Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mengenal ciri-ciri dan kelebihan Murai Batu Lampung

Murai Batu (MB) Lampung memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan Murai Batu asal Sumatera lainnya. Hanya saja, ukuran ekor Murai Batu Lampung cenderung lebih pendek dari Murai Batu Medan atau Murai Batu Aceh, walaupun ada juga Murai Batu Lampung yang memiliki ekor cukup panjang yang biasa disebut dengan istilah Murai Batu Lampung super.

Tapi berbeda dengan ekor Murai Batu (MB) Medan yang bentuknya melengkung pada ujungnya, ekor Murai Batu Lampung bentuknya lurus dari pangkal sampai ujung ekornya dan tidak mekar.

Ukuran ekor Murai Batu (MB) Lampung yang pendek tersebut justru memberikan keuntungan tersendiri karena membuat Murai Batu Lampung dapat bergerak lebih atraktif ketika sedang bertarung dan tidak membuatnya cepat lelah karena tidak terbebani oleh ekornya.

Namun ada dua pendapat tentang ukuran ekor Murai Batu (MB) Lampung yang pendek tersebut. Ada yang berpendapat kalau ukuran ekor yang lebih pendek tersebut adalah keuntungan dari Murai Batu Lampung karena akan mengurangi bebannya saat memainkan ekornya, sehingga staminanya tidak cepat terkuras, dan ada juga yang berpendapat kalau ekor yang pendek tersebut adalah kekurangan dari Murai Batu Lampung karena jika dilihat secara fisik penampilannya menjadi kurang menarik.

Murai Batu (MB) asal Sumatera memang ada beberapa jenis sesuai asal daerahnya, seperti dari Lampung, Jambi, Aceh dan dari daerah lainnya. Untuk pola ekor, masing-masing Murai Batu Sumatera rata-rata memiliki motif yang hampir sama, yaitu seluruh ekor putih bagian dalam memiliki corak hitam yang tegas dan tembus sampai batang lidinya.

Jenis pola ekornya sendiri cukup beragam, ada yang berbentuk sudut lekukan dan ada juga yang motifnya tidak beraturan, dan biasanya disebut dengan pola U, V, W dan lainnya.

Murai Batu (MB) Lampung memiliki stamina yang tangguh dan juga mental yang bagus ketika bertarung jika dirawat dan dilatih dengan tepat tentunya. Tapi Murai Batu Lampung memiliki kelemahan pada variasi lagunya yang cenderung mengulang-ulang nada yang sama/kurang variatif.

Tapi kekurangan tersebut bisa diatasi dengan pemasteran yang tepat dan konsisten tentunya, sehingga Murai Batu (MB) Lampung juga bisa memiliki materi lagu yang lebih bervariasi.

Keunggulan yang menonjol dari Murai Batu (MB) Lampung adalah pada staminanya yang tangguh ketika bertarung dan tidak cepat lelah walaupun terus berkicau dalam waktu yang lama. Tapi untuk gaya tarungnya memang tidak seindah Murai Batu ekor panjang yang dapat mencambuk-cambukkan ekornya. 

Ciri-ciri fisik Murai Batu (MB) Lampung:

Murai Batu (MB) Lampung memiliki postur tubuh yang sedikit lebih besar dari Murai Batu Medan atau Murai Batu Aceh, tapi perbedaan dari segi fisik yang paling mudah dikenali adalah pada bagian ekornya yang pendek dan lurus. Kalau dari bentuk fisik lainnya secara keseluruhan memang agak sulit untuk membedakan Murai Batu Lampung dengan Murai Batu lainnya karena memang hampir sama.

Ciri lainnya dari Murai Batu (MB) Lampung adalah pada gaya tarungnya yang menaik turunkan kepalanya seperti mencangkul mirip dengan gaya tarung Murai Batu Borneo, hanya saja Murai Batu Lampung yang asli tidak menggembungkan bulu dadanya ketika bertarung.

Kelebihan Murai Batu (MB) Lampung:

Selain memiliki stamina yang tangguh, Murai Batu (MB) Lampung sebetulnya juga memiliki suara kicauan yang tidak kalah bagus dengan jenis Murai Batu asal Sumatera lainnya, asalkan rutin dilakukan pemasteran maka variasi lagunya juga dapat bersaing dengan Murai Batu jenis lainnya.

Kekurangan Murai Batu (MB) Lampung:

Selain materi lagunya yang cenderung monoton, ada satu hal lagi yang membuat Murai Batu (MB) Lampung kurang disukai para penggemar Murai Batu, yaitu Mental fighternya yang lemah, karena jika bertemu lawan yang lebih dominan, maka Murai Batu Lampung akan langsung down mentalnya.

Jadi, untuk mengikut sertakan Murai Batu (MB) Lampung ke arena lomba, maka burung harus sudah benar-benar matang secara mental, dan minimal sudah terbiasa mengikuti Latber.

Baca juga:

Murai Batu trotolan hutan vs Murai Batu trotolan penangkaran

Ciri-ciri perbedaan Murai Batu (MB) jantan dan betina trotolan

Perbedaan Murai Batu Medan super (Lokal) dan Murai Batu import

Demikian informasi tentang "Mengenal ciri-ciri dan kelebihan Murai Batu Lampung". Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Murai Batu (MB) Lampung

Post a Comment for "Mengenal ciri-ciri dan kelebihan Murai Batu Lampung"