (UH), ulat kandang (UK), larva tawon, dan belalang. Beberapa jenis Ekstra fooding (EF) tersebut bersifat panas dan dapat meningkatkan suhu tubuh serta tensi Kacer secara signifikan, sehingga emosinya juga akan naik.

Usahan untuk memberikan jangkrik alam karena kandungan proteinnya lebih tinggi dari jangkrik broiler.

• Ulat hongkong (UH)

Ekstra fooding (EF) ini sangat diperlukan untuk Kacer yang lambat panas/fighter rendah, fungsinya untuk menaikkan tensi Kacer agar emosi naik sehingga menjadi lebih agresif dan responsif terhadap keberadaan Kacer lain disekitarnya.

Ulat hongkong (UH) tidak cocok untuk Kacer dengan karakter fighter tinggi karena akan membuatnya over emosi, tapi pada saat cuaca dingin/hujan ulat hongkong (UH) juga bisa diberikan untuk Kacer tipe fighter tinggi untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil.

Karena sifatnya yang panas, ulat hongkong (UH) juga bisa digunakan pada saat Kacer dalam masa mabung untuk mempercepat rontoknya bulu-bulu lama Kacer.

Usahakan untuk memberikan ulat hongkong (UH) yang baru berganti kulit, atau yang masih berwarna putih.

• Belalang

Belalang sebetulnya merupakan Ekstra fooding (EF) terbaik untuk Kacer karena kandungan proteinnya yang lebih tinggi dari Ekstra fooding (EF) jenis lainnya.

Belalang sangat cocok digunakan untuk Kacer yang lambat panas/kurang fighter. Tapi karena sulit untuk mendapatkannya, belalang bisa kita jadikan sebagai Ekstra fooding (EF) alternatif saja. Pilihlah belalang yang masih muda/belum tumbuh sayapnya.

• Kelabang

Kelabang bisa dijadikan Ekstra fooding (EF) alternatif untuk mendongkrak emosi Kacer yang lambat panas/tipe fighter rendah karena sifatnya panas dan dapat menaikkan suhu tubuh Kacer secara signifikan.

Sebelum diberikan pada Kacer, capit dan ujung ekornya (sengatnya) terlebih dulu harus dibuang karena mengandung racun. Kelabang bisa dijadikan sebagai Ekstra fooding (EF) alternatif karena cukup sulit untuk mendapatkannya.

• Kroto

Kroto sangat diperlukan untuk Kacer yang over emosi/tipe fighter tinggi, karena kroto mengandung banyak air sehingga tidak memiliki efek yang terlalu panas jika dikonsumsi Kacer.

Tapi kandungan protein pada kroto yang sangat tinggi sangat bermanfaat untuk mendongkrak birahi dan stamina Kacer, sehingga untuk Kacer yang memiliki karakter fighter tinggi sangat cocok diberikan kroto karena akan sinkron antara emosi, birahi dan staminanya.

• Ulat daun pisang

Ulat yang hidup didalam gulungan daun pisang ini sangat baik untuk digunakan sebagai menu Ekstra fooding (EF) untuk Kacer, terutama yang memiliki karakter mudah emosi/tipe fighter tinggi. Kandungan air dalam ulat daun pisang bermanfaat mendinginkan suhu tubuh Kacer sehingga emosinya tidak terlalu meledak-ledak.

Kandungan protein ulat daun pisang juga cukup tinggi dan tentunya sangat bagus untuk mendongkrak stamina dan birahi Kacer. Ulat daun pisang juga bisa dijadikan Ekstra fooding (EF) altetnatif untuk Kacer karena tidak mudah untuk mendapatkannya.

Sebelum diberikan pada Kacer, bersihkan dulu serbuk putih yang ada pada permukaan ulat daun pisang menggunakan air sampai bersih.

• Ulat bambu

Karakter ulat bambu (cilung) mirip dengan ulat daun pisang, sehingga sangat cocok diberikan pada Kacer yang cepat panas/mudah emosi/fighter tinggi. Ulat ini banyak dijual dikios-kios burung, jadi ulat bambu (cilung) bisa digunakan kapan saja saat kita membutuhkannya.

• Larva tawon

Larva tawon bersifat panas dan dapat meningkatkan suhu tubuh Kacer secara signifikan. Larva tawon cocok diberikan sebagai Ekstra fooding (EF) untuk Kacer yang lambat panas/kurang emosi/fighter rendah.

Tapi jika diberikan secara berlebihan dapat menyebabkan bulu-bulu Kacer rontok karena larva tawon memiliki efek panas yang lebih tinggi dari ulat hongkong (UH).

Karena itu, larva tawon juga sangat bagus jika diberikan pada Kacer pada saat memasuki masa mabung untuk membantu mempercepat proses perontokan bulu-bulu lama Kacer.

• Ulat kandang (UK)

Ulat kecil yang banyak terdapat dipeternakan ayam tersebut memiliki karakter yang hampir sama dengan ulat hongkong (UH), yaitu memiliki efek panas jika dikonsumsi Kacer secara berlebihan.

Ulat kandang (UK) cocok untuk Kacer yang lambat panas/kurang emosi. Ulat ini juga bisa diberikan pada saat cuaca dingin/musim hujan seperti halnya ulat hongkong (UH) dan larva tawon untuk menghangatkan tubuh Kacer.

• Cacing

Cacing juga bisa kita jadikan Ekstra fooding (EF) alternatif untuk Kacer tipe fighter tinggi, fungsinya untuk menurunkan tensi Kacer yang emosinya meluap-luap. Bersihkan dulu kotoran yang ada didalam perut cacing sebelum diberikan pada Kacer.

Beberapa jenis Ekstra fooding (EF) di atas bisa kita berikan pada Kacer sebagai Ekstra fooding (EF) harian atau hanya pada saat menjelang lomba untuk mendongkrak performanya.

Pilihlah jenis Ekstra fooding yang cocok untuk Kacer sesuai dengan karakternya masing-masing agar hasilnya lebih maksimal.

Baca juga:

Menyesuaikan perawatan Kacer dengan karakternya

Penyebab dan cara mengatasi Kacer yang kurang fighter

Demikian informasi tentang pakan dan Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Pakan dan Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer"