Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Apa yang dimaksud Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin..??

burung kacer poci
Burung Kacer Poci

OKB - Apa sebetulnya yang dimaksud dengan Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin??
Pertanyaan itulah yang sering dilontarkan oleh para Kacer Mania diberbagai forum media sosial terutama di group-group komunitas Kacer belakangan ini. Bahkan di google search juga banyak yang googling dengan kata kunci Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin tersebut.

Penggunaan istilah itu memang sedang marak dikalangan Kacer Mania saat ini, entah dari mana istilah tipe panas dan tipe dingin tersebut muncul pertama kalinya.

Hal itulah yang menginspirasi kami untuk membuat artikel ini, agar para Kacer Mania setidaknya memiliki gambaran tentang apa sebetulnya maksud dari kedua tipe Kacer tersebut.

Menurut pengamatan kami, yang dimaksud dengan Kacer tipe panas adalah Kacer yang memiliki karakter temprament/emosional yang mudah naik darah ketika melihat keberadaan Kacer lain atau hanya mendengar suaranya saja maka Kacer tersebut akan langsung merespon dengan memuntahkan materi isiannya. Secara umum, Kacer tipe tersebut, dikalangan Kacer Mania biasa disebut tipe fighter tinggi. Kacer tipe inilah yang banyak dicari para pemain lapangan karena perawatannya lebih gampang dibanding Kacer yang bertipe fighter rendah (tipe dingin).

Karakternya yang sangat agresif terhadap keberadaan Kacer lain disekitarnya membuat Kacer tipe fighter tinggi (tipe panas) gampang nampil dilapangan karena sifat tempurnya memang luar biasa, tapi jika kita tidak bisa mengatur/mengontrol emosinya yang meluap-luap, maka yang terjadi justru burung menjadi nakal dan rawan sekalai mbagong.

Baca juga: Terapi khusus untuk Kacer mbagong

Kacer tipe fighter tinggi (tipe panas) walaupun dirawat seadanya juga tetap bisa nampil walaupun tidak maksimal. Perawatannya cukup dengan rutin di embunkan, mandi tiap pagi, jemur secukupnya, berikan Ekstra fooding (EF) yang tidak berpotensi menaikkan suhu tubuh Kacer terlalu drastis.

• Berikan Ekstra fooding (EF) untuk Kacer tipe panas/fighter tinggi seperti jangkrik, kroto dan ulat daun pisang.
• Umbar seminggu 2-3 kali untuk melatih stamina dan nafas Kacer.
• Kerodong cukup pada malam hari saja.

Sedangkan yang dimaksud Kacer tipe dingin adalah Kacer yang lambat panas, kurang emosi atau biasa disebut dengan tipe fighter rendah. Kacer tipe fighter rendah (tipe dingin) tersebut memerlukan threatment lebih rumit dibanding tipe fighter tinggi (tipe panas) agar performanya bisa maksimal.

Agar bisa tampil ngotot dan agresif ketika bertemu lawan, Kacer tipe dingin harus didongkrak emosinya terlebih dulu, caranya dengan perawatan harian yang harus konsisten seperti penjemuran dengan durasi yang lebih lama dan pengaturan jadwal mandi yang tidak boleh terlalu sering serta pemilihan jenis Ekstra fooding (EF) yang dapat meningkatkan suhu tubuh Kacer seperti Ulat hongkong (UH), Larva tawon, Kelabang dan Belalang yang bertujuan untuk meningkatkan tensi Kacer tersebut sehingga emosinyapun menjadi naik. Pengumbaran cukup dilakukan seminggu 1-2 kali saja, serta perawatan full kerodong untuk hariannya juga diperlukan untuk menjaga tingkat emosi Kacer tersebut.

Sebetulnya tidak ada perbedaan jenis antara kedua tipe Kacer tersebut. Sama seperti manusia, ada yang memiliki sifat emosional, ada yang sabar, ada yang pemberani dan ada juga yang penakut. Kedua tipe Kacer tersebut juga bisa berprestasi asal mendapatkan perawatan dan pelatihan yang tepat.

Soal tipe panas atau tipe dingin, tipe fighter tinggi atau tipe fighter rendah, tipe emosional atau tipe kurang emosi, semua itu hanya beda istilah/penyebutan saja. Yang terpenting dari bermain Kacer adalah pemilihan bahan yang memiliki prospek lapangan dan perawatan harian serta settingan lomba yang tepat yang harus disesuaikan dengan karakter dari masing-masing Kacer.

Karena akan percuma perawatan atau settingan yang kita lakukan dan kita otak-atik setiap hari jika dari awal kita sudah salah dalam pemilihan bahan. Karena Kacer yang bermental pecundang akan sulit untuk dipoles dengan threatment model apapun, karena yang paling diperlukan dari burung fighter seperti Kacer untuk bisa nampil dilapangan adalah mental.

Intinya sabar dan telaten dalam merawat Kacer sampai kita tau Karakternya dan apa kemauan Kacer kita agar nantinya bisa membanggakan.

Baca juga:

Menyesuaikan perawatan Kacer dengan karakternya

Perawatan untuk Kacer lapangan dan Kacer rumahan

Demikian artikel tentang Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Apa yang dimaksud Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin..??"