Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tips penggemukan sapi potong yang benar agar cepat panen

Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang memiliki banyak manfaat, dari mulai daging, kulit sampai kotorannya bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Permintaan pasar akan daging sapi setiap tahunnya terus meninggkat terutama pada hari-hari besar keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, sedangkan pasokan dari peternak lokal masih sangat terbatas.

Hal itu tentunya menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan dengan usaha ternak atau penggemukan sapi potong.

Penggemukan sapi potong bertujuan untuk meningkatkan bobot tubuh sapi, memperbaiki kualitas daging, dan mencegah pemotongan sapi betina produktif untuk konsumsi.

Berikut ini beberapa tips penggenukan sapi potong agar bisa cepat panen:

• Untuk sapi yang baru dibeli jangan langsung di masukkan kedalam kandang bergabung dengan sapi-sapai yang lain. Masukkan sapi yang baru dibeli ke dalam kandang karantina terlebih dulu.

• Berikan air minum yang dicampur dengan gula merah untuk mengembalikan stamina yang terkuras dalam perjalanan.

• Esok harinya, berikan obat cacing dan juga vitamin pada sapi yang baru dibeli tersebut dengan cara disuntik, dicekok, atau dicampurkan pada air minumnya. Dosisnya sesuai dengan takaran yang di anjurkan pada kemasan obat cacing dan vitamin tersebut.

• Pakan yang diberikan pada awal-awal penggemukan sapi potong harus dilakukan secara bertahap untuk mengukur tingkat konsumsi pakan dari sapi yang baru dibeli tersebut.

• Pemberian jumlah pakan harus disesuaikan dengan jenis pakan, kandungan nutrisi, san bobot sapi potong.

Untuk pakan hijau diberikan sebesar 5% berat basah dari bobot badan sapi, pakan konsentrat diberikan sebesar 1,5% berat kering dari bobot badan sapi. Sedangkan untuk pakan tambahan seperti vitamin, garam, dan urea block diberikan sebesar 1% dari total ransum yang dibuat.

• Air minum untuk sapi harus menggunakan air bersih dan harus diganti setiap hari.

• Kebersihan sapi dan kandangnya juga harus selalu diperhatikan setiap harinya dengan cara memandikan sapi minimal sekali dalam sehari.

Kotoran sapi juga harus dibersihkan setiap hari agar tidak dikerubungi lalat dan binatang-binatang lainnya yang dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan sapi potong.

Agar kandang sapi terhindar dari kuman dan bibit penyakit, sebaiknya lantai kandang disemprot menggunakan Desinfektan paling tidak 1 kali dalam seminggu.

Lakukan poin-poin di atas dengan konsisten untuk menjaga kesehatan sapi potong dan memaksimalkan peningkatan bobot tubuh sapi agar bisa menghasilkan sapi potong yang gemuk dalam waktu yang relatif singkat.

Baca juga:

Panduan lengkap cara beternak burung puyuh petelur yang benar

Panduan lengkap beternak kelinci pedaging

Cara terbaik agar sukses dalam budidaya ikan bawal

Demikian informasi tentang "Tips penggemukan sapi potong yang benar agar cepat panen". Untuk informasi lain seputar Sapi, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Peternakan Sapi Potong

Post a Comment for "Tips penggemukan sapi potong yang benar agar cepat panen"