Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Manfaat ulat daun pisang untuk mendongkrak stamina Kacer

manfaat ulat daun pisang
Kacer dan ulat daun pisang

OKB - Belum banyak Kacer Mania yang memanfaatkan ulat daun pisang sebagai pakan tambahan/ekstra fooding (EF) untuk Kacernya. Mungkin karena belum banyak yang tau tentang manfaat dari ulat ini atau mungkin karena kesulitan untuk mendapatkannya, karena ulat daun pisang tidak dijual di kios-kios pakan burung. Ulat daun pisang hanya bisa ditemukan pada pohon pisang dibagian daunnya yang menggulung seperti lontong.

Padahal ulat daun pisang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, apalagi yang bagian dalam tubuhnya sudah berwarna putih kekuningan seperti lemak (yang hampir menjadi kepompong), maka kandungan proteinnya akan semakin tinggi.

Ulat daun pisang dapat digunakan sebagai doping alami yang ampuh untuk mendongkrak performa burung Kacer dengan cepat, khususnya untuk Kacer dengan karakter fighter tinggi/emosi tinggi.

Baca juga: Apa yang dimaksud Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin..??

Kalau digunakan secara tepat dan tidak berlebihan, ulat daun pisang sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan birahi Kacer, baik itu Kacer lapangan maupun Kacer rumahan.

Tapi walaupun bermanfaat, sebaiknya ulat daun pisang tidak diberikan secara berlebihan karena bisa membuat Kacer menjadi over birahi (OB), dan pemberian dalam jangka panjang dengan porsi berlebihan bisa membuat Kacer mengalami kegemukan (obesitas). Jadi, ulat daun pisang hanya diberikan seperlunya saja atau pada saat-saat tertentu saja.

• Porsi pemberian ulat daun pisang untuk perawatan harian:

Untuk perawatan harian, Kacer cukup diberikan ulat daun pisang (ukuran besar) seminggu sekali saja dengan porsi 2 ekor pagi dan 2 ekor sore.

• Porsi pemberian ulat daun pisang untuk settingan lomba:

Ketika Kacer mau dilombakan, ulat daun pisang bisa dimulai diberikan pada H-3 sebelum lomba. Selain diberikan jangkrik sesuai settingannya, berikan juga ulat daun pisang dengan porsi 2 ekor pada pagi hari dan 2 ekor pada sore hari.

Pada hari H menjelang lomba, tepatnya pagi sebelum dilombakan, berikan 2 ekor ulat daun pisang. Sebelum diberikan pada Kacer, serbuk putih yang ada pada tubuh ulat daun pisang harus dibersihkan terlebih dulu dengan air sampai benar-benar bersih.

Karena ulat daun pisang hanya diberikan sebagai pakan selingan, maka Ekstra fooding (EF) lainnya seperti jangkrik dan kroto harus tetap diberikan seperti biasanya.

Tapi pemberian ulat dau pisang tersebut juga harus melihat kondisi cuaca, jika cuaca panas maka perlu diberikan, tapi jika cuaca dingin/hujan, maka ulat daun pisang tidak perlu diberikan, dan bisa diganti dengan ulat hongkong (UH) karena efek panasnya lebih kuat dan sangat bermanfaat untuk Kacer pada saat cuaca dingin/hujan untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil.

Baca juga:

Cara ampuh mengatasi Kacer mbagong

Pakan dan extra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer

Demikian informasi tentang manfaat ulat daun pisang untuk mendongkrak stamina Kacer yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Manfaat ulat daun pisang untuk mendongkrak stamina Kacer"