Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tips perawatan Ayam Bangkok untuk pemula

ayam bangkok aduan
Ayam Bangkok

OKB - Ayam Bangkok adalah jenis Ayam aduan yang memerlukan perawatan dan pelatihan khusus agar memiliki stamina yang prima untuk bertarung. Perawatan Ayam Bangkok dibedakan menjadi dua jenis, yaitu perawatan rutin dan perawatan berkala.

Perawatan rutin adalah perawatan yang dilakukan setiap hari, sedangkan perawatan berkala adalah perawatan yang dilakukan untuk tujuan khusus, misalnya saja untuk mempersiapkan fisiknya sebelum berlaga atau perawatan untuk memulihkan kondisinya setelah bertarung.

Baca juga: Resep rahasia untuk menambah stamina Ayam Bangkok aduan

Berikut ini cara merawat Ayam Bangkok aduan:

Berbeda dengan Ayam biasa, Ayam Bangkok aduan memerlukan perawatan khusus setiap harinya agar Ayam Bangkok selalu dalam kondisi prima dan terhindar dari serangan penyakit. Perawatan harian untuk Ayam Bangkok meliputi:

• Mandi

Ayam Bangkok aduan perlu dimandikan setiap hari untuk menjaga kesegaran dan kebugaran fisiknya. Memandikan Ayam Bangkok dilakukan mulai jam 06.00-07.00 pagi menggunakan air bersih.

• Umbar

Setelah dimandikan, masukkan Ayam Bangkok ke dalam kandang umbaran untuk mengeringkan tubuhnya sekalian berjemur. Sebaiknya jangan langsung dimasukkan kedalam kurungan dulu karena akan membuatnya tidak bebas mengepakkan sayap-sayapnya yang masih basah.

Biarkan Ayam Bangkok berada didalam kandang umbaran sampai sore hari untuk bermain dan sekaligus untuk olah raga.

• Lari

Ayam Bangkok aduan sesekali juga butuh berinteraksi dengan Ayam-Ayam lainnya. Karena itu, semingu 3x Ayam Bangkok perlu diberikan Ayam babon atau Ayam untulan untuk dikejar-kejar.

• Istirahat

Setelah seharian berada dalam kandang umbaran, pada jam 04.00 sore Ayam Bangkok dimasukkan kedalam kurungan untuk istirahat. Berikan pakan dan minum yang sesuai dengan usianya dan biarkan beristirahat.

• Suplemen

Agar kondisi fisiknya selalu prima, maka selain diberikan pakan dan minum yang cukup, Ayam Bangkok aduan juga membutuhkan suplemen tambahan, yaitu:
- Vitamin B komplek yang diberikan setiap 2 hari sekali.
- Gula merah dan tomat juga bisa ditambahkan sebagai suplemen alami untuk menunjang imunitas tubuhnya.

Untuk Ayam Bangkok yang di khususkan sebagai petarung, juga perlu diberikan beberapa ramuan khusus secara rutin yang disesuaikan dengan keperluannya.

Baca juga:

Pakan terbaik untuk Ayam Bangkok sesuai tahapan usianya

Cara paling efektif untuk melatih mental tarung Ayam Bangkok aduan

Demikian informasi tentang tips perawatan Ayam Bangkok untuk pemula yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Ayam Bangkok, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tips perawatan Ayam Bangkok untuk pemula"