Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mengenal kelebihan dan kekurangan Kacer Poci (Dada putih) dan Kacer Wulung (Dada hitam)

gambar kacer wulung dan kacer poci
Kacer Wulung (Dahit) dan Kacer Poci (Daput)

OKB - Kacer Poci (dada putih) dan Kacer wulung (dada hitam) adalah burung sejenis. Yang membedakan dari keduanya hanya warna putih dibagian dada pada Kacer Poci, sedangkan pada Kacer Wulung warna pada bagian dada hitam polos sampai pada bagian anusnya.

Kedua jenis Kacer tersebut sama-sama memiliki mental fighter yang bagus dan juga memiliki gaya tarung (ngobra) yang sama. Jika dilihat sekilas memang tidak ada yang berbeda dari kedua jenis Kacer tersebut kecuali warna bulu bagian dadanya.

Namun jika kita cermati, sebetulnya ada beberapa perbedaan dari kedua jenis Kacer tersebut selain dari warna bulu dadanya. Perbedaan tersebut di antaranya adalah dari segi suara dan mentalnya, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca juga: Mengenal jenis-jenis burung Kacer serta kelebihan dan kekurangannya

Kelebihan Kacer Poci (Dada putih):

Jenis Kacer inilah yang saat ini sedang digemari oleh para Kacer Mania, baik yang hanya memeliharanya untuk klangenan dirumah atau yang tujuannya untuk dilombakan.

Di arena lomba, saat ini memang Kacer Poci (dada putih) lebih mendominasi hampir di semua wilayah, dari mulai latber dikampung-kampung sampai peda event-event besar setingkat Nasional, Kacer Pocilah yang mendominasi gantangan. Maka tidak heran jika dipasaran Kacer Poci lebih banyak peminatnya.

Kacer Poci (dada putih) memang memiliki keunggulan pada suaranya yang lebih kristal dan melengking dengan banyak variasi lagu. Gaya tarungnya juga sangat eksotis membuka sayap dan ekor dengan leher yang meliuk-liuk atau biasa disebut ngobra. Kelebihan lain dari Kacer Poci adalah pada saat tarung lebih ngotot, total dan penuh power.

Kelebihan Kacer Wulung (Dada hitam):

Kacer Wulung (dada hitam) saat ini memang kurang diminati, popularitasnya kalah jauh dengan Kacer Poci (dada putih). Di arena lomba, Kacer Wulung juga jarang terlihat karena jarang sekali ada EO yang membuka kelas khusus untuk Kacer Wulung, kecuali di wilayah-wilayah tertentu. Maka tidak heran jika dipasaran Kacer Wulung sepi peminat saat ini.

Harga Kacer Wulung (dada hitam) saat ini juga mulai turun, berbeda dengan jaman dulu pada tahun 1990an, Kacer Wulung terkesan lebih berkelas dan harganyapun jauh lebih mahal dari Kacer Poci.

Sebetulnya secara kualitas Kacer Wulung (dada hitam) tidak kalah dengan Kacer Poci, penampilan fisiknyapun terlihat lebih gagah dan terkesan garang dengan warna full hitam dibagian dadanya. Bahkan untuk masalah mental dan stamina, rata-rata Kacer Wulung lebih tangguh dibandingkan rata-rata Kacer Poci.

Kacer Wulung (dada hitam) rata-rata memiliki mental dan stamina yang tangguh dan mampu bertarung hingga berjam-jam tanpa mbagong.

Kalau Kacer Wulung (dada hitam) dan Kacer Poci (dada putih) ditrek, maka rata-rata Kacer wulunglah yang lebih unggul dan kebanyakan Kacer Poci akan mbagong kalau ditrek dengan Kacer wulung dalam waktu lama.

Kelemahan dari Kacer Wulung (dada hitam) adalah pada type suaranya yang cenderung ngebass, kurang kristal dan terkesan tidak plong atau kurang melengking. Pada saat tarung, Kacer Wulung juga memiliki gaya ngobra seperti halnya Kacer Poci, namun terkesan kurang ngotot.

Jadi, jika kedua jenis Kacer ini dibandingkan, maka kelebihan untuk Kacer Poci (dada putih) adalah pada type suaranya yang kristal dengan banyak variasi lagu, sedangkan Kacer Wulung (dada hitam) memiliki kelebihan pada mental dan staminanya yang lebih tangguh.

Baca juga:

Kelebihan Kacer Wulung Raja dibanding Kacer jenis lainnya

Tips perawatan dan pemasteran Kacer Wulung (Dada hitam) agar ngeplong dan gacor

Demikian informasi tentang mengenal kelebihan dan kekurangan Kacer Poci (Dada putih) dan Kacer Wulung (Dada hitam) yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mengenal kelebihan dan kekurangan Kacer Poci (Dada putih) dan Kacer Wulung (Dada hitam)"