Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mengenal karakter dan ciri-ciri Murai Batu Bahorok

Selama ini Murai Batu (MB) Bahorok dikenal memiliki mental yang paling kuat diantara Murai Batu jenis lainnya, karena kebanyakan walaupun masih giras dan masih takut orang tapi ketika ditrek atau dipertemukan lawan maka Murai Batu Bahorok akan langsung narung dengan ngotot.

Murai Batu (MB) Bahorok sering disebut sebagai Murai Batu Medan Super, hal itu dikarenakan karakteristik fisik dari Murai Batu Bahorok yang sangat menawan dan enak dilihat dari segala sisi. 

Ciri-ciri Murai Batu (MB) Bahorok:

• Memiliki penampilan yang sangar dan terkesan bringas dengan bentuk kepala papak/ceper dan besar namun terlihat proporsional, ditunjang dengan leher jenjang dan besar. Namun ada juga beberapa individu Murai Batu Bahorok yang memiliki bentuk kepala bulat.

• Mata besar melotot dengan sorot tajam seolah mengintimidasi.

• Postur tubuh besar dan panjang dengan dada yang lebar (bidang) sehingga terkesan kekar dan atletis.

• Ekor panjang dengan ukuran minimal 17 cm dengan bulu yang tebal serta daun ekor lebar. Secara umum bentuk ekornya normal seperti Murai Batu lainnya, tapi pada wilayah tertentu ada yang bentuk ekornya melengkung kebawah dan di wilayah lainnya ada yang bentuknya melengkung ke atas.

• Warna bulu leher dan punggung hitam mengkilap kebiruan (samber lilin) jika terkena sinar Matahari.

• Bulu dada sampai bagian perut berwarna dominan coklat gelap dan ada juga yang berwarna coklat terang.

• Warna kaki tidak ada ciri khusus, karena ada yang warna kakinya merah muda, ada yang merah gelap, ada yang semu kehitaman dan yang paling jarang adalah yang memiliki warna kaki hitam pekat.

Jadi jika dikatakan Murai Batu (MB) Bahorok identik berkaki hitam dan berekor lengkung itu juga tidak sepenuhnya benar. Jadi ciri-ciri fisik Murai Batu Bahorok di atas, merupakan informasi yang bisa dijadikan sebagai referensi umum, tapi tidak bisa dijadikan standar atau patokan mutlak untuk semua individu Murai Batu Bahorok.

Murai Batu (MB) Bahorok rata-rata memiliki vokal yang besar (ngebass) dengan volume yang keras tapi enak didengar. Ini bisa kita perhatikan pada saat Murai Batu Bahorok mengeluarkan materi suara alamnya seperti suara tembakan air terjun yang panjang dan terkesan bergulung (ngeroll).

Kombinasi antara suara alam yang ngebass dengan suara-suara isian hutan yang nyaring dan melengking terdengar begitu indah dan haronis, ditambah dengan penampilan fisik yang begitu gagah dan elegant serta ditunjang dengan mental fighter yang tangguh menjadikan Murai Batu Bahorok pantas menyandang predikat sebagai burung kicau terbaik di Indonesia.

Baca juga:

Ciri-ciri perbedaan Tledekan Gunung dan Tledekan Bakau

Jenis-jenis Murai Batu Borneo dan ciri-cirinya

Murai Batu Lampung super vs Murai Batu Lampung semi

Demikian informasi tentang "Mengenal karakter dan ciri-ciri Murai Batu Bahorok". Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Murai Batu (MB) Bahorok

Post a Comment for "Mengenal karakter dan ciri-ciri Murai Batu Bahorok"