Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri ikan cupang hias dan ikan cupang aduan

Ilustrasi ikan cupang hias dan ikan cupang aduan

OKB - Bagi para penggemar ikan cupang yang sudah berpengalaman, tentu sangat mudah untuk membedakan antara ikan cupang hias dan ikan cupang aduan. Tapi bagi para penggemar pemula akan lain ceritanya karena belum memiliki pengalaman yang cukup.

Ikan cupang hias dan ikan cupang aduan tidak dibedakan dari spesiesnya, melainkan dari gerak-geriknya, warna dan bentuk tubuhnya, serta karakternya.

• Ciri-ciri ikan cupang hias:

Ikan cupang hias dapat dikenali dari keindahan fisiknya dengan ciri-ciri antara lain:

- Memiliki bentuk sirip dan ekor yang menjuntai panjang dengan struktur tulang sirip dan ekor menunjukkan bentuk yang khas.

- Warna tubuhnya cerah dengan varian warna yang variatif dan menarik.

- Gerakannya tenang dengan kibasan-kibasan sirip dan ekor yang terlihat anggun.

- Jika melihat lawan atau sedang bercumbu, maka sirip dan ekornya akan mengembang sempurna menunjukkan bentuk yang khas.

Kebanyakan ikan cupang hias merupakan spesies Betta splendens. Jenis-jenis ikan cupang hias yang sering dilombakan antara lain: serit (crown tail), bulan separuh (halfmoon), laga (plakat), cagak (double tail), dan akhir-akhir ini yang sedang populer adalah dari jenis giant.

• Ciri-ciri ikan cupang aduan:

Cara membuktikan ketangguhan ikan cupang aduan adalah dengan melihatnya ketika bertarung. Karena ada beberapa ikan cupang yang dianggap sebagai ikan cupang hias ternyata perkasa ketika di adu.

Ikan cupang aduan dapat dikenali dari bentuk fisik dan karakternya, antara lain:

- Bentuk tubuhnya terlihat kokoh dengan lebar dan tinggi tubuhnya mulai dari leher sampai bagian ekor memiliki ukuran dan ketebalan yang hampir sama, hanya pada bagian ujung ekor yang terlihat sedikit mengecil.

- Ikan cupang aduan memiliki gerakan yang gesit dan agresif, berbeda dengan gerak-gerik ikan cupang hias yang lamban dan anggun.

- Ketika melihat musuh, sirip-siripnya akan mengembang penuh yang menandakan jika ikan tersebut memiliki mental yang bagus untuk bertarung.

- Bagian mulut/bibir ikan cupang aduan tampak tebal dan kokoh terkatup rapat (tidak menganga).

- Jika dilihat dari atas, pada bibir bagian bawahnya terdapat bintik-bintik yang mencirikan gigi-gigi yang runcing.

Ikan cupang aduan biasanya berasal dari spesies Betta splendens, Betta imbellis, Betta mahachai, dan variasi silangan-silangannya.

Baca juga:

Cara budidaya ikan cupang yang benar

Tehnik pemijahan ikan Koi yang efektif

Tips perawatan ikan Arwana didalam aquarium

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri ikan cupang hias dan ikan cupang aduan. Untuk informasi lain seputar ikan hias, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri ikan cupang hias dan ikan cupang aduan"